Media Quizizz dan pengaruhnya terhadap hasil belajar sejarah di SMAN 10 Jakarta
Abstract
This study aims to obtain data on the effect of using Quizizz media on student history learning outcomes at SMA Negeri 10 Jakarta. This research uses experimental research methods. The research design used was True Experimental Design, and the type was Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study were students of class X which consisted of 5 classes, and 2 majors. The research sample is class X IPS 3 as the experimental class, and X MIPA 2 as the control class. Based on statistical calculations, the results obtained 2.896, and the value ofm 1.995 with a 95 percent confidence level (α=0.05). Based on these calculations, it can be concluded that the value of > (Ho is rejected and H1 is accepted). With the results of these calculations, it can be said that the use of Quizizz media has an effect on student history learning outcomes at SMA Negeri 10 Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 10 Jakarta. Penelitian ini memakai metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design, dan jenisnya adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas, dan 2 jurusan. Sampel penelitiannya ialah, kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen, dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan statistic, didapatkan hasil 2,896, dan nilai 1,995 dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa nilai > . Dengan hasil perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa, penggunaan media Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 10 Jakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aman. (2011). Model evaluasi pembelajaran sejarah. Penerbit Ombak.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Arsyad, A., & Rahman, A. (2015). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Cristiyanda, G., & Sylvia, I. (2021). Pengaruh penggunaan Webquiz Quizizz terhadap hasil belajar Sosiologi siswa di SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 174–183. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.110
Ibrahim, N. (2017). Pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar sejarah Siswa SMA Negeri 27 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 16(2). https://doi.org/10.21009/jimd.v16i2.8755
Meirlin, T., Komariyah, L., & Efwinda, S. (2021). Pengaruh respon penggunaan media game edukasi quizizz dalam pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(2), 117–125. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF/article/view/615
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Purba, L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Umasih, U. (2012). Evaluasi pembelajaran sejarah pada SMA Negeri di DKI Jakarta. Paramita: Historical Studies Journal, 22(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i2.2122
Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v2i32022p364-374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Historiography: Journal of Indonesian History and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOIN Indexed By: