Pengembangan komik digital berbantuan Instagram materi perlawanan rakyat Singaparna terhadap Jepang pada siswa kelas XI SMAN 4 Kediri

Muhammad Faaiz Alim Imaduddin, Dewa Agung Gede Agung

Abstract


Abstract

This research aims to produce digital comics assisted by Instagram social media as a learning media product, designed based on a needs analysis that identified the limited use of instructional media. The focus of the research is to produce and test the validity of the media in delivering material on the Singaparna people's resistance against Japanese occupation in the 11th-grade history class at SMAN 4 Kediri. The research utilizes the R&D method developed by Sugiyono (2015), which includes: (1) identifying potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) product testing, (7) produc t revision, (8) usage trial, (9) product revision, and (10) mass production. The results show that the media is highly valid, with a 93 % score from material experts and 81 % from media experts. Testing on students showed a 90 % result in the small group and 86 % in the large group. Based on the validity and feasibility tests, this Instagram-based digital comic is deemed highly suitable for use in history teaching at SMAN 4 Kediri.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik digital berbantuan media sosial Instagram sebagai produk media pembelajaran, yang dirancang berdasarkan analisis kebutuhan, yaitu minimnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan dan menguji validitas media dalam menyampaikan materi tentang perlawanan rakyat Singaparna terhadap pendudukan Jepang di kelas XI SMAN 4 Kediri. Penelitian menggunakan metode R&D yang dikembangkan oleh Sugiyono (2015), yang meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Hasil penelitian menunjukkan media ini valid, dengan persentase 78% dari ahli materi dan 80% dari ahli media. Pengujian pada siswa menunjukkan hasil 84% pada kelompok kecil dan 85% pada kelompok besar. Berdasarkan uji validitas dan kelayakan, komik digital berbasis Instagram ini dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMAN 4 Kediri.

 


Keywords


digital comics; Singaparna; resistance; Instagram.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Anca, R.F. & Fadhlan, M.A. (2022). Pengembangan Komik Digital Berbasis Platfrom (Instagram) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Putra Smp It Ibnu Abbas Tarakan. Jurnal Of Biology Education. 4(1), 76-91.

Atmoko, Bambang Dwi, (2012). Instagram Handbook. Media Kita, hlm.10

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Azman, F. N., Bahrin Zaibon, S., & Shiratuddin, N. (2016). Pedagogical Analysis Of Comic Authoring Systems For Educational Digital Storytelling. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 31(2).

Darmawan D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Firdayanti, F. (2019). Pengembangan Media Komik Fisika Berbasis Android Berbantuan Sosial Media Instagram Pada Kelas VIII Smp Negeri 2 Barombong. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Hamalik, O, 1989. Media Pendidikan. Citra Aditya Bakti.

Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 5(1), 33–42.

Nurgiyantoro, & Burhan. (2013). Sastra Anak. Gadjah Mada University Press.

Sudjana, N, & Rivai, A, (2019). Media Pengajaran. SBAIgensindo.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). 3(2), 171–185.

Suryani. (2023). Penerapan Metode Sosio Drama Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Materi Peristiwa Sekitar Kemerdekaan Kelas XI IIS SMA Negeri 9 Malinau. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 3(2), 173-181.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um081v5i12025p73-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Historiography: Journal of Indonesian History and Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Historiography: Journal of Indonesian History and Education is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JOIN Indexed By:

        

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats