PENGABDIAN EDUKASI MULTI LINGUAL: PELATIHAN ACTIVE LEARNING BAGI GURU BAHASA PADA TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DI LINGKUNGAN KEMENAG KOTA MALANG
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali, U. (2023) ‘Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Dikelas Melalui Supervisi Berkala’, Daskalos: JournalPendidikandanPenelitian Tindakan Kelas, 1(1), pp. 27–35. Available at: https://doi.org/10.52960/das.v1i1.263.
Ausabel, D.P. (1968) ‘Facilitating Meaningful Verbal Learning in the Classroom’, The Arithmetic Teacher, 15(2), pp. 126–132. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.5951/AT.15.2.0126.
Dewi, L. and Fauziati, E. (2021) ‘Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky’, Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), pp. 163–174. Available at: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3104.
Effendi, M. (2013) ‘Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar’, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), pp. 283–309. Available at: https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.563.
Fawaid, A. and Damayanti, A.D. (2024) ‘Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Materi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), pp. 145–162. Available at: https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2914.
Gummah, S. and Rapsanjani, H. (2023) ‘Efektivitas Penggunaan Metode Active Learning Tipe Team Game Tournament Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa’, Journal of Authentic Research, 2(1), pp. 39–53. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.36312/jar.v2i1.2130.
Indriani, N., Suryani, I. and Mukaromah, L. (2023) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Khazanah Pendidikan, 17(1), p. 242. Available at: https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228.
Kuraedah, S. (2022) ‘Gaya dan Strategi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Alumni Madrasah dan Non Madrasah’, Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 15(1), pp. 36–53. Available at: https://doi.org/10.31332/atdbwv15i1.3499.
Mandasari, B. et al. (2022) ‘Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Active Learning Bagi Siswa-Siswi Ma Ma’Arif 9 Kotagajah Lampung Tengah’, Journal of Empowerment Community, 4(2), pp. 46–55. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.36423/jec.v4i2.950.
Nurhayati, S. and Erviana, Y. (2024) ‘Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Presentasi Akademik: Evaluasi Dari Berbagai Aspek Kualitas Penyampaian Dan Interaksi’, Consilium: Education and Counseling Journal, 4(2), pp. 185–200. Available at: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4688.
Pratiwi, N. and Murtini, M. (2024) ‘Pelatihan Peningkatan Kecakapan Berbahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIBSA, 1(1), pp. 25–31.
Purnamawati, N.H. and Abbas, N. (2024) ‘Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen’, PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 2(3), pp. 17–26. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.59966/pandu.v2i3.1198.
Ramadhan, I. (2024) ‘Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Active Learning Berbasis Aplikasi Quizizz Mode True Or False di SMA Swasta Mujahidin Pontianak’, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), pp. 847–856. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.390.
Rokhayatun, R. (2021) ‘Penggunaan Metode Pembelajaran Active Learning Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Drama pada Siswa Kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Praya Tahun Pelajaran 2018/2019’, JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 6(2), pp. 67–75. Available at: https://doi.org/10.58258/jupe.v6i2.2737.
Suparya, I.K. (2021) ‘Penerapan Pendekatan Whole Language dalam Kemampuan Berbahasa Indonensia Siswa Sekolah Dasar’, Wacana Akademik: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), pp. 121–129.
Tusyadiah, H., Jannah, R. and Gusmaneli (2024) ‘Mengoptimalkan Pengalaman Belajar Melalui Penerapan Strategi Dan Implementasi Yang Efektif’, Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 1(04), pp. 663–669.
Ummah, Y.H. (2021) ‘Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia’, Jurnal Mubtadiin, 7(1), pp. 175–184.
Vygotsky, L.S. (1978) Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.
Zai, M.P., Sumaryoto and Suendarti, M. (2024) ‘Pengaruh Lingkungan Sosial dan Penguasaan Kosakata terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia ( Survei pada SMP Negeri di Kabupaten Nias )’, Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), pp. 330–341. Available at: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v7i2.22782.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um080v5i22024p50-59
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Editorial:
Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312 psw 298,
email: jtmp@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/JP2T/index
E-ISSN 2686-1232
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.