EFEKTIFITAS PELATIHAN MANAJEMEN STRES PADA MAHASISWA

Gamma Rahmita Ureka Hakim, Farah Farida Tantiani, Pravissi Shanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pelatihan manajemen stres sebagai tindakan pencegahan untuk meminimalkan efek negatif dari stres.pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal terkait materi yang disampaikan selama pelatihan. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen berupa one group pre test, post test design. Pelatihan dilakukan selama dua hari  dengan subyek penelitian sebanyak 80 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di Universitas Negeri Malang. Di ukur secara pre test, di beri perlakukan kemudian diberi post test. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah 1) Definisi Stress, faktor penyebab; (2) Gejala-gejala Stress dan pengaruh stress dalam kehidupan sehari-hari; dan (3) Coping stress (4) simulasi dengan melakukan role play dan teknik relaksasi  Setelah seluruh proses dilakukan, dilakukan post test dan di hitung perbedaan nilai meannya. Analisis dilakukan dengan paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 <alpha (0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan manajemen stress ini tergolong efektif bagi mahasiswa. Mereka dapat memahami materi yang disampaikan dan ke depan dapat mempraktekkannya secara mandiri. Berdasarkan hasil pelatihan ini, disarankan untuk melakukan pelatihan dalam jangka waktu yang lebih lama dan continue agar peserta lebih terampil untuk menjalankan strategi-strategi coping stress.

Kata kunci : pelatihan management stress, mahasiswa

Doi : http://dx.doi.org/10.17977/um023v6i22017p076


References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta

Markam, S. 2003. Pengantar Psikologi Klinis. Jakarta: UI Press

Schafer, W. 2000. Stres Management for Wellness. California: Thompson Inc

Taylor, S.E. 1995. Health Psychology. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

Kirkpatrick &Kirkpatrick. 2007. Implementing the Fourlevels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Program. San Fransisco: Berrett-Koehler Publishers, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sains Psikologi






Reference Manager : 

     

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.