Hubungan Resiliensi dan Perceived Social Support dengan Stres Akademik Saat Pembelajaran Daring pada Mahasiswa

Annisa Rezky Surya Ikhwaningrum, Munawir Yusuf, Rahmah Saniatuzzulfa

Abstract


Pandemi Covid-19 yang terjadi menyebabkan mahasiswa harus beradaptasi untuk melakukan pembelajaran secara daring dan menghadapi banyaknya kendala pembelajaran daring. Hal tersebut dapat menjadi stressor yang akan menghambat proses pembelajaran sehingga memengaruhi proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi hubungan antara resiliensi dan perceived social support dengan stres akademik saat pembelajaran daring; (2) mengidentifikasi hubungan resiliensi dengan stres akademik saat pembelajaran daring; dan (3) mengidentifikasi hubungan perceived social support dengan stres akademik saat pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan sampel disproportionate random sampling. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa sebanyak 168 orang. Terdapat tiga skala yang digunakan, yaitu skala stres akademik (rx sama dengan 0,866), skala resiliensi (rx sama dengan 0,935), dan skala perceived social support (rx sama dengan 0,856). Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara resiliensi dan perceived social support dengan stres akademik pada mahasiswa (sig. sama dengan 0,000 kurang dari 0,05 dan R square sama dengan 0,102), dengan kekuatan hubungan yang rendah (R sama dengan 0,319). Selain itu, terdapat kontribusi resiliensi dan perceived social support dengan stres akademik sebesar 10,2 persen, terdapat hubungan yang signifikan antara resiliensi dengan stres akademik (sig. sama dengan 0,000 kurang dari 0,05) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perceived social support dengan stres akademik (sig. sama dengan 0,588 lebih besar dari 0,05). Resiliensi memberikan sumbangan efektif sebesar 10,2 persen.

Full Text:

PDF

References


Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Asy’ari, M. U., Bukhori, B., & Ma’shumah, L. A. (2019). The Effect of Quality of School Life and Resilience on Academic Stress in Students. Jurnal Psikologi Integratif, 7(2), 185–198. https://doi.org/10.14421/jpsi.v7i2.1765

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 491–498. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12285

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa STIKER Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59–67. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641

Banstola, I., Banstola, R. S., & Pageni, S. (2020). The Role of Perceived Social Support on Academic Stress. Prithvi Academic Journal, 111–124. https://doi.org/10.3126/paj.v3i1.31290

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800

Centers for Disease Control and Prevention. (2020, February 11). COVID-19 and Your Health. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/faq.html

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113

Dewayani, T. (2020, March 31). Bekerja dari Rumah (Work From Home) Dari Sudut Pandang Unit Kepatuhan Internal. Artikel DJKN. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13014/Bekerja-dari-Rumah-Work-From-Home-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html

Gadzella, B. M. (1994). Student-Life Stress Inventory: Identification of and Reactions to Stressors. Psychological Reports, 74(2), 395–402. https://doi.org/10.2466/pr0.1994.74.2.395

Glozah, F. N. (2013). Effects of Academic Stress and Perceived Social Support on the Psychological Wellbeing of Adolescents in Ghana. Open Journal of Medical Psychology, 2(4), 143–150. https://doi.org/10.4236/ojmp.2013.24022

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804

Herrman, H., Stewart, D. E., Diaz-Granados, N., Berger, E. L., Jackson, B., & Yuen, T. (2011). What is Resilience? The Canadian Journal of Psychiatry, 56(5), 258–265. https://doi.org/10.1177/070674371105600504

Lim, M. T. A. F., & Kartasasmita, S. (2019). Dukungan Internal atau Eksternal; Self-Compassion dan Perceived Social Support Sebagai Prediktor Stres. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(2), 551–562. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i2.1587

Nindyati, A. D. (2020). Kecerdasan Emosi dan Stres Akademik Mahasiswa: Peran Jenis Kelamin sebagai Moderator dalam Sebuah Studi Empirik di Universitas Paramadina. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.25505

Procentese, F., Capone, V., Caso, D., Donizzetti, A. R., & Gatti, F. (2020). Academic Community in the Face of Emergency Situations: Sense of Responsible Togetherness and Sense of Belonging as Protective Factors against Academic Stress during COVID-19 Outbreak. Sustainability, 12(22), 9718. https://doi.org/10.3390/su12229718

Rahmawati, S., Indriayu, M., & Sabandi, M. (2017). Pengaruh Tekanan Akademik terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/bise.v3i2.16450

Saputra, T. A. (2020). Bentuk Kecemasan dan Resiliensi Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Yogyakarta dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 55–61. https://doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.2941

Trigueros, R., Padilla, A. M., Aguilar-Parra, J. M., Rocamora, P., Morales-Gázquez, M. J., & López-Liria, R. (2020). The Influence of Emotional Intelligence on Resilience, Test Anxiety, Academic Stress and the Mediterranean Diet. A Study with University Students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6), 2071. https://doi.org/10.3390/ijerph17062071

Utami, C. T., & Helmi, A. F. (2017). Self-Efficacy dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 25(1), 54–65. https://doi.org/ 10.26539/teraputik.41294

Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.26539/teraputik.41294

Wijaya, P. N., Pamungkas, N. A. M., & Pramesta, D. K. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi dan School From Home. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu 2020, 2. http://proceeding.semnaslp3m.unesa.ac.id/index.php/Artikel/article/view/85/74

Wilks, S. E. (2008). Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. Advances in Social Work, 9(2), 106–125. https://doi.org/10.18060/51

World Health Organization. (2020, February 12). COVID-19 Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) Global research and innovation forum. https://www.who.int/publications/m/item/covid-19-public-health-emergency-of-international-concern-(pheic)-global-research-and-innovation-forum

World Health Organization. (2021, May 13). Coronavirus disease (COVID-19). https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/coronavirus-disease-covid-19

Yumba, W. (2010). Academic Stress: A Case of the Undergraduate students [Undergraduate thesis, Linköping University, Linköping, Sweden]. http://urn.kb.se/resolve?urn=urn:nbn:se:liu:diva-81902

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived Social Support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v11i12022p50-61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Sains Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Reference Manager : 

     

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.