Inovasi multimedia pembelajaran sejarah berbantuan Instagram materi peranan Mbah Menak Anggrung dalam penyebaran agama Islam di Bojonegoro untuk siswa kelas X

Marshanda Fitria Intan

Abstract


The purpose of writing this article is (1) to produce multimedia history learning assisted by Instagram 'Bojonegorohistories', and (2) to test the effectiveness of 'Bojonegorohistories' for class X-8 history learning at SMAN 4 Bojonegoro. The method in this research is the ADDIE Research and Development model with 5 stages. Namely the analyze, design, develop, implement and evaluate stages. This development produces two types of data, namely quantitative data and qualitative data. In the material validation test assessment, the multimedia 'Bojonegorohistories' got a score of 95%, while the media validation test got 92.5% with very decent criteria. Furthermore, in the small group test, they got a score of 95.2%, while in the field test they got a score of 96.4% with very effective criteria. The impact obtained from developing the multimedia 'Bojonegorohistories' is increasing students' understanding of Bojonegoro local history material, namely the role of Mbah Menak Anggrung in the spread of Islam in Bojonegoro.

Tujuan penulisan artikel ini adalah (1) menghasilkan multimedia pembelajaran sejarah berbantuan Instagram ‘Bojonegorohistories’, dan (2) menguji efektivitas ‘Bojonegorohistories’ untuk pembelajaran sejarah kelas X-8 di SMAN 4 Bojonegoro. Metode pada penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE dengan lima tahapan. Yakni tahap analyze, design, develop, implement dan evaluate. Pengembangan ini menghasilkan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pada penilaian uji validasi materi, multimedia ‘Bojonegorohistories’ mendapatkan skor 95% sedangkan uji validasi media mendapatkan 92,5% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya pada uji kelompok kecil mendapatkan skor 95,2% sedangkan pada uji lapangan memperoleh skor sebesar 96,4% dengan kriteria sangat efektif. Dampak yang didapatkan dari pengembangan multimedia ‘Bojonegorohistories’ yaitu meningkatkannya pemahaman siswa pada materi sejarah lokal Bojonegoro yaitu peran Mbah Menak Anggrung dalam penyebaran agama Islam di Bojonegoro.


Keywords


multimedia; instagram; Bojonegorohistories; Mbah Menak Anggrung

Full Text:

PDF

References


Aditia, A. M., Latianingsih, N., & Wijayanty, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Media Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. Administrasi Bisnis Terapan, 14(1), 9–18.

Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah di Era Digital. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 9. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Aini, A. Z., Retno, D., & Saputro, S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht ( Numbered Heads Together ) Dengan Assesment For Learning ( Afl ) Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Tulungagung. JMEE, 6(1), 57–67.

Aksa. (2017). Classification and Characteristics of Historical Learning Media. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), Volume 158 International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017), 158(3), 37–43. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.1

Alver, L. P., Kurniawan, H., & P, B. I. (2022). Pengembangan Media Infografik Perang Diponegoro untuk Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI SMA. HISTORIA VITAE, 2(1), 67–76.

Amalia, M., Sapto, A., & Nafi’ah, U. (2022). Aplikasi Journey Guerilla of Revolution (Jaguar) Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Unity. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(1), 87. https://doi.org/10.17977/um0330v5i1p87-99

Amnawati, B. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas X TPP pada Materi Pergerakan Nasional dengan Memanfaatkan Instagram. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(1), 72–83.

Andrianti, Y., Susanti, L. R. R., & Hudaidah. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra, 5(9), 58–68. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/criksetra/article/view/4802

Anggraini, S. Y., A.R., S., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram Pada Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 145–151. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070

Arinda, F. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Smp. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(2), 302–306. https://doi.org/10.17977/um031v2i22016p302

Awaliyah, C., Nadiah, L., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Tambusa, 6(1), 4427–4430.

Azmi, M., Joebagio, H., & Suryani, N. (2017). Studi Pendahuluan Pengembangan Aplikasi Smartphone Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah. Vidya Karya, 31(1), 57–63. https://doi.org/10.20527/jvk.v31i1.3974

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Athena: Springe.

Draini, W., Yusuf, S., & Rahelly, Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Criksetra, 4(8), 165–173.

Effendi, Z., & Murinto. (2014). Aplikasi Multimedia Sebagai Media Informasi Pada. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 2(1), 342–353. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/211583/aplikasi-multimedia-sebagai-media-informasi-pada-pengenalan-monumen-yogya-kembal%0Ahttps://core.ac.uk/download/pdf/295348072.pdf

Ghifari, A. D. Al, Widyaningrum, R., & Maudiarti, S. (2021). Pengembangan Konten Pembelajaran di Media Sosial Instagram untuk Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMAN 103 Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.21009/jpi.041.06

Hariyono, H. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal yang Dekat, Memperluas Wawasan. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(2), 160–166. https://doi.org/10.17977/um020v11i22017p160

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik, 13(1), 15–25. https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7689

Hendriani, T., Ardiawan, Y., & Oktaviana, D. (2022). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 92–107. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.519

Iqbal, I., & Mutawakkil, M. (2021). Pemanfaatan Internet Pada Smartphone Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas Xi Smk Negeri 5 Palu. Scolae: Journal of Pedagogy, 4(1). https://doi.org/10.56488/scolae.v4i1.85

Izzuddin, A. (2009). Mbah Djabbar : Leluhur dan Dzurriahnya. Surabaya: Ide Kreatif.

Kurniawan, H. (2020). Infografik Sejarah Dalam Media Sosial: Tren Pendidikan Sejarah Publik. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 14(2), 1. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p1-13

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Maskun, Susanto, H., & Sumargono. (2021). Visualize The Colonial History of The Dutch East Indies Government in Lampung as A Local History Learning Media. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 28(1), 378–388. Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/34005%0Ahttp://repository.lppm.unila.ac.id/34005/1/jurnal pak maskun.pdf

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Jurnal Tasyri’, 26(1), 21–32.

Nurdianto, S. A. (2021). Social Media (Youtube, Instagram, and Spotify) in History Learning to Strengthen Digital Literature of High School Students: A Case Study at SMAN 1 Sambit, Ponorogo. International Symposium on Open, Distance, and E-Learning, 31–36. Jakarta: Kemdikbudristek.

Pramartha, I. N. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Populer Dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 17–25. Denpasar: Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

Pratiwi, A., Ajie, H., & Widodo. (2018). Analisis Kebutuhan Elemen Multimedia Foto dan pengembangannya sebagai Konten dalam Sistem Repositori Multimedia Pembelajaran untuk Pengembangan Media Pembelajaran. PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 2(1), 17–26.

Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54.

Raihany, V., Widjaya, S. D., Meliya, R., & Andi. (2022). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(2), 122–128.

Rizkiawan, A. W. (2021). Lahirnya NU Bojonegoro dan Hikayat Padangan Kota Cahaya. Bojonegoro: Nuntera.

Salmiati, Ningsi, Y., & Ramlah. (2019). Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Karakter Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 3 Parepare. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 3(1), 73–85.

Saputro, R. A., & Fitri, M. (2022). Pemanfaatan Foto Dan Arsip Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 7(2), 126–134. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i2.7160

Setianingrum, M. (2017). Penggunaan Variasi Media Ajar Terhadap 3 Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. JAPANEDU: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Jepang, 2(1), 1. https://doi.org/10.17509/japanedu.v2i1.6561

Siregar, S. P., & Yefterson, R. B. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Video Drama Pada Kelas XI / F SMAN 7 Padang. 4(4), 114–125.

Subagti, M. E. (2022). Pemanfaatan Situs Kota Tua Padangan Kabupaten Bojonegoro sebagai Objek Pembelajaran Kontekstual Berbasis Digital History. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(1), 58–75.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan (U. Press, ed.). Yogyakarta.

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. In Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Retrieved from http://eprints.ulm.ac.id/8313/1/10. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.pdf

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.

Syaputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Pemanfaatan Situs Purbakala Candi Muaro Jambi Sebagai Objek Pembelajaran Sejarah Lokal Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 3(1), 77. https://doi.org/10.17977/um0330v3i1p77-87

Waluyo, S. (2021). Arya Penangsang: Santri Kesayangan Sunan Kudus sebagai Pembangun Memori Kolektif dalam Revitalisasi Kota Cepu. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5(2), 161–172. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i2.10691

Yakub, M. A. (2018). Mbah Menak Anggrung, Ulama Penyebar Islam di Bojonegoro. In Bodjonegoro Tempo Doeloe. Bojonegoro: Gang Kecil.

Zaeni, M. R., & Azmy, F. (2005). Mbah Menak Anggrung: Perintis Islam Pertama di Desa Kuncen Padangan-Bojonegoro. Bojonegoro: Lembaga Pengembangan Islam Menak Anggrung Kuncen Padangan Bojonegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v3i42023p535-553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JOIN Indexed By:

        

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats