Pemanfaatan virtual tour museum dalam mengenalkan perkembangan teknologi informasi bagi generasi Z (studi kasus: Museum Teknoform Universitas Dinamika)

Edo Yonatan Koentjoro, Galih Permata Putra

Abstract


Abstract

Generation Z (a group of individuals born between 1990 and 2010) is more inclined to adapt to an environment inseparable from technology. However, they lack of knowledge about the origins of technology. Through a case study conducted at the Teknoform Museum of Universitas Dinamika, research was carried out to examine the usefulness of the Virtual Tour 360 as a medium for introducing museums to Generation Z. Based on a qualitative research approach using descriptive analysis methods, researchers attempted to discover the benefits of the Teknoform Museum Virtual Tour already implemented at Universitas Dinamika. Based on the collected data, it was found that the presence of the Teknoform Museum Virtual Tour is still considered effective in introducing the museum to visitors.

Abstrak

Generasi Z (kelompok individu yang lahir di tahun 1990-2010) lebih banyak beradaptasi di dalam lingkungan yang tidak bisa lepas dengan teknologi. Namun mereka sering kali tidak memahami dari mana teknologi itu berasal. Melalui studi kasus pada Museum Teknoform Universitas Dinamika, dibuatlah sebuah penelitian yang membahas tentang kegunaan Virtual Tour 360 sebagai media pengenalan museum kepada generasi Z. Berbasis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif, peneliti mencoba mencari kebermanfaatan virtual tour Museum Teknoform yang sudah dipakai di Universitas Dinamika. Berdasarkan data yang telah diperoleh, ditemukan bahwa keberadaan virtual tour Museum Teknoform masih dianggap mampu untuk memperkenalkan museum kepada para pengunjung.

 


Keywords


technology; virtual tour; museum

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, R., & Lutviatiani, M. (2022). Jasmerah: Platform Edukasi Sejarah Berbasis Website sebagai Strategi Pendidikan Karakter Generasi-Z guna Mewujudkan Masyarakat Madani. KRONIK : Journal of History Education and Historiography, 6(1), 13–22. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jhi/article/view/17859

Asmara, D. (2019). Peran Museum dalam Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.31539/KAGANGA.V2I1.707

Fitriyadi, M. Y., Rahman, M. R., Asshidiqi, M. R. A., Ilham, M. A., Aibina, O. I., Hesda, N., & Al Fayyedh, F. (2023). Pengaruh Dunia IT terhadap Perilaku Remaja Generasi Z. Religion : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2), 21–37. https://doi.org/10.55606/RELIGION.V1I2.61

Humaira, H. W., & Firdaus, A. (2016). Interferensi Bahasa Sunda dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Aparat Desa Kelurahan Undrusbinangun. Utile: Jurnal Kependidikan, 2(2), 165–174. https://doi.org/10.37150/JUT.V2I2.285

Koentjoro, E. Y., Sutanto, T., & Putra, R. S. (2022). Penerapan Metode Waterfall dalam Membangun Website Company Profile Matrix Laptop. Journal of Advanced in Information and Industrial Technology, 4(2), 89–100. https://doi.org/10.52435/JAIIT.V4I2.251

Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah atas Fungsi Wawancara dan Kuesioner dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.24252/LP.2008V11N1A4

Puspasari, S., Dhamayanti, D., Gustriansyah, R., Verano, D. A., & Sanmorino, A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Lewat Pemanfaatan Aplikasi Virtual Tour 360 Museum SMBII di Masa Pandemi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 485–491. https://doi.org/10.46576/RJPKM.V4I1.2493

Sidik, H., & Suswandari, S. (2022). Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Generasi Z: Studi Kasus Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 42 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 59–79. https://doi.org/10.21009/JPS.111.04

Wulandari, Y. F., Caesariano, L., Murtiadi, M., & Bastian, Y. (2021). Virtual Tour Sebagai Media Komunikasi Digital Dalam Pelayanan Museum Kehutanan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Media Penyiaran, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.31294/JMP.V1I1.389

Zazin, N., & Zaim, M. (2019). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial pada Generasi-Z. Proceeding Antasari International Conference, 1(1). https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/proceeding/article/view/3744




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v4i22024p187-196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JOIN Indexed By:

        

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats