Narasi militer dalam buku teks pelajaran Sejarah Indonesia SMA kelas XII

Shilvi Khusna Dilla Agatta, Kasimanuddin Ismain, Ronal Ridhoi

Abstract


Textbooks are media that play an important role in learning activities in the classroom. In this research, the textbook that used the object of research was the Indonesian History Textbook for SMA Class XII, especially the military narrative on the material of the struggle to national disintegration. However, there are narratives that have words or sentences that can show understanding of multiple interpretations. Therefore, the purpose of this research is to analyze the discourse in the textbook on military narratives so that they can be understood and avoid negative perspectives. So the method uses critical discourse analysis of the Teun A. van Dijk model, which includes three structures are macrostructure, superstructure, and microstructure to see word choice and sentence structure in military narration in textbooks. This research by using a qualitative design with text analysis methods and literature/document studies as data collection methods. The result shows that the military narrative is shown as the central figure who defends the country.


Keywords


Naration; millitary; critical discourse analysis, textbook

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T. 2005. “Kata Pengantar” Dalam Sartono Kartodirjo. Sejak Indisch Sampai Merdeka. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Abdurakhman, A, Pradono, A; Sunarti, L & Zuhdi, Susanto. 2018. Sejarah Indonesia. Jakarta: Kementrian dan Kebudayaan.

Badara, A. 2014. Analisis Wacana: Teori, Metode, Dan Penerapannya Pada Wacana Media. Jakarta: Prenada Media.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Kochhar, S. K. 2008. Teaching of History. Jakarta: Grasindo.

Moleong, L.J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisis Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2015. Analisis Wacana Kajian Teoritis Dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sobur, A. 2015. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugianto, A 2017. “Hubungan Kegiatan Ekstrakulikuler Latihan Dasar Militer (Kewiraan) Dengan Sikap Nasionalisme Siswa Di SMA Panca Marga 1 Lamongan.” Journal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 5(1).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Artikel

Alamsyah. 2016. “Karakteristik Buku Teks Akidah Akhlak Kelas Xi Madras Ahaliyah Aisyiyah Palembang Dan Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Desa Timbul Jaya Kec. Muara Sugihan Kab. Banyuasin.” 54.

Alfaritsi, S., Anggraeni, D, & Fadhil, A. 2020. “Analisis Wacana Kritis Berita ‘Tentang Social Distance, Cara Pemerintah Cegah Penyebaran Virus Corona’ Di Detik.Com.” Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi 8(1).

Anisah, A. & Azizah, E.N. 2016. “Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi Pada Kelas VII Di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon.” Logika 18(3):1–18.

Aprelia, D.A, & Baedowi, S. 2019. “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi.” MIMBAR PGSD Undiksha 7(3).

Arraman, B.C, & Hazmi, N. 2018. “Analisis Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013.” KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora 1(2). doi: 10.31539/kaganga.v1i2.404.

Asriani, Y. 2019. “Analisis Wacana Kritis Model Ekslusif Theo van Leuwen Dalam Berita Krimnal Koran Harian Analisa Edisi April 2019.” Skripsi.

Astuti, T.A. 2011. “Unsur Seksualitas Yang Direpresentasikan Tokoh Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Analisis Wacana Kritis Teun A. van Dijk.” Skripsi.

Bata, F. 2021. “View of Nilai Dalam Tuturan Adat Sewu Api Pada Masyarakat Desa Kelitembu Kecamatan Wewaria Kabupaten Ende.” Jurnal Onoma: Pendidkan, Bahasa, Dan Sastra 7(1).

Darmawan, W. & Mulyana, M. 2016. “Antara Sejarah Dan Pendidikan Sejarah: Analisis Terhadap Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA Berdasarkan Kurikulum 2013.” Jurnal UPI.

Devianty, R. 2017. “Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan.” JURNAL TARBIYAH 24(2). doi: 10.30829/TAR.V24I2.167.

Dewi, W.A.F. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1):55–61.

Fauzan, U. 2014. “Analisis Wacana Kritis Dari Model Fairclough Hingga Mils.” Pendidik 6 (1).

Febbrizal, & Aman 2019. “Mata Pelajaran Sejarah SMA Di Kurikulum 2013.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22(2).

Filasari, R & Ayundasari, L. 2020. “Wacana Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Sejarah Indonesia.” Pendidikan Sejarah 9 (2):90–109.

Hardiana, Y. 2017. “Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Peristiwa-Peristiwa Lokal Di Tasikmalaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah 1(1):41.

Hatmono, P.D. 2021. “Historiografi Buku Teks Sejarah Lokal Pada Pembelajaran Sejarah.” Sabbhata Yatra : Jurnal Pariwisata Dan Budaya 2(1):60–74.

Humaira, H.W. 2018. “Analisis Wacana Kritis (AWK) Model Teun A. Van Dijk Pada Pemberitaan Surat Kabar Republika.” Literasi 2(1):32–40.

Jarob, Y, Sujaini, H., & Safriadi, N. 2016. “Uji Akurasi Penerjemahan Bahasa Indonesia – Dayak Taman Dengan Penandaan Kata Dasar Dan Imbuhan.” JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika) 2(2):78–83.

Kamil, H.N. 2009. “Militer Dan Kekuatan Politik: Studi Tentang Keterlibatan TNI Dalam Perpolitikan Nasional Era 1945-1998.”

Khubaib, A., Atmaja, H. T & Sodiq, I. 2017. “Kontribusi Materi Konflik Dalam Pokok Bahasan Sejarah Lokal Kerajaan Demak Bagi Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IIS 2 SMA Islam Sultan Agung 2 Jepara.” Indonesian Journal of History Education 5(1):73–81.

Kuntoro, K. 2018. “Analisis Wacana Kritis (Teori Van Dijk Dalam Kajian Teks Media Massa).” Leksika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2(2).

Lestari, R.F. 2019. “Kohesi Dan Koherensi Paragraf Dalam Karangan Narasi Mahasiswa Teknik Angkatan 2017 Universitas PGRI Banyuwangi.” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 3(1):73–82.

Maghvira, G. 2017. “Analisis Wacana Kritis Pada Pemberitaan TEMPO.CO Tentang Kematian Taruna STIP JAKARTA.” Jurnal The Messenger 9(2). doi: 10.26623/themessenger.v9i2.463.

Mahardika, M. D. G. 2020. “Kepentingan Rezim Dalam Buku Teks Sejarah Di Sekolah.” ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah 16(1).

Masitoh. 2020. “Pendekatan Dalam Analisis Wacana Kritis.” Jurnal Elsa 18(1).

Maulana, A. & Nugroho, C. 2018. “Nasionalisme Dalam Narasi Cerita Film (Analisis Narasi Tzvetan Todorov Pada Film Habibie & Ainun).” ProTVF 2(1):37–49.

Mulyana, A. 2013. “Nasionalisme Dan Militerisme: Ideologisasi Historiografi Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA.” Paramita: Historical Studies Journal 23(1).

Musyafa’ah, N. 2017. “Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk ‘Siswa Berprestasi Jadi Pembunuh.’” ,MODELING: Jurnal Program Stdui PGMI 4(2):192–202.

Musyawir, & Loilatu, S. 2020. “Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa.” Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS) Nomor 1(2):1–12.

Nisja, Indriani. 2018. “Kesesuaian Buku Teks Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas X Dengan Kurikulum 2013.” Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 4(1).

Novianto, A & Mustadi, A. 2015. “Analisi Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, Dan Authentic Assement Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran 45(1). Nur, F., O. 2019. “Evaluasi Isi/Materi Buku Teks Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Revisi 2017.” Ranah Research 1 (2).

Rahmawati, E & Kisworo, B. 2017. “Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Program Keluarga Harapan.” Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 1(2):161–69. Rahmawati, G. 2016. “Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Beajar Siswa Di Perpustkaan Sekolah Di SMAN 3 Bandung.” Edulib 5(1).

Ratmelia, Y. 2018. “Nilai Moral Dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah.” Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah 1(2).

Restiani, A, & Darmayanti, N. 2019. “Representasi Politisi Indonesia (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Pada Topik ‘Negeri Jenaka’ Dalam Mata Najwa).” Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya 3(2).

Riana, R & Setiadi, S. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Xii Smk Swadaya, Semarang.” Jurnal Dinamika Sosial Budaya 18(1):109.

Sadli, M & Saadati, B.A. 2019. “Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar.” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 6(2):151–64.

Setianto, Y. 2012. “Dikotomi Bebas Nilai Dan Nilai Pendidikan Dalam Pembelajaran Sejarah (The Dichotomy Between Value-Free and Educational Value in History Learning).” Pendikan Dan Kebudayaan 18(4):477–88.

Sholikha, S.N & Fitrayati, D. 2021. “Integrasi Keterampilan 4C Dalam Buku Teks Ekonomi SMA/MA.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5):2402–18.

Sofiani, Y, & Nurfadillah, C. 2020. “Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Biografi Bupati R.A.A. Kusumadiningrat (1839-1886) Sebagai Sumber Belajar Sejarah.” Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah 3(2):155–66.

Sumaludin, M.M. 2018. “Identitas Nasional Dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah.” Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah 1(2).

Suparna, Y. B. 2019. “Analisis Wacana Kritis Pada Novel ‘Panggilan Alam Liar’ Karya Jack London.”

Wardhana, I.P, & Samsiyah, S. 2019. “Content Analysis of High School History Textbook From Hans Kohn’s Nationalism Perspective.” Historika 22(2):69–80.

Widja, I. G. 2018. “Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan Dan Tuntutan Jaman Yang Berubah.” Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia 1(2):117–34.

Skripsi/Disertasi

Hotimah, I.H. 2020. “Analisis Bahan Ajar Sejarah Indonesia Kelas XI Di SMA Putri Daarut Tauhiid Bandung (Analisis Konten Terhadap Buku Teks Sejarah Indonesia Kelas XI Di SMA Putri Daarut Tuhid Bandung).” Disertasi.

Indriani, D. 2013. “Analisis Narasi Pesan Moral Dalam Novel Bumi Cinta.” Skripsi.

Kartika, Z. U. 2021. “Wacana Keislaman Dalam Artikel Dahlan Iskan: Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk.” Skripsi.

Larasati, S. 2019. “Militer Dan Politik Keterlibatan Purnawirawan Militer Dalam Pilpres Era Reformasi (2004-2014.).” Disertasi.

Riyandanu, M. F. 2020. “Analisis Wacana Kritis Teks Gerakan 30 September Pada Buku Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XII.” Skripsi.

Simanjuntak, N.L. 2019. “Nilai-Nilai Nasonalisme Melalui Peran Tokoh Proklamasi (Analisis Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA).” Disertasi.

Zafriadi. 2017. “Analisis Wacana Kritis: Representasi Tokoh Minangkabau Dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah Indonesia.” Skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v2i22022p277-289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JOIN Indexed By:

        

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats