PENGGUNAAN STRATEGI SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

Aji Bagus Priyambodo

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penggunaan strategi self management untuk meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa baru. Subjek penelitian adalah 20 mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang memiliki self-regulated learning kategori rendah dan sangat rendah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 16 for windows dengan menggunakan independent samples t test, dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t = 6,071 dengan signifikansi = 0,00. Signifikansi  0,00 < 0,05, maka penggunaan strategi self management dapat meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa baru. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan self-regulated learning yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan pada kelompok kontrol.

 

Kata-kata kunci : strategi self management, self-regulated learning


Full Text:

PDF

References


Ayu, D.R. 2010. Perbedaan self-regulated learning mahasiswa ditinjau dari persepsi terhadap pola asuh orang tua. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Christensen, L.B. 1988. Experimental methodology. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc.

Cormier, W. H. 1985. Interviewing strategies for helper fundamental skill and cognitive behavioral interventions second editions. Monterey California: Publishing Company.

Mezei, G. 2008. Motivation and self-regulated learning: a case study of a pre-intermediate and an upper intermediate adult student. WoPaLP Journal, 2, 79-104

Ormrod, J. 2008. Psikologi pendidikan edisi keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sujianto, A. E. 2009. Aplikasi statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Yani, N. 2009. Penggunaan strategi self management dalam membantu meningkatkan kebiasaan belajar yang baik pada siswa kelas VII A SMPN Mojosari. Skripsi tidak diterbitkan. PPB FIP Universitas Negeri Surabaya

Yen, L. 2005. Predictors of self-regulated learning in secondary smart schools and the effectiveness of Self Management tool in improving self regulated learning. Tesis tidak diterbitkan. Universiti Putra Malaysia.

Young, M.R. 2005. The motivational effects of the classroom environment in facilitating self-regulated learning. Journal of Marketing Education, 27 (1), 25-40.

Zimmerman, B. J. 1990. Self-regulated learning and academic achievement: an overview. Educational psychologist Journal, 25(1), 3-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um023v5i12015p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Sains Psikologi






Reference Manager : 

     

Aliansi:

     


Plagiarism Checker :

 

 

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.