Implementasi Prinsip Andragogi pada Pembelajaran di LKP Surabaya Hotel School

Rizka Rahmawati

Abstract


Pendidikan adalah pintu utama untuk menyiapkan generasi masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa. Oleh sebab itu, pendidikan mengambil peranan penting dalam membentuk skill dan kemampuan baik melalui pembelajaran formal, non formal maupun informal sehingga bisa menunjang keterampilan dan kompetensi peserta didik dan mampu bersaing di dunia kerja. Pendidikan non formal sering kali dipilih untuk meningkatkan kualitas diri peserta didik karena berfokus pada praktik dan pengalaman. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Surabaya Hotel School dipilih sebagai tempat penelitian karena sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan prinsip andragogi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan andragogi dan proses pengambilan data menggunakan wawancara mendalam serta dokumentasi. Pengumpulan, reduksi, penampilan, verifikasi, dan penarikan kesimpulan adalah proses yang digunakan untuk melakukan analisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip andragogi dapat diterapkan dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Hal ini dapat diketahui melalui: 1) Pemahaman yang mendalam tentang materi perhotelan dan hubungannya dengan kondisi lapangan kerja, 2) Kemampuan untuk melakukan praktik kerja dan menggunakan fasilitas yang tersedia, dan 3) Sikap selama di kelas sebagai gambaran sikap bekerja. Ada 3 capaian hasil yaitu: 1) Prinsip Andragogi dapat diimplementasikan pada pelaksanaan pembelajaran, 2) Peningkatan kompetensi peserta didik di LKP Surabaya Hotel School, dan 3) Peningkatan kompetensi peserta didik LKP Surabaya Hotel School dengan mengimplementasikan prinsip andragogi.

Keywords


prinsip andragogi, pendidikan non formal, kompetensi, lembaga kursus dan pelatihan

Full Text:

PDF

References


Amirullah., 2003. Alat Evaluasi Keterampilan. Jakarta: Depdiknas.

Afriana, R., W. & S., 2018. Hubungan Komunikasi Interpersonal Tutor dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris Paket B Kelas VIII di PKBM Sakido. Spektrum: Jurnal Pendiidkan Luar Sekolah, 6(1), pp. 104-114.

Aini, W., Setiawati, S. & Pamungkas, A., 2019. The Creativity of the Early Childhood Education’s Teachers in Creating an Animation Media Web-Based in Koto Tangah Padang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), pp. 127-134.

Apriani, D. & Ansori, A., 2018. Upaya Pengelola LKP Srikandi dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Peserta Tatabusana melalui Pendekatan Andragogi. Jurnal Comm-Edu, 1(2), pp. 1-10.

Ayuni, S., Febriyanti, W., Ermaini, S. D. & Maharani, E., 2023. Studi Literatur: Kontribusi Kompetensi Andragogi Pamong Belajar terhadap Pendidikan Kesetaraan Paket C. Modeling, 10(3), pp. 318-324.

B, M. M. & Michael, H. A., 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. s.l.:Sage Publicatios.

D., 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Darkenwald, G. G. & Merriam, S. B., 1982. Adult Education: Foundations of Practice. New York: Harper Collins.

Dewi, C., 2018. Efektivitas Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Baebunta. Jurnal Konseps, 7(1), pp. 12-22.

Egi, A., 2023. Penerapan Prinsip-Prinsip Andragogi dalam Proses Pembelajaran Paket C di PKBM Rahmaht Oshada Kota Bengkulu. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(2), pp. 1-11.

Hiryanto., 2017. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), pp. 65-71.

Hamalik, O., 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, H., 2016. Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), pp. 1-26.

Hurlock, E. B., 1980. Developmental Psychology: A Life Span Approach. New York: McGraw-Hill.

Hutapea, P. & Toha, N., 2008. Kompetensi Plus : Teori, Desain, Kasus, dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Knowles, M. S., 1979. The Modern Practice Adult Education: Andragogy Versus Pedagogy. New York: Association Press.

Latifah, S. L. D. N. & Roesminingsih, M. V., 2018. Penerapan Pendekatan Andragogi pada Pembelajaran Private Class untuk Membentuk Keterampilan Berbicara di LKP Professional Broadcasting School. JurPlus, 7(1), pp. 1-8.

Lunandi, A. G., 1993. Pendidikan Orang Dewasa: Sebuah Uraian Praktis untuk Pembimbing, Penatar, Pelatih, dan Penyuluh Lapangan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Malik, H. K., 2008. Teori Belajar Andragogi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Inovasi, 5(2), pp. 1-16.

Meliana, A. T., 2020. Implementasi Prinsip-Prinsip Andragogi dalam Proses Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di PKBM Karya Manunggal Yogyakarta. JSCE: Journal of Society and Continuing Education, pp. 8-21.

Mildawati, T. & Tangngareng, T., 2024. Jenis-Jenis Pendidikan (Formal, Nonformal dan Informal) dalam Perspektif Islam. Vifada Journal of Education, 2(1), pp. 1-28.

Moleong, L. J., 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, H. E., 2016. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nopaldi, A. & Setiawati, S., 2018. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Warga Binaan pada Keterampilan Menjahit di Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi Solok. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(4), p. 398–407.

Novitasari, N., Z. & Listyaningrum, R. A., 2022. Proses Pembelajaran Andragogis dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di Lembaga Kursus Menjahit. Jurnal Pendidikan Nonformal, 17(2), pp. 86-96.

Novrianti, R. & Aini, W., 2020. Relationship Between Andragogy Trainer Competencies with Motivation with The Motivation to Learn training Third Public Speaking Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(4), pp. 1-10.

Puspita, R. H., 2019. Pengaruh Konsep Diri, Pengalaman, dan Motivasi terhadap Kompetensi Kewirausahaan Peserta Disik di Lembaga Kursus dan Pelatihan terhadap Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas, 14(2), pp. 1-10.

Raharjo, T. J. & Suminar, T., 2019. Penerapan Pedagogi dan Andragogi pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C di Kota Semarang. Edukasi, 13(1), pp. 1-18.

Rogers, C. R., 1951. Client Centered Therapy. Boston: Houghton Mifflin Company.

Slameto., 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono., 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Santika, R. R. & Diana, A., 2021. Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kader PKK dalam Penggunaan Aplikasi Komputer dengan Metode Andragogi RAMP 2 FAME di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru. Jurnal Pengabdi, 4(1), pp. 44-54.

Sari, E., 2020. Implementasi Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Andragogi pada Warga Belajar di PKBM Ronaa Metro. Lampung: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Saripadillah, F. & ‘Ain, W., 2023. Relationship Between Instructor Andragogy Competency and Learning Outcomes of English Training Participants at LKP Hazika Education Centre Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), pp. 1-9.

Sayuti, M. I., 2020. Penerapan Konsep Andragogi pada Pembelajaran Online sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Wahana Didaktika, 20(2), pp. 310-320.

Setiawati, R. I. & Shofwan, I., 2023. Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran. Lifelong Education Journal, 3(1), pp. 40-59.

S., Ramanto, M. & Zahri, W., 1991. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud RI.

Sukmana, C., 2023. Model Pelatihan CEFE (Competency Based Economies Through Formation of Enterprises) dalam Meningkatkan Kemandirian UMKM. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.

Sulfemi, W. B., 2018. Modul Manajemen Pendidikan Non Formal. Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

White, R. W., 1959. Motivation Reconsidered: The Concept of Competence. Psychologycal Review, 66(5), pp. 297-333.

Yani, N. & Mardliyah, S., 2024. Analisis Implementasi Program Pendidikan Nonformal untuk Anak Negeri di Sanggar Alang-Alang Surabaya. Jurnal Pendidikan Nonformal, 19(1), pp. 44-54




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um041v19i22024p101-113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Nonformal

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Licenseweb
stats View My Stats