Pengembangan Buku Panduan Guru untuk Pembelajaran PKn SD/MI melalui Berbagai Model Cooperative Learning

Fattah Hanurawan, Budi Eko Soetjipto

Abstract


Pemahaman sebagian besar guru SD dan MI di Jawa Timur dalam mengimplementasikan berbagai pendekatan pembelajaran yang berorientasi siswa masih kurang memadai. Berpijak pada urgensi pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) melalui berbagai model  pembelajaran kooperatif maka diperlukan buku panduan guru dalam pembelajaran PKn SD/MI melalui berbagai model cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model-model cooperative perlu diterapkan dalam pembelajaran PKn di SD / MI. Hasil penelitian juga menghasilkan buku panduan guru untuk pembelajaran PKn SD/MI melalui berbagai model cooperative learning.


Full Text:

PDF

References


Hanurawan, F. 1996. Teachers’ Attitudes about the Role of Multicultural Studies in Reducing Students’ Prejudice. Burwood, Melbourne: Deakin University.

Hanurawan, F. and Waterworth, P. 1999. The Challenge to Indonesian Social Studies Education in Teaching Democratic Values. Multicultural Perspectives in Indonesian Social Studies Education Curriculum. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5, Special Edition, 382-392.

Hanurawan, F. & Waterworth, P. 2007. Teachers’ Perception about Developing Critical Thinking (Comparative Case Studies Between Indonesia and Australia). Malang: Universitas Negeri Malang.

Hanurawan, F. dan Soetjipto, B.E. 2007. School Observation in Victoria. Burwood, Victoria.

Hanurawan, F. dan Soetjipto, B.E. 2007. Penelitian tentang Pemahaman Guru SD Peserta Diklat Sertifikasi tentang Penerapan Metode Belajar Aktif. Malang.

Hanurawan, F. dan Soetjipto, B.E. 2008. Penelitian tentang Pemahaman Guru MI Peserta Diklat Sertifikasi dalam Jabatan tentang Penerapan Metode Belajar Aktif. Malang.

Soetjipto, B.E. 2006. Pemahaman Guru SD Situbondo tentang Penerapan Metode Belajar Aktif. Situbondo.

Waterworth, P.G. & Duangpaeng, A 1998. The spirit of cooperation: using cooperative learning strategies in teacher education in Australia and Thailand. Paper presented at the fourth UNESCO-ACEID International Conference, Bangkok, November.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v1i22009p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sains Psikologi






Reference Manager : 

     

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.