Penggunaan media infografis berbasis QR-Code untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Sejarah pada siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 5 Malang

Eliva Diah Oktiana, Novilia Eka Putri, Rahmatullah Syarifudin, R. Reza Hudianto, Hariati Hariati

Abstract


Talking about improving the quality of learning, it is necessary to use or use learning media that is tailored to the needs of students. The purpose of writing this article is to measure the increase in learning outcomes that students get in history subjects by using infographic media based on QR-Code in class XI MIPA 6 SMA Negeri 5 Malang. The writing of this article is based on a quantitative descriptive method. The data collected in the study were obtained through a multiple-choice test instrument that was given objectively. The test is given in 3 stages, which include pre-cycle tests, cycle I and cycle II, where before being given a test each cycle will be given treatment to achieve the predetermined target. At the pre-cycle stage the percentage obtained from student learning completeness is only 18.8 percent. Furthermore, the first cycle of student learning completeness obtained by 68.8 percent. While the percentage of student learning completeness in the second cycle is 84.4 percent. The increase in mastery learning outcomes obtained by students from pre-cycle to Cycle II was 65.6 percent. Based on the description and results of the data analysis, it shows that the use of Qr-code-based infographic media can have a positive effect, namely being able to show an increase in student learning outcomes using cycle I and cycle II, as well as meeting the criteria for the percentage of completeness in history subjects which means This classroom action research can be declared successful.

Berbicara mengeni peningkatan kualitas pembelajaran maka diperlukan pemanfaatan atau penggunaan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengukur peningkatan hasil belajar yang siswa dapatkan dalam mata pelajaran sejarah dengan menggunakan media infografis berbasis QR-Code pada kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 5 Malang. Penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang terkumpul dalam penelitian didapatkan melalui instrument tes berupa pilihan ganda yang diberikan secara objektif. Tes diberikan secara 3 tahap yaitu meliputi tes pra siklus, siklus I dan siklus II, di mana sebelum diberikan tes setiap siklusnya akan diberikan treatment untuk mencapai target yang sudah ditentukan. Pada tahap pra siklus persentase yang diperoleh dari ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 18.8 persen. Selanjutnya, siklus I ketuntasan belajar siswa diperoleh sebesar 68.8 persen. Sedangkan presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II adalah 84.4 persen. Adapun peningkatan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh siswa dari pra siklus ke Siklus II sebesar 65.6 persen. Berdasarkan uraian dan hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media infografis berbasis QR-Code dapat memberikan efek positif yaitu mampu menunjukkan angka peningkatan terhadap hasil belajar yang dipeoleh siswa dengan menggunakan siklus I dan siklus II, serta memenuhi kriteria persentase ketuntasan pada mata pelajaran sejarah yang artinya penelitian tindakan kelas ini dapat dinyatakan berhasil.

 


Keywords


Classroom Action Research (CAR); infographics;qr code;improve;study results

Full Text:

PDF

References


Ambarningrum, T. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis tentang Candi Songgoriti terhadap peningkatan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Batu. Universitas Negeri Malang.

Arikunto. (2009). Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2004). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Firdaus, A. F. (2021). Pengembangan infografis berbasis android sebagai media pembelajaran sejarah (materi sejarah revolusi Indonesia). Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 7(1), 23-33.

Jefrilianto, d. (2019). Pengaruh penggunaan media film dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2) 332-342.

Nasution, A. H. (2020). Pengembangan media berbentuk infografis dalam pembelajaran sejarah di tingkat SMA. JS: Jurnal Sekolah, 4(3), 261-266.

Sanaky, H. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Kaukaba Dipantara.

Sudjana, N. (2004). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Sudjiono, A. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Rajawali pers.

Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktek. Asdi Mahasatya.

Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Pedajogja.

Susanto, H. (2014). Seputar pembelajaran sejarah. Aswaja Pressindo




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v2i42022p527-539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JOIN Indexed By:

        

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats