Sendiri Saat Pandemi: Peran Kecerdasan Emosi terhadap Stres pada Mahasiswa Rantau

Doddy Hendro Wibowo, Monica Geaby R. Kojongian

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan mahasiswa rantau mengalami keterbatasan
dan berakibat pada kondisi stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
adakah pengaruh kecerdasan emosi terhadap stres pada mahasiswa
rantau pada masa pandemi Covid-19. Metode pengambilan sampel dengan
teknik quota sampling, melibatkan 141 mahasiswa rantau di Kota Salatiga.
Penelitian ini menggunakan Perceived Stress Scale dan Skala Kecerdasan
Emosi. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,052 (p lebih
dari 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara
kecerdasan emosi terhadap stres pada mahasiswa rantau di saat pandemi
Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Andreou, E., Alexopoulos, E. C., Lionis, C., Varvogli, L., Gnardellis, C., Chrousos, G. P., & Darviri, C. (2011). Perceived Stress Scale: Reliability and Validity Study in Greece. International Journal of Environmental Research and Public Health, 8(8), 3287–3298. https://doi.org/10.3390/ijerph8083287

Ansori, R. R., & Martiana, T. (2017). Hubungan Faktor Karakteristik Individu dan Stres Kerja pada Perawat Gigi. The Indonesian Journal of Public Health, 12(1), 75–84. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i1.2017.75-84

Apriani, F., & Listiyandini, R. A. (2019). Kecerdasan Emosi sebagai Prediktor Resiliensi Psikologis pada Remaja di Panti Asuhan. PERSONA: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 325–339. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2248

Birks, Y., McKendree, J., & Watt, I. (2009). Emotional Intelligence and Perceived Stress in Healthcare Students: A Multi-institutional, Multi-professional Survey. BMC Medical Education, 9(1), 61. https://doi.org/10.1186/1472-6920-9-61

Calvarese, M. (2015). The Effect of Gender on Stress Factors: An Exploratory Study among University Students. Social Sciences, 4(4), 1177–1184. https://doi.org/10.3390/socsci4041177

Cejudo, J., Rodrigo-Ruiz, D., López-Delgado, M. L., & Losada, L. (2018). Emotional Intelligence and Its Relationship with Levels of Social Anxiety and Stress in Adolescents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(6), 1073. https://doi.org/10.3390/ijerph15061073

Felix, T., Marpaung, W., & Akmal, M. E. (2019). Peranan Kecerdasan Emosional pada Pemilihan Strategi Coping pada Mahasiswa yang Bekerja. PERSONA: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39–56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2377

Forushani, N. Z., & Besharat, M. A. (2011). Relation between Emotional Intelligence and Perceived Stress among Female Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 1109–1112. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.216

Foster, K., Fethney, J., Kozlowski, D., Fois, R., Reza, F., & McCloughen, A. (2018). Emotional Intelligence and Perceived Stress of Australian Pre-registration Healthcare Students: A Multi-disciplinary Cross-sectional Study. Nurse Education Today, 66, 51–56. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.04.001

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Gohm, C. L., Corser, G. C., & Dalsky, D. J. (2005). Emotional Intelligence under Stress: Useful, Unnecessary, or Irrelevant? Personality and Individual Differences, 39(6), 1017–1028. https://doi.org/10.1016/j.paid.2005.03.018

Gupta, R., Singh, N., & Kumar, R. (2017). Longitudinal Predictive Validity of Emotional Intelligence on First Year Medical Students Perceived Stress. BMC Medical Education, 17(1), 139. https://doi.org/10.1186/s12909-017-0979-z

Hadjam, M. N. R. (2003). Peranan Kepribadian dan Stres Kehidupan terhadap Gangguan Somatisasi. Jurnal Psikologi, 30(1), 36–56. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7031

Kountul, Y. P. D., Kolibu, F. K., & Korompis, G. E. C. (2019). Hubungan Jenis Kelamin dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. KESMAS, 7(5), 1–7. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/22558

Mahmud, R., & Uyun, Z. (2017). Studi Deskriptif mengenai Pola Stress pada Mahasiswa Praktikum. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 52–61. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4970

Manita, E., Mawarpury, M., Khairani, M., & Sari, K. (2019). Hubungan Stres dan Kesejahteraan (Well-being) dengan Moderasi Kebersyukuran. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(2), 178–186. https://doi.org/10.22146/gamajop.50121

Molero-Jurado, M. del M., Pérez-Fuentes, M. del C., Oropesa Ruiz, N. F., Simón Márquez, M. del M., & Gázquez Linares, J. J. (2019). Self-efficacy and Emotional Intelligence as Predictors of Perceived Stress in Nursing Professionals. Medicina, 55(6), 237. https://doi.org/10.3390/medicina55060237

Nindyati, A. D. (2020). Kecerdasan Emosi dan Stres Akademik Mahasiswa: Peran Jenis Kelamin sebagai Moderator dalam Sebuah Studi Empirik di Universitas Paramadina. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.25505

Pahlevi, G. R., & Salve, H. R. (2019). Regulasi Emosi dan Resiliensi pada Mahasiswa Merantau yang Tinggal di Tempat Kos. Jurnal Psikologi, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2263

Putri, A. A., & Haryanto. (2019). Perbedaan Kecerdasan Emosional pada Mahasiswa yang Mengikuti UKM Musik dan Mahasiswa yang Mengikuti UKM Non-Musik. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(2), 119–126. https://doi.org/10.22146/gamajop.46358

Ranasinghe, P., Wathurapatha, W. S., Mathangasinghe, Y., & Ponnamperuma, G. (2017). Emotional Intelligence, Perceived Stress and Academic Performance of Sri Lankan Medical Undergraduates. BMC Medical Education, 17(1), 41. https://doi.org/10.1186/s12909-017-0884-5

Raoult, D., Zumla, A., Locatelli, F., Ippolito, G., & Kroemer, G. (2020). Coronavirus Infections: Epidemiological, Clinical and Immunological Features and Hypotheses. Cell Stress, 4(4), 66–74. https://doi.org/10.15698/cst2020.04.216

Rufaida, H., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Rantau dari Sumatera di Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 6(3), 217–222. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/19751

Schutte, N. S., Malouff, J. M., Hall, L. E., Haggerty, D. J., Cooper, J. T., Golden, C. J., & Dornheim, L. (1998). Development and Validation of A Measure of Emotional Intelligence. Personality and Individual Differences, 25(2), 167–177. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(98)00001-4

Situmorang, G. C. I., & Desiningrum, D. R. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Coping Stress pada Mahasiswa Tingkat Pertama Jurusan Musik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jurnal EMPATI, 7(3), 1112–1118. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/21867

Taylor, S. (2019). The Psychology of Pandemics: Preparing for the Next Global Outbreak of Infectious Disease. Newcastle: Cambridge Scholars Publishing.

Tuasikal, A. N. A., & Retnowati, S. (2019). Kematangan Emosi, Problem-Focused Coping, Emotion-Focused Coping dan Kecenderungan Depresi pada Mahasiswa Tahun Pertama. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(2), 105–118. https://doi.org/10.22146/gamajop.46356

Tyas, W. C., & Savira, S. I. (2017). Hubungan antara Coping Stress dengan Subjective Well-Being pada Mahasiswa Luar Jawa. Character: Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(2), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/19940




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v11i12022p1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Sains Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Reference Manager : 

     

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.