PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN PAKAN MANDIRI DAN LINGKUNGAN BERKELANJUTAN GUNA MENINGKATKAN BUDIDAYA IKAN LELE DI KABUPATEN TUBAN

Uun Yanuhar, Dyah Kinasih Wuragil

Abstract


Ikan lele (Clarias sp) adalah salah satu komoditas ikan air tawar yang memiliki peminat yang tinggi. Hal ini menyebabkan para pembudidaya berusaha untuk meningkatkan usaha budidaya ikan lele. Kabupaten Tuban adalah salah satu lokasi kawasan perikanan budidaya ikan lele di Jawa Timur. Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan memberdayakan para petani ikan untuk memproduksi pakan mandiri, sebagai bentuk pengembangan usaha pembesaran ikan lele dalam memecahkan masalah semakin meningkatnya harga pakan ikan. Keberadaan unit produksi pakan mandiri sifatnya yang tidak memakan lahan yang luas kemudian pelaksanaan teknisnya yang praktis dan merupakan kegiatan perikanan yang berprospek ekonomis sehingga menjadi alasan untuk menjadi bagian dari kegiatan pemberdayaan masyarakat yang berbasis perikanan di Desa Campurejo, Desa Jenggolo dan Desa Tegalagung. Penerapan IPTEK mengenai pembuatan/produksi pakan secara mandiri baik berupa alat pembuat pakan dan formulasi bahan pakan itu sendiri sehingga dapat meningkatkan pengembangan usaha budidaya ikan lele yang ada di Kabupaten Tuban. Melalui program ini para anggota mitra mendapatkan pembekalan materi edukasi dalam melakukan kegiatan berbudidaya ikan lele agar di masa depan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dalam budidaya ikan lele sehingga produksi ikan lele meningkat dan kerugian berkurang, sehingga perekonomian anggota mitra meningkat. Berdasarkan hasil kegiatan menunjukkan bahwa target dari kegiatan Pengabdian kepada masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) terpenuhi dengan adanya peningkatan ketrampilan dan pengetahuan dalam berbudidaya ikan lele yang semakin baik, peningkatan pemahaman terhadap monitoring kualitas air kolam, selain itu juga peningkatan pemahaman terhadap penyakit yang dialami ikan lele oleh para anggota mitra.

Kata kunci – Ikan Lele (Clarias sp); Pakan Mandiri; Pemberdayaan Masyarakat; Manajemen Lingkungan.


Full Text:

PDF

References


Bimantara, A. 2018. Uji proximat daging ikan lele yang dibudidayakan dengan perbedaan manajemen kualitas air dan pakan. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 10(1): 40-45.

Huda, H. M., Y. L. Purnamadewi dan M. Firdaus. 2018. Strategi pengembangan perikanan dalam pembangunan ekonomi wilayah di Jawa Timur. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan). 18(3): 387-407.

Aulanni’am, A., W. Tyasningsih, D. K. Wuragil and F. A. Rantam.2017. Development of brucellosis vaccine based on determinant antigenic of Outer Membrane Protein (OMP) 36 kDa from brucella abortus local isolate. International Journal of Pharmaceutical and Clinical Research. 9(3): 201-204.

Prihanto, A. A., A. A. Jaziri dan A. C. Intyas. 2019. Peningkatan pendapatan rumah tangga pengolah ikan asap di Sumurgung, Kabupaten Tuban melalui introduksi alat pengasap ikan sistem tertutup. Journal Of Innovation And Applied Technology. 5(2): 920-924.

Fauziah, A. F., T. Agustina dan Y. Hariyati. 2017. Analisis pendapatan dan pemasaran ikan lele dumbo di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics). 9(1): 20-32.

Mustajib, M., T. Elfitasari dan D. Chilmawati. 2018. Prospek pengembangan budidaya pembesaran ikan lele (Clarias sp) di Desa Wonosari, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. Sains Akuakultur Tropis: Indonesian Journal of Tropical Aquaculture. 2(1): 38-48.

Doloksaribu, M., R. M. Simanjuntak dan I. H. Parinduri. 2020. Pengaruh pemberian probiotik rajalele terhadap kelulusan hidup benih ikan patin (Pangasius pangasius), ikan nila (Oreochromis niloticus), dan ikan mas (Cyprinus carpio). Jurnal pembelajaran dan biologi nukleus. 6(1): 88-95.

Augusta, T.S. 2016. Dinamika perubahan kualitas air terhadap pertumbuhan ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus) yang dipelihara di kolam tanah. Jurnal Ilmu Hewani Tropika (Journal of Tropical Animal Science). 5(1): 41-44.

Nurcahyo, W., 2018. Parasit pada Ikan. UGM PRESS.Yogyakarta

Widiyanto, A.F., S. Yuniarno dan K. Kuswanto. 2015. Polusi air tanah akibat limbah industri dan limbah rumah tangga. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 10(2): 246-254.

Hamuna, B., R. H. Tanjung dan H. Maury. 2018. Kajian kualitas air laut dan indeks pencemaran berdasarkan parameter fisika-kimia di perairan Distrik Depapre, Jayapura. Jurnal Ilmu Lingkungan. 16(1): 35-43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.