Efektivitas Play Therapy dalam Menurunkan Kecemasan pada Pasien Anak di Rumah Sakit
Abstract
Penelitian meta-analisis ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas play therapy terhadap perasaan cemas anak yang dihospitalisasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah meta analisis dan mengacu pada panduan checklist PRISMA 2020. Meta-analisis dilakukan pada sebelas jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang sudah ditetapkan. Total partisipan dari meta-analisis ini berjumlah 595 partisipan. Hasil dari penelitian meta-analisis ini didapatkan dari pengolahan data mean, standard deviation, dan jumlah sampel. Perhitungan dengan menggunakan aplikasi JAMOVI memperoleh hasil effect size sebesar 1,75 (95 persen CL sama dengan 0,690 sampai 2,817), I2 (inconsistency) sebesar 96,51 persen dan Egger’s Regression yang menunjukkan p sama dengan 0,001 kurang dari 0,05. Hasil perhitungan ini memiliki arti bahwa pengaplikasian play therapy memberikan efek yang besar untuk mengurangi perasaan cemas pada anak dihospitalisasi.
Full Text:
PDFReferences
Adriana, D. (2013). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Amanu, M. A. (2015). Manajemen Pengembangan Bakat Minat Siswa di MTS Al-Wathoniyyah Pedurungan Semarang [Undergraduate thesis, UIN Walisongo, Semarang, Indonesia]. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4976/
Badan Pusat Statistik. (2019). Profil Anak Indonesia 2018. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/25/2147/profil-anak-indonesia-tahun-2018
Card, N. A. (2012). Applied Meta-Analysis for Social Science Research. New York: Guilford Press.
Dalei, S. R., Nayak, G. R., & Pradhan, R. (2020). Effect of Art Therapy and Play Therapy on Anxiety Among Hospitalized Preschool Children. Journal of Biomedical Sciences, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.3126/jbs.v7i2.34006
Davidson, B., Satchi, N. S., & Venkatesan, D. L. (2017). Effectiveness of Play Therapy Upon Anxiety Among Hospitalised Children. International Journal of Advance Research, Ideas and Innovations in Technology, 3(5), 441–444.
Dayani, N. E., Budiarti, L. Y., & Lestari, D. R. (2015). Terapi Bermain Clay Terhadap Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi Di RSUD Banjarbaru. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/dk.v3i2.592
Dewi, D. R., Lestari, A., & Vellyana, D. (2020). The Effect of Therapy Containing Puzzle on Decreasing Anxiety of Hospitalized Children Aged 3–6 Years. 27, 413–415. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200723.105
Forouzandeh, N., Drees, F., Forouzandeh, M., & Darakhshandeh, S. (2020). The Effect of Interactive Games Compared to Painting on Preoperative Anxiety in Iranian Children: A Randomized Clinical Trial. Complementary Therapies in Clinical Practice, 40, 101211. https://doi.org/10.1016/j.ctcp.2020.101211
Gazestan, E. M., Heydari, A., Makvandi, B., & Moradimanesh, F. (2021). The Effect of Group Play Therapy on Anxiety in Children Diagnosed with Leukemia. Preventive Care in Nursing & Midwifery Journal, 11(2), 49–55. https://doi.org/10.52547/pcnm.11.2.49
Gordon, B. K., Jaaniste, T., Bartlett, K., Perrin, M., Jackson, A., Sandstrom, A., Charleston, R., & Sheehan, S. (2011). Child and Parental Surveys About Pre-hospitalization Information Provision. Child: Care, Health and Development, 37(5), 727–733. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2010.01190.x
Hurlock, E. B. (1993). Perkembangan Anak (M. Tjadrasa, Trans.; 6th ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.
Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Pakusari Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31537/jecie.v3i1.482
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Padila, P., Agusramon, A., & Yera, Y. (2019). Terapi Story Telling dan Menonton Animasi Kartun terhadap Ansietas. Journal of Telenursing (JOTING), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joting.v1i1.514
Patel, K., Suresh, V. M., & Ravindra, H. N. (2014). A Study to Assess the Effectiveness of Play Therapy on Anxiety Among Hospitalized Children. IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), 3(5), 17–23. https://doi.org/10.9790/1959-03531723
Paul, M., Das, N., & Sahoo, P. (2020). Effectiveness of Play Therapy during Hospitalization in reducing Anxiety among 6-12 Years Children in the Selected Tertiary Hospital at Bhubaneswar. Journal of Advanced Research in Psychology & Psychotherapy, 3(3 & 4), 8–14. https://doi.org/10.24321/2581.5822.202008
Pelander, T., & Leino-Kilpi, H. (2010). Children’s Best and Worst Experiences During Hospitalisation. Scandinavian Journal of Caring Sciences, 24(4), 726–733. https://doi.org/10.1111/j.1471-6712.2010.00770.x
Putri, B. H. D., Kapti, R. E., & Handayani, T. (2016). Efektifitas Permainan Boneka Tangan Terhadap Penurunan Ketakutan Anak Hospitalisasi pada Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di RSUD Dr. R. Koesma Kabupaten Tuban. Majalah Kesehatan FKUB, 3(3), Article 3.
Reza, M., & Idris, M. (2018). Efektifitas Terapi Bermain (Mewarnai) Terhadap Penurunan Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di Ruang Melati RSUD Kota Bekasi. Afiat, 4(02), Article 02.
Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup) (5th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Santrock, J. W. (2010). Remaja (11th ed.). Jakarta: Erlangga.
Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain di Rumah Sakit: Penerapan Terapi Bermain Anak Sakit; Proses, Manfaat dan Pelaksanaannya. Ponorogo: Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).
Schaefer, C., & Millman, H. L. (1981). How to Help Children with Common Problems. New York: Van Nostrand Reinhold.
Schulte, E. B., Price, D. L., Gwin, J. F., & Thompson, E. D. (2005). Thompson’s Pediatric Nursing: An Introductory Text (9th ed.). St. Louis: Elsevier Saunders.
Stuart, G. W. (2012). Buku Saku Keperawatan Jiwa (5th ed.). Jakarta: EGC.
Susanti, R., & Saraswati, D. A. S. (2017). Perbedaan Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Sebelum dan Sesudah Dilakukan Terapi Bermain pada Anak yang Menjalani Hospitalisasi di Ruang Anak Rumah Sakit Umum (RSUD) Tangerang Selatan Tahun 2016. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 1(3), Article 3.
Syarif, S., Helena, N., & Setiawan, A. (2016). Menurunkan Kecemasan Anak Usia Sekolah Selama Hospitalisasi Dengan Terapi Bermain All Tangled Up. Journal of Islamic Nursing, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/join.v1i1.3514
Yati, M., Wahyuni, S., & Islaeli, I. (2017). The Effect of Storytelling in a Play Therapy on Anxiety Level in Pre-school Children During Hospitalization in the General Hospital of Buton. Public Health of Indonesia, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.36685/phi.v3i3.134
Yusuf, S. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v11i22022p155-164
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Sains Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Reference Manager :
Aliansi:
Plagiarism Checker :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.