PENINGKATAN PRODUKSI BERKELANJUTAN USAHA UMKM HUSADA BUDAYA TANI DALAM MENGHADAPI PANDEMIK COVID 19 DI DESA TIRTOYUDO

Wahono Wahono Wahono, Duwi Leksono Edy

Abstract


Wilayah Tirtoyudo merupakan salah satu kecamatan yang terletak diwilayah Kabupaten Malang dengan jumlah penduduk yang besar memiliki mata pencaharian sebagai petani kopi. Kopi yang dihasilkan memiliki banyak jenisnya. Hasil produksi kopi dari masyarakat masih banyak yang dijual ke pengepul kopi dalam bentuk biji kopi. Secara tidak langsung masyarakat tidak melakukan pengolahan sendiri dari hasil perkebunan kopinya. Berkembangnya wabah Corona Virus Disease-19 (COVID-19) di sejumlah wilayah di Indonesia, menjadi permasalahan akhir-akhir ini dikalangan para petani kopi. Hasil dari perkebunan hampir 90 % biji kopi yang sudah kering milik petani tidak laku di jual. Hal ini mempengaruhi kualitas biji kopi hyang tidak di olah secara langsung.  Dengan berkembangnya wabah Corona Virus Disease-19 (COVID-19) di wilayah Indonesia juga sedikit banyak mempengaruhi tingkat perekonomian para petani kopi. Luaran dari kegiatan ini adalah: a) Teknologi mesin penggorengan kopi yang efisien dengan mengutamakan mengatur temperature penggorengan. b) Mesin penggoreng kopi system Vacum.

 

 

Kata Kunci: Petani, Tanaman Kopi, Covid 19


Full Text:

PDF

References


Ahyuna.,Hamzah,M.D.,&Najib,M.2013.Pemanfaataninternetsebagaimedia promosi pemasaran produk localolehkalanganusahadikotaMakasar.JurnalKomuniasi KAREBA, 2(1), 30-40.

Abdul rachman, S., A. Karim, M., I. Las, and I. Juliadi, 2006. Integrated crop management experiences on lowland rice in Indonesia, In Sumarno,Suparyo, A.M.Fagi and M.O. Adnyana (eds). Rice industri, culture and enviroment, Book 1. Indonesian Center for Rice Researh, Sukamandi

Rintuh, Cornelis dan Miar. (2005) Kelembagaan dan Ekonomi Rakyat. Yogyakarta.BPFE.

Suryana. (2006) Ekonomi Pembangunan: Problematika dan Pendekatan. Jakarta.

Van Der Veen, M.G. dan C.M. Gonzales. 1997. Latihan penelitian sosial-ekonomi pola usaha tani. Nusa Tenggara Agricultural Support Project. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bekerjasama dengan Agricultural Economics Departement International Rice Research Institute. Bahan Latihan Vol.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.