PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI PEMBELAJARAN KECAKAPAN SOSIAL BAGI ANAK USIA DINI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bermaksud mengkaji permainan tradisional yang dilaksanakan pada di luar ruangan (outdoor) sebelum pelajaran dalam kelas dimulai padaTaman Kanak-kanak Budi Mulia II Condong Catur Sleman Yogyakarta bagi pembelajaran kecakapan sosial. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan proses bermain bagi para peserta didik adalah proses belajar andiri untuk mengembangkan kecakapan sosial.
Kata-kata kunci: permainan tradisional, pembelajaran, kecakapan sosial,anak usia dini.
Full Text:
PDFReferences
Kartono, K. 1990. Psikologi Anak. Psikologi Perkembangan, Bandung: Mandar Maju.
Mussen, P. H. 1994. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Arcan.
Rahma, H S. 2002. Konsep Dasar Pendidikan Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.
Singer, D.G., R.M.Golinkoff, & K.Hirsh-Pasek (Eds.), 2006, Play = Learning, How Play Motivates and Enhances Children’s Cognitive and Social-Emotional Growth. Oxford: Oxford University Press.
Lincoln, YS & Guba, E.1985. Naturalistic Inquiry, Beverly Hills: Sage Publications.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v3i12014p%25p
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Sains Psikologi
Reference Manager :
Aliansi:
Plagiarism Checker :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.