PETUNJUK BAGI PENULIS

PETUNJUK BAGI PENULIS

Abstract


FORMAT DAN ATURAN PENULISAN ARTIKEL

PROSIDING TEKNIK SIPIL

[batas maksimum judul 12 kata, ukuran huruf 16pt, bold, rata tengah, 1 spasi]

 

Penulis Pertama¹, Penulis Kedua² dan Penulis Ketiga³

[Nama penulis disebutkan tanpa gelar, Ukuran huruf 12pt, bold, rata tengah, 1 spasi]

 

¹Instansi penulis pertama, email:(10pt, Times New Roman, Rata kiri, Italic, 1 spasi)

²Instansi penulis kedua, email: (10pt, Times New Roman, Rata kiri, Italic, 1 spasi)

³Instansi penulis ketiga, email: (10pt, Times New Roman, Rata kiri, Italic, 1 spasi)

 

Abstrak: Setiap makalah harus dimulai dengan suatu abstrak sepanjang kira-kira 350 kata dan diikuti dengan kata kunci. Disarankan abstrak ditulis dalam satu bahasa yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (sesuai isi makalah). Abstrak harus berupa suatu penjelasan ringkas dari problem, pendekatan, hasil dan kesimpulan dari pekerjaan yang dilakukan. Isi dari abstrak mencakup latar belakang, tujuan, metode yang digunakan, hasil dan kesimpulan. Abstrak selalu dilengkapi dengan kata kunci, yang jumlahnya tidak lebih dari 5 kata kunci.  

[abstrak ditulis dengan Times New Roman, 10pt, Justify, Reguler, 1 spasi]

 

Kata kunci: (memuat ide-ide atau konsep dasar yang mewakili bidang yang diteliti, terdiri dari 3-5 frasa/kata)

 

  1. 1.      PENDAHULUAN

Jumlah halaman bagian pendahuluan maksimal dua halaman artikel. Berisi studi literatur yang terkait dengan isi manuscript, menjelaskan apa-apa yang telah diteliti dan dilaporkan orang lain dengan merujuk pada jurnal, prosiding, buku, bab dari buku dengan banyak penulis, majalah, surat kabar dan lain-lain. Penyusun daftar pustaka disusun secara alfabetis menggunakan aturan Harvard Style.

Selain itu, pendahuluan berisi kerangka atau outline dari manuscript yang dipaparkan secara singkat, misalnya bahwa terkait dengan studi literatur telah dilakukan pengamatan dengan rentang lain parameter dengan model yang dimodifikasi. Sehingga terdapat keterkaitan dan relevansi antara permasalahan yang diteliti dengan studi literatur tersebut. Sehingga nantinya dapat digunakan sebagai landasan ataupun dasar dalam membahas isu di lapangan dengan mengkomparasikan studi literatur yang dipaparkan.

[ditulis dengan Times New Roman, 12pt, Justify, Reguler, 1 spasi]

 

  1. 2.      METODE

Bagian ini memaparkan tentang semua yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian secara jelas dan rinci, terkait dengan rancangan penelitian, data penelitian, dan analisis data penelitian. Bagian ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam substansi makalah sebagai tolak ukur untuk mengetahui cara maupun teknik yang digunakan penulis dalam memecahkan isu maupun permasalahan yang diangkat.

[ditulis dengan Times New Roman, 12pt, justify, Reguler, 1 spasi]

NB: penulisan diagram alir penelitian harus sesuai dengan format aturan penulisan flowchart, berbeda dengan penulisan alur penelitian/konsep berpikir.

 

  1. 3.      HASIL

Bagian ini memaparkan hasil bersih analisis data. Paparan hasil dalam bentuk tabel, bagan atau gambar harus bermakna dan mudah dipahami. Tabel, bagan atau gambar tidak boleh berisi data mentah yang masih dapat diolah.

NB: hasil harus merujuk perpoint berdasarkan rumusan masalah di dalam penelitian

 

Contoh penulisan Tabel dan Gambar (untuk penulisan gambar/tabel yang belum tertera pada template ini harap disesuaikan dengan format penulisan sesuai pedoman Karya Tulis Ilmiah UM 2017)

 

Tabel 1. Jumlah Populasi

Type I

Type II

Type III

Type IV

Type V

Type VI

Development area 1

12

123

24

46

Development area 2

14

12

25

32

Development area 3

18

16

21

45

       

[Judul tabel disajikan dengan font Times New Roman, rata kiri, 11 pt, 1 spasi, penomoran urut mulai Tabel 1., Tabel 2., Tabel 3. dst. Penomoran tabel harus diBold. Isi tabel menggunakan huruf Times New Roman 10pt/11pt.]

 

 

Gambar 1. Universitas Negeri Malang

[Judul gambar disajikan dengan font Times New Roman, rata tengah, 11 pt, 1 spasi, penomoran urut mulai Gambar 1., Gambar 2., Gambar 3. dst. Penomoran gambar harus diBold, Gambar diharapkan tidak berwarna (hitam-putih)]

 

Bila ada persamaan, diharapkan menggunakan Equation Editor sehingga dapat mengurangi kesalahan apabila dilakukan pemformatan ulang atas naskah. Persamaan ditulis dengan font Times New Roman, rata kiri, besar huruf 11pt.

Contoh :

 

………………………………………………………………… pers.1

 

  1. 4.      PEMBAHASAN

Bagian ini berisikan mengenai hasil-hasil yang didapatkan dengan menggunakan metode yang telah diterangkan dalam bagian sebelumnya. Bagian ini dapat berisikan tabel dan gambar. Dalam penyusunan prosiding seminar nasional ini, para penulis dihimbau untuk menyampaikan hal yang menarik pada penelitiannya sehingga batasan penulisan halaman ini dapat dipenuhi.

[ditulis dengan Times New Roman, 12pt, Justify, Reguler, 1 spasi]

NB: pembahasan harus merujuk perpoint berdasarkan rumusan masalah di dalam penelitian

 

  1. 5.      SIMPULAN

Tuliskan hasil kesimpulan anda pada bagian ini. Singkat tetapi jelas, dan jangan mengulang terlalu banyak hal-hal yang ada pada bagian hasil dan pembahasan. Akan tetapi, rangkumkan. Bagian ini maksimal 3 paragraf.

[ditulis dengan Times New Roman, 12pt, Justify, Reguler, 1 spasi]

 

  1. 6.      DAFTAR RUJUKAN

Daftar rujukan berisi semua yang dirujuk dalam teks yang berasal dari sumber yang relevan. Daftar rujukan yang digunakan harus mutakhir, minimal 80% merupakan rujukan 10 tahun terakhir.

Ditulis menggunakan referencing software (Mendeley/Zotero). Format ditulis sesuai dengan aturan Harvard Style.

 

Contoh penulisan daftar rujukan sesuai sumber :

Jurnal

Clark, L.A., Kochanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its     interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of     Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

Prosiding

Spreer, P., Rauschnabel, P.A. (2016, September). Selling with technology: Understanding the resistance to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 240-263. doi:10.1080/08853134.2016.1208100

Buku

Baxter, C. (1997). Race equality in health care and education. Philadelphia: Balliere       Tindall.

Artikel atau bab dalam buku yang diedit

Eiser, S., Redpath, A., & Rogers, N. (1987). Outcomes of early parenting: Knowns     and unknowns. In A. P. Kern & L. S. Maze (Ed.). Logical thinking in children (pp.     58-87). New York: Springer.

Artikel majalah

Greenberg, G. (2001, August 13). As good as dead: Is there really such a thing as     brain death? New Yorker, 36-41.

Artikel surat kabar

Crossette, Barbara. (1990, January 23). India lodges first charges in arms Scandal.     New York Times, A4.

Artikel/jurnal di website

Ramli, Faskal. 2014. Penggunaan Terpal dan Grid Bambu sebagai Alternatif Perbaikan Tanah terhadap Penurunan Pondasi Dangkal pada Tanah Gambut. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, (Online) 2 (3): 343-349, (ejournal.unsri.ac.id), diakses 5 Juni 2017.

 

 

NB :

-          Naskah berukuran A4(21 cm x 29.7 cm), dengan batas atas-bawah-kanan-kiri 3cm. diketik menggunakan Microsoft Word.

-          Total halaman artikel adalah 8 s/d 15 lembar (dari judul s/d poin ke 6).


Full Text:

WORD


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um071v27i12022p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats