Tachlīlu Manhaji Kitābati al-‘Arabiyyah fī Kurrāsati ath-Tharīqti al-Chamīdiyyati fī Tachsīni al-Kitābati al-I’tiyādiyyati
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (العربية)References
Alpiah, S., & Wikanengsih, W. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa SMK. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.22460/p.v2i2p%p.2678
Amrullah, A. Y., Fauzi, M., & Sarifudin. (2021). Peningkatan Keterampilan Kitabah Melalui Khat Riq’ah dengan Manhaj Hamidi di Sekolah Kaligrafi AL-Qur’an (SAKAL) Jombang. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/edulab.2021.61.04
Amrulloh, A. Y. (2021). Aplikasi “Kitabahku” Berbasis Android Untuk Pembelajaran Kitabah Khat Naskhi. Semnasbama, 5(0), Article 0. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/811
Anas, M. C. (2022). Aplikasi Metode Abajadun dan Tahsinul Kitabah dalam Pembelajaran Kaligrafi Arab: Studi Kasus di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an PP. Mambaul Maarif Denanyar Jombang. IAI Tribakti Prosiding Dan Seminar Nasional, 1(1), Article 1. https://prosiding.uit-lirboyo.ac.id/index.php/psnp/article/view/78
Baroroh, R. U., & Rahmawati, F. N. (2020). Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 179–196. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v9i2.181
Chudaifi, M. A. R. A., & Mujib, Z. (2022). Peran SAKAL dalam Penyebaran Kaligrafi Arab Bermanhaj Taqlidy Hamidi. Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. http://www.tifani.org/index.php/tifani/article/view/16
Dariyadi, M. W., & Huda, A. M. dan I. S. (2021). Pelatihan Sablon Kaos Digital Kaligrafi Arab. Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Article 1. http://www.tifani.org/index.php/tifani/article/view/7
Dzikri, M. F. F. (2020). Istikhdam Kitab Kasykul fi Ta’lim Qawaid al-Khat al-Araby bi Jamiah Maulana Malik Ibrahim al-Islamiyah al-Hukumiyah Malang [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/19706/
Edison, M. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Muroja’ah Pada Siswa Kelas I B di Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Bangkalan [Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Surabaya]. http://repository.um-surabaya.ac.id/1504/
Fadholi, A. K., & Amrulloh, A. Y. (2022). Ta’lim al-Khat al-Araby fi Ma’had al-Masduqiyah al-Islami: Musykilatunu wa hululuhu. http://journal-pasca.um.ac.id/index.php/joc/article/view/30
Hamidi, B. (2018). Kurrasah Al-Thariqah al-Hamidiyah fi Tahsin al-Kitabah al-I’tiyadiyah. Syamil Qur’an.
Hijriyah, U., Zulhannan, Z., Nufus, Z., & Aridan, M. (2022). Pengembangan Media Strip Story Bergambar Terhadap Pembelajaran Mahârah Al-Kitâbah. Arabi : Journal of Arabic Studies, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24865/ajas.v7i2.490
Huda, N. (2017). Implementasi Jenis Khat Naskhi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.032-06
Kismono, J. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa SD. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(2), Article 2. https://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/ksatra/article/view/390
Kuraedah, S. (2015). Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31332/atdb.v8i2.412
Marganingsih, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Teks Lagu Dengan Metode Latihan Terbimbing. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/kredo.v6i1.8256
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. Sage Publication.
Mujib, Z. (2021). Kontribusi Karya Syeikh Belaid Hamididalam Pengembangan Pendidikan Kaligrafi Islam di Sakal (Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an) Denanyar Jombang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 2014–2018. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1246
Mukminin, R. A., Wardani, D. K., & Waslah, W. (2022). Efektivitas Metode Hamidi Terhadap Prestasi Belajar Khat Arab Siswa Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (Sakal) Denanyar Jombang. DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32764/dinamika.v7i1.2305
Mustofa, D. (2019). Kemampuan Bahasa Arab Dalam Pandangan Perilaku Keagamaan dan Kemampuan Menulis Arab (Khat). DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.58577/dimar.v1i1.23
Nasution, Z. (2020). Metode Pembelajaran Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Al-Fatih, 3(1), 173–184. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/85
Natalita, R. K., & Situngkir, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Dengan Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas 1 Sd. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.22460/collase.v2i1.3084
Ni’mah, K. (2019). Khat Dalam Menunjang Kemahiran Kitabah Bahasa Arab. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.52166/dar
Nur, M. (n.d.). Buku Panduan Khot Kelas 1 KMI. Darussalam Press.
Nur, M. (2016, September 25). Kaligrafi dan Lunturnya Sebuah Identitas. Hamidionline. https://hamidionline.net/kaligrafi-dan-lunturnya-identitas/
Nurhidayati, L., Asiyah, A., & Zubaidah, Z. (2021). Perbedaan Hasil Hafalan Al-Qur’an Siswa Yang Menggunakan Metode Takrir Dengan Metode Kitabah. Journal of Primary Education (JPE), 1(1), Article 1. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/jpe/article/view/4404
Nurlaili, N., Ritonga, M., & Mursal, M. (2020). Muroja’ah Sebagai Metode Manghafal Al-Quran: Studi Pada Rumah Tahfiz Yayasan Ar-Rahmah Nanggalo Padang. Menara Ilmu, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.31869/mi.v14i2.1995
Putri, N. (2012). PROBLEMATIKA MENULIS BAHASA ARAB. Al-Ta lim Journal, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/jt.v19i2.19
Rahayu, J. R. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Kapital pada Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1332
Rathomi, A. (2019). Imla’ Manzhur Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Sekolah Dasar. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 2(1), Article 1. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/44
Rifqiana, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Tantangan Melalui Koreksi Berpasangan Pada Siswa Kelas IX SMP. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 253–257. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2850
Rimasasi, D. S., & Astutik, A. P. (2021). Integrasi Akhlak Islami Dalam Seni Teater. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 19(1), Article 1. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/955
Saputri, D. A., Robandi, B., & Heryanto, D. (2020). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Huruf Cetak Kelas I SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i3.30036
Sholihah, I. (2018). Tathbiq al-Ta’lim bi Istikhdam Kitab “Tahsin al-Kitabah al-I’tiyadiyah” li Tarqiyati Maharah Kitabah al-Khat bi Madrasah al-Mutawashithah al-Islamiyah Jabal Nur Sidoarjo [Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/27240/
Sirin, M. al-Din. (1993). Hat San’atimiz: Shun’atuna al-Khattiyah. Tarikhuha, Lawazimuha, wa Adawatuha, Namadzijuha. Dar al-Taqodum li al-Thiba’ah wa al-Nasyr.
Suhaeti, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Menulis Pengumuman Sederhana Melalui Metode Pemberian Tugas (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas Vi Semester II SD Negeri Buahkapas Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.25157/je.v5i1.256
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um056v7i1p122-138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ahmad Yasir Amrulloh, Atho'illah Ato'illah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
AL-ARABI is indexed by:
Editorial Office:
Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language
Arabic Department, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang (UM)
Jalan Semarang 5, Malang 65145, Indonesia.
Telephone: (0341) 551312 Ext. 239. Fax (0341) 567475.
E-mail: alarabi@um.ac.id

Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/