Pembelajaran sejarah berbasis proyek membuat mading digital pada topik Kolonialisme untuk menumbuhkan kecakapan abad ke-21 bagi siswa kelas XI SMAN 3 Blitar
Abstract
Project-based learning on teaching history makes a digital wall magazine with the theme of colonialism designed for generation Z students who are fluent in IT technology. This article uses a qualitative approach with a descriptive type of research. The research subjects were students of class XI MIPA 2 SMAN 3 Blitar. The application of project-based learning makes students collaborate with their groups to play an active role as planners, implementers, to reporting and evaluating projects for making digital wall boards. Each group is given a main theme and the flexibility to choose the structure or content of the digital magazine, such as infographics, essays, posters, crossword puzzles, to historical memes packaged in contemporary products. Project learning activities for making digital wall magazines encourage students to engage in learning activities that foster 21st century skills, namely information literacy, critical thinking, creative, media and technology literacy, communication, and collaboration.
Pembelajaran sejarah berbasis proyek membuat mading digital tema kolonialisme dirancang untuk siswa generasi Z yang fasih teknologi IT. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 3 Blitar. Penerapan pembelajaran berbasis proyek membuat siswa berkolaborasi bersama kelompoknya berperan aktif sebagai perencana, pelaksana, hingga pelaporan dan evaluasi proyek pembuatan mading digital. Setiap kelompok diberikan tema pokok dan keleluasaan pilihan struktur atau konten mading digital yang dibuat seperti infografis, esai, poster, teka-teki silang, hingga meme sejarah yang dikemas secara kekinian. Kegiatan pembelajaran proyek membuat mading digital memacu siswa terlibat aktivitas pembelajaran yang menumbuhkan kecakapan abad ke-21 yaitu literasi informasi, berpikir kritis, kreatif, literasi media dan teknologi, komunikasi, serta kolaborasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A., Sajidan, S., Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development frameworks of the Indonesian partnership 21st-century skills standards for prospective science teachers: a delphi study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 89–100. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/11647
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana.
Alghozi, A. A., Hanifah Salsabila, U., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Penggunaan platform Padlet sebagai media pembelajaran daring pada perkuliahan teknologi pendidikan Islam di masa pandemi covid-19. Ejournal.Yasin-Alsys.Org, 1(1), 137–152. Retrieved from https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul/article/view/52
Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Direktorat PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan implementasi kecakapan abad 21 kurikulum 2013 di sekolah menengah atas. Retrieved from https://awan965.files.wordpress.com/2017/09/panduan-implementasi-kecakapan-abad-21.pdf
Du, X., & Han, J. (2016). A literature review on the definition and process of Project-Based Learning and other relative studies. Creative Education, 7(7). Retrieved from https://www.scirp.org/html/19-6303065_66995.htm
Hamidah, H., Rabbani, T. A. S., Fauziah, S., Puspita, R. A., Gasalba, R. A., & Nirwansyah, N. (2019). Modul model pembelajaran berbasis proyek berorientasi HOTS. Jakarta: SEAMEO QITEP in Language.
Hariyono, H. (2018). Pendidikan sejarah dan karakter bangsa: sebuah pengantar dialog. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 1–22. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/9520
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada ku-rikulum 2013 pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. , (2020).
Kristiana, I. F., Widayanti, C. G., & Widodo, P. B. (2021). Modul pengenalan dan identifikasi learning loss siswa di masa pandemi bagi guru dan orangtua. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Kurniawan, H. (2018). Literasi dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: CV Gava Media.
Mayanti, E. (2015). Pahami remaja generasi-z. Af Magazine. Retrieved from http://alfathschoolindonesia.sch.id/wp-content/uploads/2017/03/Pahami-Remaja-Generasi-Z.pdf
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). , (2020).
Persada, S. S., & Ediyono, S. (2022). Membangun keterampilan berpikir: potensi guru sejarah dalam mempromosikan literasi kritis. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(3), 174–179. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/59317
Prasetya, A. E. (2021). Pembelajaran sejarah menyenangkan melalui hasil kreativitas vlog history. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik , 2(6), 769–781. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.146
Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Naskah akademik: Prinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction). Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.
Ropi’i, I. (2020). Model pembelajaran self organized learning environment (sole) di kelas maya sejarah untuk generasi z. Prosiding Webinar Nasional Sejarah: Pembelajaran Lokal Di Era Digital. Malang: Jurusan Sejarah FIS UM.
Ropi’i, I. (2021). Media Pembelajaran sejarah untuk generasi z pada era digital. Jombang: Kun Fayakun.
Santoso, R. B. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran digital padlet sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 478–485. Retrieved from https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/article/view/166
Sanuhung, F., Hanifah Salsabila, U., Wahab, J. A., Amalia, M., & Rimadhani, M. I. (2022). Pengunaan aplikasi padlet sebagai media pembelajaran daring pada mata kuliah teknologi pendidikan (studi kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1352
Semi, M. A., & Abdulmanaf, N. (2021). Bagaimana membuat kliping dan majalah dinding? Bandung: Titian Ilmu.
Setyosari, P. (2015). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan . Jakarta: Prenadamedia Group.
Stillman, D., Stillman, J., & Jusuf, L. (2019). Generasi z: memahami karakter generasi baru yang akan mengubah dunia kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sudrajat, A., & Hernawati, E. (2020). Modul model-model pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI.
Taufiqurrahman, T., & Junaidi, J. (2021). Pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning) untuk mengembangkan keterampilan abad 21. International Journal of Educational Resources, 2(2), 225–241. Retrieved from http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/255
Wahyuni, N. P. H. (2022). Project-based learning during covid-19 pandemic. Journal of Educational Study, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.36663/joes.v2i1.253
Wali Kota Blitar. Instruksi Wali Kota Blitar Nomor 12 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat dalam rangka pengendalian penyebaran covid-19. , (2021).
Wijaya, T., & Ediyono, S. (2022). Pembelajaran sejarah berbasis media online dalam meningkatkan kemampuan literasi digital siswa di era revolusi industri 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(3). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/59322
Yatun, S., & Sridiyatmiko, G. (2022). Project bases learning menghadapi learning loss muatan IPS di SD IT Bina Insani Panggang tahun pelajaran 2021-2022. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 624–632. Retrieved from https://conferenceproceedings.ump.ac.id/index.php/pssh/article/view/352
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v3i12023p82-96
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOIN Indexed By: