PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 LUMAJANG DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA

Arinta Nursetyasari, Sudjiono Sudjiono, Ike Dwi Astuti

Abstract


ABSTRAK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN V Lumajang ditinjau dari tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua. Subjek penelitian sebanyak 103 siswa diambil dengan tehnik simple random sampling. Data nilai rapor smester ganjil 2014/2015 dan sedangkan data pendidikan orang tua dikumpulkan dengan tehnik dokumentasi, Sedangkan dat pola asuh orang tua digunakan skala pola asuh,orang tua dengan tingkat reliabelitas sebesar 0,725 Teknik diskriptif dan two way anova digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini. Hasil analisis diskriptif diperoleh informasi bahwa; (1) sebagian besar prestasi belajar siswa dalam kategori rendah, (2) sebagian besar tingkat pendidikan orang tua siswa adalah pendidikan dasar yakni lulus SD dan SMP; (3) sebagian besar siswa kelas mendapatkan pola asuh yang bersifat negatif yaitu pola asuh neglect, otoriter, dan indulgent. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditemukan bahwa (1) tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua; (2) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari ke duanya yakni pola asuh dan pendidikan orang tua.

Kata Kunci: tingkat pendidikan orang tua, pola asuh orang tua, prestasi belajar

DOI : http://dx.doi.org/10.17977/um023v7i22018p143


Full Text:

PDF

References


Dasmo, Nurhayati, & Marhento, G. (2012). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Formatif, (Online), 2 (2): 132-139, (http://journal.lppmunindra.ac.id), diakses 20 Maret 2016.

Flecha, A. (2012). Family education improve student's academic performance: Contributions from European Research. Multidisciplinary Journal of Educational Research, (Online), 3 (2): 301-321, (http://hipatiapress.com), diakses 30 Maret 2016.

Gafoor, A. & Kurukkan, A. (2014). Construction and validation of scale of parenting style. Journal of Behavioral and Social Sciences, (Online), 2 (4), (http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED553154.pdf), diakses 20 Januari 2016.

Hamalik, O. (2002). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru

Hurlock, E.B. (1997). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang masa Edisi Kelima. Terjemahan Istiwidayanti & Soedjarwo. 1980. Jakarta: Erlangga.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Online), (http://badanbahasa.kemdikbud.go.id), diakses 18 November 2015.

Kean, P.E.& Davis. (2005). The influence of parent education and family income on child achievement: The Indirect Role of Parental Expectations and the Home Environment. Journal of Family Psychology, (Online), 19 (2): 294-304, (http://www.rcgd.isr.umich.edu), diakses 30 Maret 2016.

Papalia, D.E. (2008). Human development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata,S. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta. RajaGrafindo Persada (Rajawali Press)

Wildayati, Isna & Atik. (2012). Pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar studi PAI di SMP Negeri 1 Ambarawa Kab. Semarang tahun ajaran 2011/2012. Semarang: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Ummah, A (2015). Kisah anak buruh cuci yang jadi doktor di Jepang.. (Online), (http://nasional.tempo.co/read/news/), diakses 10 Nopember 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sains Psikologi






Reference Manager : 

     

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.