IMPLEMENTASI TEKNOLOGI MESIN BAGLOG JAMUR TIRAM DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BUDIDAYA JAMUR TIRAM BAGI WARGA BINAAN LEMBAGA PERMASYARAKATAN 1 KOTA MALANG

wahono wahono, duwi leksono edy

Abstract


Lembaga Permasyarakatan (Lapas) merupakan lembaga dibawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang memiliki tugas dan fungsi untuk membina dan mendidik napi supaya dapat kembali menjadi manusia yang memiliki kreatifitas, produktivitas dan berguna dalam masyarakatnya. Permasalahan yang timbul dalam lingkungan lapas antara lain: 1) Bagaimana upaya peningkatan kualitas budidaya jamur tiram di Lapas Lowokwaru Kota Malang melalui penerapan teknologi mesin press Baglog, 2) Bagaimana meningkatkan produksi jamur tiram di Lapas Lowokwaru Kota Malang  dengan kualitas yang unggul. Solusi permasalahan yang dihadapi mitra antara lain: 1) Penerapan inovasi teknologi mesin Baglog yang dapat mempercepat proses produksi jamur tiram, 2) Pembuatan SOP proses produksi jamur tiram yang sesuai standart. Hasildari kegiatan PKM yang dilaksanakan di Lapas 1 Kota Malang didapatkan peningkatan produksi jamur tiram yang dilaksanakan oleh warga binaan. Hal ini disebabkan terbentuknya media perkembangbiakan jamur tiram secara maksimal dengan menggunakan mesin baglog. Peningkatan hasil produksi mengalami peningkatan sebelun dan sesudah dari kegiatan PKM ini.


Full Text:

PDF

References


Wardhani, N. S., Hartati, S., & Rahmasari, H. (2016). Sistem Pembinaan Luar Lembaga Bagi Narapidana yang Merata dan Berkeadilan Berperspektif Pada Tujuan Pemasyarakatan. Jurnal Hukum & Pembangunan, 45(1), 1-32.

Rhohman, F., & Budiretnani, D.A. (2018). Optimalisasi Proses Produksi Tahu untuk Peningkatan Kesejahteraan Produsen Tahu. Jurnal Panrita Abdi, 2(2), 113–118.

Suryani, E. (2018). Pembelajaran Keterampilan Batik Sebagai Pemberdayaan Narapidana Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas Ii B Yogyakarta. Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 7(3), 266-277

Sutarja. 2010. Produksi Jamur Tiram (Pleourotus ostreatus) Pada Media Campuran Serbuk Gergaji dengan Berbagai Komposisi Tepung Jagung dan Bekatul. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Suriawiria, U. 2002. Budidaya Jamur Tiram. Yayasan Kanisius. Yogyakarta Sucipto, Edi (2015) Analisis pengaruh kekuasaan, kemitraan dan kewirausahaan terhadap kinerja bisnis jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) di kabupaten jember. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

Panjaitan, P. I., & Widiarty, W. S. (2008). Pemasyarakatan Narapidana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 tentang pengadilan anak

Waluyo, B. (2004). Pidana dan Pemidanaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v3i22022p87-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index

E-ISSN 2686-1232

Creative Commons License

This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

View My Stats