Potensi materi gerakan modern Islam di Indonesia awal abad ke-20 sebagai literatur penunjang buku teks

Ayisatun Nasri'ah, Ronal Ridhoi

Abstract


Abstract

History learning is the process of understanding, analyzing and interpreting past events by utilizing various historical learning sources such as written documents, images, artifacts and others. The modern Islamic movement is a political and religious movement to fight colonialism and imperialism in Indonesia which emerged at the beginning of the 20th century, marked by the Islamic reform and modernization movement. This research examines the material potential of the modern Islamic movement in Indonesia in the early 20th century using library research methods by evaluating books, literature, notes and various reports related to the problem to be solved. Through literature review, this research reviews material more widely so that it has potential as supporting literature for history textbooks.

Abstrak

Pembelajaran sejarah merupakan proses memahami, menganalisis dan menginterpretasikan peristiwa masa lampau dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar sejarah seperti dokumen tertulis, gambar, artefak dan lain- lainnya. Gerakan modern Islam merupakan gerakan politik dan keagamaan untuk melawan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia muncul awal abad ke-20 dengan ditandai gerakan reformasi dan modernisasi Islam. Penelitian ini mengkaji potensi materi gerakan modern Islam di Indonesia awal abad ke-20 dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan penilaian terhadap buku, literatur, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Melalui kajian kepustakaan, penelitian ini mengulas materi lebih luas sehingga memiliki potensi sebagai literatur penunjang buku teks sejarah.


Keywords


history learning; modern Islamic, history learning resources

Full Text:

PDF

References


Algadri, H. (1996). Islam dan Keturunan Arab dalam Pemberontakan Melawan Belanda Edisi ke-3. Mizan.

Ariwibowo, T. (2021). Strategi Perang Semesta: Pertempuran Pangeran Diponegoro Menghadapi Belanda 1825-1830. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), Article 5. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i5.2742

Astutik, P. (2019). Pengembangan Buku Saku Sejarah Perkembangan Islam di Malang Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang. Universitas Negeri Malang.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Jumrah, A. M., & Ondeng, S. (2022). Relevansi Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Dan Kh. Hasyim Asy’ari Dan Pengaruhnya Dalam Bidang Pendidikan Islam. AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), Article 1.

Muthohar, A., Ramadhan, M., & Abidin, Z. (2007). Ideologi pendidikan pesantren: Pesantren di tengah arus ideologi-ideologi pendidikan: Ikhtiar memotret & mencari formulasi baru sistem pendidikan pesantren dalam berbagai ideologi pendidikan kontemporer. Pustaka Rizki Putra.

Nashir, H. (2008). Purifikasi Islam dalam Gerakan Padri di Minangkabau. 31(69).

Nasir, M. J. M. (2018). Islamisasi Nusantara Dan Proses Pembentukan Masyarakat Muslim. Journal Multicultural of Islamic Education, 2(1), Article 1. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ims/article/view/1223

Noer, D. (1980). Gerakan Moderen Islam di Indonesia 1900-1942. LP3ES.

Rahman, R. (2015). Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad 20 (Studi Kasus di Sumatera Barat). Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jh.v14i2.5684

Sairin, W. (1995). Gerakan pembaharuan Muhammadiyah.

Setiawati, Y., & Samsudin, S. (2020). Gerakan Politik Sarekat Islam di Jawa Pada Tahun 1916 – 1921. Historia Madani, (2), 355–372.

Siahaan, S., Hendra, A., & Midhio, I. W. (2021). Strategi Perang Semesta Dalam Perang Aceh (1873-1912). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), Article 11. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.517

Siswayanti, N. (2016). HAJI ABDUL KARIM AMRULLAH ULAMA PEMBAHARU ISLAM DI MINANGKABAU. Dialog, 39(1), Article 1. https://doi.org/10.47655/dialog.v39i1.12

Suwendi (geschiedenis.). (2004). Sejarah dan pemikiran pendidikan Islam. RajaGrafindo Persada.

Syaifullah, S., & Munawir, M. (1997). Gerak politik Muhammadiyah dalam Masyumi.

Wafiyah, W. (2017). Prioritas Berdakwah Pada Masa Penjajahan Belanda Di Indonesia. Jurnal Ilmu Dakwah, 35(2), Article 2. https://doi.org/10.21580/jid.v35.2.1610

Yulia, R. (2022). Peran Perjuangan Tumenggung Jalil Pada Perang Banjar. Jurnal Ilmu Sosial Kalimantan.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v4i12024p30-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JOIN Indexed By:

        

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats