PELATIHAN PEMELIHARAAN IKAN KOI UNTUK PENGEMBANGAN WISATA IKAN DI KAWASAN BEDENGAN, SELOREJO, MALANG

Heru Suryanto, Bili Darnanto Susilo, Aminnudin Aminnudin, Sukarni Sukarni, Suprayitno Suprayitno, Marsono Marsono, Uun Yanuhar

Abstract


Wana wisata Bedengan berada di Dusun Selokerto, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Wisata ini telah dibuka sejak tahun 2007 pada lahan seluas 13,7 hektar yang terletak ±12 km dari Universitas Negeri Malang. Tempat ini memiliki udara khas dataran tinggi, ditumbuhi oleh pepohonan pinus, tanah yang masih subur dan terdapat aliran sungai dengan airnya yang sangat jernih sehingga tempat ini sangat cocok sebagai wisata edukasi tentang ekosistem. Mitra desa ingin mengembangkan wisata edukasi ikan di tempat ini, sehingga sangat diperlukan pengetahuan, keterampilan dan teknik budidaya ikan. Untuk itu dilakukan beberapa tahapan kegiatan, yaitu: 1. Survey lokasi wana wisata bedengan; 2. Pengkondisian lokasi yang pas untuk dijadikan kolam ikan dan pengambilan sampel air; 3. Pembelian dan pengkondisan ikan koi; 4. Pemindahan ikan koi ke kolam; 4. Pelatihan pemeliharaan ikan yang melibatkan 11 anggota pengelola wisata bedengan serta mengundang narasumber ahli. 5. Pemberian bantuan pakan serta praktek pemeliharaan ikan koi. Setelah pelaksaan rangkaian kegiatan tersebut, anggota pengelola wisata bedengan sudah dapat memahami dan mampu melakukan proses pemeliharaan ikan koi dengan baik. Para pengunjung juga memberikan respon positif dengan adanya wisata edukasi ikan ini.

Full Text:

PDF

References


NgalamedialLAB. 2014. Wana Wisata Alam Bedengan. Diakses dari. http://ngalam.id/read/4720/wana-wisata-alam-bedengan/. 7 Januari 2020.

Desa Selorejo. 2018. Data kunjungan bedengan. Statistik desa Selorejo Malang.

Suyono, H dan Wimarna, T. 2013. Panduan Lengkap Memelihara Koi. Jakarta: Gramedia. diakses 7 Januari 2020

Yunus, S. 2019. Panduan lengkap budidaya ikan mas. https://alamtani.com/budidaya-ikan-mas/

Diskan. 2019. Syarat Kualitas Air untuk Budidaya Ikan Koi. Diakses dari https://diskan.bulelengkab.go.id/berita/syarat-kualitas-air-untuk-budidaya-ikan-koi-84, diakses 7 Januari 2020.

Budi Santoso. 1993. Petunjuk praktis budidaya ikan. Kanisius, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.