Pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Sejarah di SMA Islam Terpadu Pesantren Nururrahman Kota Depok

Sausan Huwaida, Muhammad Fakhruddin, Humaidi Humaidi

Abstract


This research aims to describe the planning, implementation, and supporting and inhibiting factors in distance learning in history subjects at the Integrated Islamic Senior High School Nururrahman Islamic Boarding School Depok City. The research method used in this research is a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques used in this study consisted of observation, interviews, and documentation. The results of the study concluded that distance learning planning, especially in history subjects, was good, in terms of the objectives to fulfill children's educational rights, support for personnel from the school and from outside the school, and the existence of a curriculum, division of tasks for teachers and other staff employees, as well as the availability of facilities. and adequate infrastructure. Furthermore, in the implementation of learning, the history teacher conveys material using the lecture and discussion method, inserts videos, and provides infographics at the end of the lesson so that students who are left behind in the zoom class can receive and understand the material as a whole at the meeting that day. Submission of material by history teachers to students has been carried out optimally, interactively, and teachers are able to explore and utilize digital-based learning media. The supporting and inhibiting factors in distance learning in history subjects are divided into 2, namely internal and external factors.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan faktor pendukung serta penghambat dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah di SMA Islam Terpadu Pesantren Nururrahman Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran jarak jauh terutama pada mata pelajaran sejarah sudah baik, dari segi tujuan untuk pemenuhan hak pendidikan anak, dukungan personel dari pihak sekolah maupun dari luar sekolah, dan adanya kebijakan kurikulum, pembagian tugas guru dan staf karyawan lainnya, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang sudah memadai. Selanjutnya, dalam pelaksanaan pembelajarannya, guru sejarah menyampaikan materi menggunakan metode ceramah dan diskusi sudah baik, menyelipkan video, serta memberikan infografis diakhir pembelajaran sehingga peserta didik yang tertinggal materi di kelas zoom dapat menerima dan memahami inti materi secara keseluruhan pada pertemuan pada hari tersebut. Penyampaian materi oleh guru sejarah kepada peserta didik telah dilakukan secara optimal, interaktif, dan guru mampu mengeksplorasi serta memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan eksternal.


Keywords


pembelajaran jarak jauh; Sejarah; Sekolah Menengah Atas; Kota Depok.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: Menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.

Amiruddin. (2016). Perencanaan pembelajaran : Konsep dan implementasi. Dua Satria Offset.

Arbangi, Dakir, & Umiarso. (2016). Manajemen mutu pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Depok, B. (2021). Mulai besok, PTMT seluruh satuan pendidikan di Panmas dihentikan sementara. https://berita.depok.go.id/pemerintahan/mulai-besok-ptmt-seluruh-satuan-pendidikan-di-panmas-dihentikan-sementara-9281

Indrawan, I., Warlinah, Faizah, T. N., Rusmiati, M., Rohim, T., Martiani, D., Adabiah, R., Khairiyah, M., Mukarromah, Masitah, U., Nofriyanti, Widanarti, E., & Jauhari. (2020). Guru sebagai agen perubahan. Lakeisha.

Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen pendidikan. Deepublish.

Mrantasi, wawancara pribadi, Januari 2022.

Ngalimun. (2017). Evaluasi dan penilaian pembelajaran. Parama Ilmu.

Wulansari, wawancara pribadi, Januari 2022.

Zahra, S. E. (2020). Pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya [IAIN Palangka Raya]. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2735/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v2i32022p409-420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JOIN Indexed By:

        

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats