Trem di Pasuruan akhir abad XIX dan potensinya sebagai media pembelajaran sejarah

Davia Faringggasari, Daya Negri Wijaya

Abstract


This study aims to describe the tram in Pasuruan in the late 19th century and its potential as a media for learning history. The authors use historical research methods which are divided into five stages, namely topic selection, source collection, historical criticism, interpretation and historiography. The results of this study show that the construction and operation of trams was one of the solutions of the Dutch government to transportation problems related to the transportation and distribution of plantation products in the Pasuruan region at the end of the 19th century.  The existence of trams in Pasuruan was considered to be able to solve the deadlock of mass transportation in Pasuruan. As an effort to attract students' interest in learning, the historical content of trams in Pasuruan at the end of the 19th century was able to be packaged using a variety of interesting technology-based learning media including Infographics, documentaries, animated videos, Comics, Educational Ladder Snakes. Researchers also offer other learning media, namely LEACO (Qr-Code-based Leaflet).

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan trem di Pasuruan akhir abad XIX dan potensinya sebagai media pembelajaran sejarah. Penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang dibagi menjadi lima tahapan yakni pemilihan topik, pengumpulan sumber, kritik sejarah, interprestasi dan historiografi. Hasil dari kajian ini menunjukan bahwa pembangunan dan pengoperasian trem merupakan salah satu solusi dari pemerintah Belanda terhadap permasalahan transportasi terkait pengangkutan dan pendistribusian barang hasil perkebunan di wilayah Pasuruan pada akhir abad XIX.  Keberadaan trem di Pasuruan dianggap mampu memecahkan terkait kebuntuan angkutan massal di Pasuruan. Sebagai upaya untuk menarik minat belajar siswa, konten sejarah trem di Pasuruan akhir abad XIX dapat dikemas menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik berbasis teknologi meliputi Infografis, film dokumenter, video animasi, Komik, Ular Tangga Edukatif. Peneliti juga menawarkan media pembelajaran lainnya yaitu LEACO (Leaflet berbasis Qr-Code).


Keywords


trem; Pasuruan; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdia, L., Firdaus, M., & Susiaty, U. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 2(1), 61–70.

Abdurrakhman, & Pradono, A. (2019). Explore Sejarah Indonesia Jilid 2 Kelas XI. Penerbit Duta.

Al-As, M. A. H. M., & Alrianingrum, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Materi Dampak Politik, Budaya, Sosial, Ekonomi, dan Pendidikan pada Masa Penjajahan Bangsa Eropa terhadap Indonesia Kelas XI IPS I SMAN 17 SURABAYA Septina Alrianingrum. Journal Pendidikan Sejarah, 12(3), 1–9.

Ananda, D. P. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Leaflet berbantuan Qr-Code Pada Materi Sejarah Lokal Monumen Palagan Mendalan untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI iis 2 SMAN 1 Ngantang. Universitas Negeri Malang.

Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya., 16(1), 225.

Daliman, A. (2012). Sejarah Indonesia Abad 19-Awal Abad 20: Sistem Politik Kolonial dan Administrasi Pemerintahan Hindia Belanda. Ombak.

digitalcollections.universiteitleiden.nl,. (1920). digitalcollections.universiteitleiden.nl,

Diyah, R., Supriyanto, W., & Syarifuddin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis 3 Dimensi Untuk Mendorong Semangat Peserta Didik Di Sma Negeri 12 Palembang 1. Jurnall Tarbiyah Islamiah, 6(2), 52–63.

Domis, H. J. (1830). Pasuruan 1830: Catatan H.J Domis. Terjemahan Amelia, D.S. & Puteri, R.K.R. (D. S. Amelia & K. K. R. Puteri, Eds.; Terjemahan). Perpusnas Press.

Dwisukamsurya, P. Md. D., Lasmawan, I. W., & Sriartha, I. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbentuk Permainan Ular Tangga Berbantuan Leaflet Di Sma Dwijendra Denpasar. Media Komunikasi Geografi, 20(1), 34. https://doi.org/10.23887/mkg.v20i1.17465

Fatimah, S. (2019). Pengantar Transportasi. Myria Publisher.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan MedFebrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.ia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Fikri, A., & Fiqri, Y. Al. (2021). Pengembangan Komik Sejarah Lokal Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 7(1), 76–81.

Firmansyah, H., Putri, A. E., & Maharani, S. (2022). Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2754–2762.

Fitroh, N. (2015). Peranan Kereta Api Di Jawa Timur dalam Pengangkutan Hasil Perkebunan Surabaya Tahun 1878-1930. AVATARA, e Journal Pendidikan Sejarah, 3(3).

Handinoto. (n.d.). Pasuruan dan Arsitektur Etnis China Akhir Abad 19 dan Awal Abad ke 20. Simposium Nasional Arsitektur Vernakular 2 Pertemuan Arsitektur Nusantara.

Hardjasaputra, A. S. (2015). Sejarah Dan Pembangunan Bangsa. Jurnal Artefak, Vol 3(1), 1–4.

Herimanto, & Targiyatmi, E. (2016). Sejarah:Pembelajaran Sejarah Interaktif kelas XI. Tiga Serangkai.

heritage.kai.id. (2017). Sejarah Perkeretaapian Indonesia. PT Kereta Api Indonesia.

Hermawan, I. (2018). Kereta Api Mengurai Kebuntuan Transportasi Di Pulau Jawa. 3(1).

Hosniyah, & Trilaksana, A. (2016). Kebijakan Pemerintahan Hindia Belanda Terhadap Komunitas Arab Di Malang 1900-1935. AVATARA, e Journal Pendidikan Sejarah, 4(3).

Husmiati, R. (2017). Kelebihan Dan Kelemahan Media Film Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 7(2), 61.

Kemdikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan.

Kuntowijoyo. (2018). Pengantar Ilmu Sejarah. Tiara Wacana.

Lasmiyati. (2017). Transportasi Kereta Apu Di Jawa Barat Abad Ke-19 (Bogor-Sukabumi-Bandung). Patanjala, 9(2).

Malikha, S., & Sukaryanto. (2019). Modernisasi Transportasi di Pasuruan, 1895-1929. VERLEDEN: Jurnal Kesejarahan, 15(2).

Marsudi, N. H., Hudiyanto, R. R., & Sulistyo, W. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Dan Kuis Sejarah (Akira) Dengan Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa Ke Indonesia Di Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Lawang. 6(1), 44–54.

Masyrullahushomad, & Sudrajat. (2019). Penerapan Agrarische Wet (Undang-Undang Agraia) 1870: Periode Awal Swastanisasi Perkebunan Di Pulau Jawa. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 7(2).

Meiristanti, N., & Puspasari, D. (2020). Pengembangan leaflet berbasis android sebagai penunjang bahan ajar pada mata pelajaran OTK sarana dan prasarana kelas XI OTKP di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP, 8(1), 56–67.

Nazilah, A., Sulistyawati, I., & Pramulia, P. (2022). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sdn Kepuh Kiriman I Waru Sidoarjo. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 161–169. https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p161-169

Nugrahani, R. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44.

Nurvika, R. T., & Susarno, L. H. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC MATERI STRATEGI PERLAWANAN BANGSA INDONESIA TERHADAP IMPERALISME DAN KOLONIALISME PADA MATA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um0330v6i1p44-54

Pamungkas, S., & Azmi, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Edukatif Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kolonialisme. 11(April), 137–144. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i1.208

Pamungkas, S. C. (2021). Transformasi UU Agraria Tahun 1870 Ke UUPA 1960Pada Masa Dekolonisasi Kepemilikan Tanah Pasca Kemerdekaan Indonesia. Al-Isnad: Journal of Islamic Civilization History and Humanities, 2(2).

Pradana, H. R., & Wisnu. (2018). Perkembangan Kediri Stoomtram Maatschppij Pada Tahun 1895 - 1930. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 6(2).

Pranoto, E., Aprianto, T. C., & Krisnadi, I. G. (2020). Jalur Trem Rambipuji-Balung-Puger: Penghubung Sosial Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Jember Tahun 1913-1930. Historia, 2(2), 247–265.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68.

Pratama, P. (2017). Pengembangan Media Film Dokumenter Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Binjai. Universitas negeri medan.

Pratiwi, Y., & Ritonga, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Leaflet untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 276–281. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.521

Proyek Penelitian dan Pencataan Kebudayaan Daerah. (1978). Sejarah Daerah Jawa Timur. Proyek Penerbitan Buku Bacaan Sastra Indonesia dan Daerah.

Ramadhani, S. (2018). Penerapan Permaianan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 13 Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Resnatika, A., Sukaesih, & Kurnianingsih, N. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. 6(2), 183–196.

Rikarno, R. (2015). Film Dokumenter Sebagai Sumber Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 16(November), 318. https://doi.org/karno, R. (2015). Film Https://Doi.Org/10.26887/Ekse.V17i1.71

Romadhon, A. D., & Riyadi. (2020). Perusahaan Transportasi Mojokerto Stoomtram Maatchappij Di Masa Modernisasi Kota-Kota Di Jawa Tahun 1896-1933. AVATARA, e Journal Pendidikan Sejarah, 10(1).

Romadhon, M. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Teuku Umar Semarang Melalui Penggunaan Media Film Dokumenter Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Negeri Semarang.

Salam, N., Safei, & Jamilah. (2019). Pengembangan media Pembelajaram Permainan Ular Tangga Pada Materi Sistem Saraf. E-Jurnal UIN (Universitas Islam Negeri) Alauddin Makassar, 1(1).

Saptodewo, F. (2014). Desain infografis sebagai penyajian data menarik. Jurnal Desain, 1(3), 193–198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i03.563

Saputra, M. H. (2022). Perkembangan Trem Batavia Tahun 1869-1930. Mozaik: Kajian Ilmu Sejarah, 13(1), 74–90. https://doi.org/10.21831/mozaik.v13i1.50808

Sardirman, & Amurwani Dwi Lestariningsih. (n.d.). Sejarah Indonesia Kelas XI. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbag, Kemendikbud.

Searail.Malayanrailways. (n.d.). Pasoeroean Stoomtram Maatschappij.

Setiawan, N. (2022). PROBOLINGGO STOOMTRAM MAATSCHAPPIJ: MODERNISASI TRANSPORTASI PUBLIK DI KOTA PROBOLINGGO TAHUN 1894-1930. Pangadereng: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial Dan Humanior, 8(2). https://doi.org/DOI: 10.36869/pjhpish.v8i2.252 Vol. 8 No. 2

Subroto, E. N., Qohar, Abd., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Suhartono. (1995). Bandit-Bandit Pedesaan: Studi Historis 1850-1942 di Jawa. Aditya Media.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196.

Sutarma. (1988). Studi Tentang Pembangunan dan Perkembangan Kota 1868 -1900. Universitas Padjadjaran.

Wahyuni, W., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Kajian Pemanfaatan Media Pembelajaran Leaflet Terhadap peserta didik. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 5(1), 35–41.

Wardojo, W. w. (2013). Spoor Masa Kolonial: Dinamika Sosial Ekonomi Masyarakat Vorstenlanden 1864-1930. Bukittuju.

Wicaksono, G. W. T. (2017). Malang stoomtram maatschappij pada masa kolonial di Malang tahun 1901-1930. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 5(3).

Wicaksono, G. W. T., & Alrianingrum, S. (2017). Malang Stoomtram Maatschappij pada Masa Kolonial Di Malang Tahun 1901-1930. AVATARA,e Journal Pendidikan Sejarah, 5(3). https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index .php/avatara /article/view/20296/18596.

Wijaya, B. Y. W. (2016). Penggabungan pusat pemerintahan Karesidenan Pasuruan dan Malang tahun 1931-1941 serta relevansinya terhadap pembelajaran sejarah. Universitas Negeri Malang.

Yosa, M. (2021). Museum Angkut Sebagai Sarana Rekreasi Dan Edukasi di Kota Malang. Universitas Bina Darma.

Yunus, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Leaflet Sebagai Media Interaktif Terhadap Materi Hardware Di Sman 7 Kupang. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Informasi (JUKANTI), 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.224.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v3i42023p456-475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JOIN Indexed By:

        

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats