Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Peningkatan Efikasi Diri Akademik pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company
Bandura, A. (1993). Perceived Self-Efficacy in Cognitive Development and Functioning. Educational Psychologist, 28, 117-148. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2802_3
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Baron, R. A. & Bryne, D. (2004). Psikologi Sosial, jilid 1 (Ratna Djuwita, Trans.). Jakarta: Erlangga. (2003).
Corey, G. (2007). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi (E. Koeswara, Trans.). Bandung: Refika Aditama.
Dwitantyanov, A., Hidayati, F. & Sawitri, D. R. (2010). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa (Studi Eksperimen pada Mahasiwa Fakultas Psikologi Undip Semarang). Jurnal Psikologi Undip, 8(2), 135-144. Diambil dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2958/2644
Elfiky, I. (2009). Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman.
Ertyastuti, A. J., Andayani, T. R. & Priyatama, A. N. (2011). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif terhadap Asertivitas Remaja Panti Asuhan. Jurnal Wacana. Diambil dari https://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/25
Ghufron, M. N. & Risnawita, R. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Penerbit ArRuzz Media.
Halida, A. (2007). Pelatihan Berpikir Positif untuk Meningkatkan Penerimaan Diri pada Remaja Difabel (Master’s thesis). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.
Leigh, D. (2006). The Group Trainer’s Handbook: Designing and Delivering Training for Groups (3rd ed.). London and Philadelphia: Kogan Page.
Lestari, A. (1997). Pelatihan Berpikir Positif Untuk Menangani Sikap Pesimis dan Gangguan Depresi. Jurnal Psikologi, 24(2). Diambil dari https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/9982
Mathis, R. L. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Moekijat. (1990). Evaluasi Pelatihan dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Perusahaan. Bandung: Mandar Maju.
Mustaqim, R. (2010). Hubungan antara Kemandirian dengan Self Efficacy pada Mahasiswa: Studi Deskriptif-Analitik terhadap Mahasiswa UPI Angkatan 2008 (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.
Myers. D. G. (1989). Psychology (6th ed.). New York: Worth Publisher, Inc.
Noe, R., A. (2002). Employee Training and Development (2nd ed.). New York: McGraw-Hill Higher Education.
Nugroho, Obed Agung. (2007). Hubungan antara self-efficacy, penyesuaian diri dan prestasi akademik mahasiswa. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, XXXI(02), 55-65. Diambil dari http://repository.widyamandala.ac.id/id/eprint/668
Pedoman Pendidikan Universitas Airlangga 2011/2012. (2011). Surabaya: Universitas Airlangga.
Penerimaan Mahasiswa Baru, Masa Pendampingan, Training
Pengembangan Diri. (2010, Agustus). Diambil dari https://psikologi.unpad.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru-masa-pendampingan-training-pengembangan-diri/
Pervin, L. A. & John, O. P. (2001). Personality: Theory and Research (8th ed.). New York: John Wiley and Sons.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja, 6th ed. (Shinto B. Adelar & Sherly Saragih, Trans.). Jakarta: Erlangga.
Seligman, M. E. P., Steen, T. A., Park, N. & Peterson, C. (2005). Positive Psychology Progress: Empirical Validation of Interventions. Journal of American Psychologist, 60(5), 410-421. DOI: 10.1037/0003-066X.60.5.410
Seligman, M. E. P. (1991). Learned Optimism. New York: Alfred A. Knopf Publisher.
Silberman, M. L. & Auerbach, C. (2006). Active Training: A Handbook of Techniques, Designs, Case Examples, and Tips. San Francisco: Feiffer.
Susetyo, Y. F. (2004). Perubahan Perilaku Mengajar yang Humanis Guru Sekolah Dasar Setelah Menjalani Pelatihan Berpikir Positif (Laporan penelitian). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.
Wardani, D. S. K. (2012). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2). Diambil dari http://journal.unair.ac.id/filerPDF/110710233_3v.pdf
Warsito, H. (2004). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, 14(2).
Warta Unair, No. 94. (2013, Agustus). Surabaya: Universitas Airlangga.
Wijaya, I. P. (2012). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orangtua dan Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Perkuliahan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14
White, John Wesley. (2008). Tantangan-Tantangan Sosiolinguistik pada Kesuksesan para Mahasiswa. Universitas Colorado.
Yulia, Yuyun Vina. (2010). Efektivitas Pelatihan AMT (Achievement Motivation Training) dengan Pendekatan Spiritual terhadap Peningkatan Efikasi Diri Mahasiswa Tingkat Awal dalam Penyesuaian Akademik (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia). Diambil dari http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4311/
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v10i22021p118-135
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Sains Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Reference Manager :
Aliansi:
Plagiarism Checker :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.