IMPLEMENTASI DIGITAL BRANDING PADA UMKM BIDANG KULINER DI KOTA MALANG DALAM RANGKA AKSELERASI UMKM GO-DIGITAL
Abstract
tengah kondisi yang tidak menentu. Kondisi pandemi memunculkan pola kebiasaan baru untuk
selalu terhubung secara daring. Hal ini mendesak para pelaku UMKM untuk segera
bertransformasi digital menangkap peluang dan memperluas jangkauan pasar produknya yang
sejalan dengan program pemerintah pada agenda percepatan pemulihan ekonomi nasional,
UMKM Go-Digital. Tim pengabdian kepada masyarakat bermitra dengan salah satu UMKM
bidang kuliner, Tahu Gajah, bersinergi dalam perjalanan transformasi digital dengan membangun
digital branding kit yang berupa brand identity, website, dan akun sosial media Instagram (IG).
Metode pada program ini terdiri dari (1) persiapan yang meliputi analisis kebutuhan lapangan dan
studi pustaka; (2) perancangan digital branding (3) pelaksanaan kegiatan berupa serah terima
digital branding (brand identity, website tahugajah.com dan akun IG @tahugajah) dan
pendampingan strategi pemasaran digital. Selama satu bulan kegiatan pendampingan kami
membantu pembuatan konten IG berupa promosi website, promosi produk serta pemasangan
IG ads. Hasil dari pendampingan berupa kunjungan website sebanyak 36 kunjungan dan 48
pengikut baru akun IG dengan jangkauan pemasaran sebanyak 15,8 ribu akun dan jumlah
interaksi konten sebesar 149 akun. Hal ini merupakan sebuah potensi awal bagi UMKM Tahu
Gajah untuk bertransformasi digital demi keberlangsungan perkembangan bisnis di masa kini dan
mendatang.
Kata Kunci: digital branding, UMKM, website, Instagram, Go-Digital
Full Text:
PDFReferences
APJII. 2020. Laporan Survey Internet APJII 2019-2020. (Online), (https://apjii.or.id/survei),
diakses 30 September 2021.
Badan Pusat Statistik. 2020. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2020. (Online),
(https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/08/05/1737/-ekonomi-indonesia-triwulan-ii2020-turun-5-32-persen.html),
diakses
Maret
Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional. Transformasi Digital untuk UMKM.
Wantiknas, Oktober 2020 Digital 2021: Indonesia. (Online),
(https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia) diakses 13 Maret 2021.
Fadly, H. D., & Sutama. 2020. Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding ditengah
Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213-221. DOI:
http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v5i2.1042..
Glints. 2021. Memahami Apa itu Brand Identity dan Manfaatnya Untuk Perusahaan. (Online),
(https://glints.com/id/lowongan/brand-identity-adalah/#.YVZIV5pBzIU), diakses 30
September 2021.
Huang, H., Yang, H., & Lee, Y. 2017. Global Extension by Online Marketing for SME:
Customer – based Brand Equality through. 6-15. International Journal of Innovative
Studies in Sociology and Human, 2(8), 6-15.
https://ijissh.org/storage/Volume2/Issue8/IJISSH-020802.pdf.
Rowles, Daniel. 2018. Digital Branding: a complete step-by-step guide to strategy, tactics, tools
and measurement 2nd Edition. Kogan Page 2018
Sutrisno, A. A., Samodra, J., & Pahlevi, A. S. (2019). Kampung Entrepreneur Berbasis Web
Sebagai Media Promosi Bagi UMKM. Jurnal Karinov, 2(3), 171-176.
Woods, S. 2016. The Emergence of Influencer Marketing.
(http://trace.tennessee.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=3010&contex
t=utk_chanhonoproj), diakses 16 September 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v3i12022p33-39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index
E-ISSN 2686-1232

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.