Pengembangan media pembelajaran HILESITE pada materi sejarah Pabrik Gula Djatiroto untuk siswa kelas XI SMA
Abstract
Abstract
This research aims to develop learning media HILESITE (History Interactive Learning Website) on the history of the Djatiroto Sugar Factory for Class XI students of SMA. The methodology used by researchers is Research and development (RnD) and the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) as the development of learning media. The results proved that the proportion of validity of material experts was 95 percent, the validity of learning media experts was 92 percent, the proportion of validity of small group trials was 85.1 percent, and the validity of large group trials was 87 percent. Based on the results of the research, it indicates that the development of HILESITE learning media (History Interactive Learning Website) is valid to be applied to learning activities with material on the history of the Djatiroto Sugar Factory (PTPN XI) for class XI students of SMA.
Abstrak
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran HILESITE (History Interactive Learning Website) pada materi sejarah Pabrik Gula Djatiroto untuk siswa Kelas XI SMA. Metodologi yang digunakan oleh peneliti yaitu Research and development (RnD) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) sebagai pengembangan media pembelajaran. Hasil data penelitian membuktikan persentase validitas dari ahli materi sebesar 95 persen, validitas dari ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 92 persen, validitas persentase dari uji coba kelompok kecil sebesar 85,1 persen, dan validitas dari uji coba pemakaian kelompok besar yaitu 87persen. Berdasarkan hasil penelitian, menandakan bahwa pengembangan media pembelajaran HILESITE (History Interactive Learning Website) valid untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan materi sejarah Pabrik Gula Djatiroto (PTPN XI) untuk siswa kelas XI SMA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angraeni, D. P. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAFASAN [Universitas Pasundan Bandung]. https://repository.unpas.ac.id/31153/
Arsalam, D. (2020). Pabrik Gula Jatiroto Pada Masa Kolonial Belanda. MenaraMadinah.Com. http://menaramadinah.com/23337/pabrik-gula-jatiroto-pada-masa-kolonial-belanda.html
Breman, J. (1986). Penguasaan Tanah dan Tenaga Kerja (Sajogyo (trans.)). Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan sosial (LP3ES).
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/2095/0
Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction (4th Ed). Harper Collins College Publishers.
Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204
Harnoko, D., Nurdiyanto, & Dwi Ratna Nurhajarini. (2018). Pabrik Gula Djatiroto, Kajian Industri Gula 1958-1980. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BNPB).
Hidayanto, N. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SPLDV DAN SPLTV SMK MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 [Universitas Muhammadiyah Purwokerto]. https://repository.ump.ac.id/3558/
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3). https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262
Kartodirdjo, S., Poesponegoro, M. D., & Notosusanto, N. (n.d.). Sejarah Nasional Indonesia (R. P. Soejono (ed.); 1st ed.). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Praptanto, E. (2010). SEJARAH INDONESIA : Zaman Pendudukan Jepang dan Kemerdekaan Indonesia. PT. Bina Sumber Daya MIPA.
Pratiwi, J. (2014). BUDAYA PESTA GILING PADA MASYARAKAT DI SEKITAR PABRIK GULA DJATIROTO DITINJAU DARI ASPEK SOSIAL EKONOMI [Universitas Jember]. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72392
Sudirman, A. (2014). Sejarah lengkap Indonesia. Diva Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Trinawindu, I. B. K., Dewi, A. K., & Narulita, E. T. (2016). Multimedia Interaktif Untuk Proses Pembelajaran. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 19(23). https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/135.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v4i32024p345-356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Historiography: Journal of Indonesian History and Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JOIN Indexed By: