IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA PENDIDIKAN TINGGI: EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi proses implementasi metode pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada pendidikan tinggi. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa dalam kelas mata kuliah psikologi belajar tahun 2018, berjumlah 72 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes prestasi. Data diambil setelah subjek diberi perlakuan metode pembelajaran PBL. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-eksplanatif. Hasil tes prestasi menunjukkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan. Hasil analisis deskriptif-eksplanasi menunjukkan bahwa pada awalnya mahasiswa masih belum mampu untuk merepresentasikan masalah, belum dapat menggunakan teori yang tepat untuk menganalisis kasus, dan belum dapat menyelesaikan persoalan yang diberikan. Setelah adanya tambahan proses latihan pembelajaran kognitif tingkat tinggi (Higher Order Thingking), mahasiswa menjadi lancar dalam melaksanakan proses PBL. Penelitian ini memaparkan bahwa dalam PBL perlu adanya perencanaan yang matang, yaitu disesuaikan dengan karakteristik dan pengalaman awal mahasiswa mengenai student active learning agar hasil lebih optimal.
Kata Kunci: evaluasi proses pembelajaran; mahasiswa; problem-based learning
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Maudsley, G. (1999). Do we all mean the same thing by “problem-based learning”? A review of the concepts and a formulation of the ground rules. Academic Medicine, 74(2), 178–185. http://dx.doi.org/10.1097/00001888-199902000-00016
Newman, M. (2003). A pilot systematic review and meta-analysis on the effectiveness of problem-based learning. London: Campbell Collaboration Systematic Review Group. Retrieved from http://www.medev.ac.uk/static/uploads/resources/pbl_report.pdf
Savery, J. R. (2006). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 9–20.
Semiawan, C. (1999). Pendidikan Tinggi, Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang Hayat Seoptimal Mungkin. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Torp, L. & Sage, S. (2002). Problems as possibilities: Problem-based learning for K–16 education (2nd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Kontruksivisme: Teori dan Apikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Purbalingga: Alfabeta
Wulandari, B. & Surjono, H.D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), 178-191.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Sains Psikologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Reference Manager :
Aliansi:
Plagiarism Checker :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.