Pengembangan Buku Suplemen Teks Cerita Fantasi untuk Penanaman Nilai Antiradikalisme Siswa SMP Kelas VII

Yuliya Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tentang proses pengembangan buku suplemen teks cerita fantasi untuk penanaman nilai antiradikalisme siswa SMP kelas VII, (2) Mendeskripsikan kualitas produk buku suplemen teks cerita fantasi untuk penanaman nilai antiradikalisme siswa SMP kelas VII. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model Four D (4-D) yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek uji coba penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Larangan Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2015/ 2016. Untuk uji coba I (terbatas) dilakukan pada 12 orang siswa, dan uji coba II (luas) dilakukan pada 20 orang kelas VII8. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket, lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data melalui validasi, angket dan pengamatan. Penganalisisan data dilakukan melalui data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian kualitas buku suplemen meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan diperoleh dari validasi ahli materi yang ahli dibidangnya. Hasil kepraktisan dari hasil keterlaksanaan RPP dengan presentase 82% berkategori baik respon siswa dengan presentase 87% berkategori sangat baik, dan respon guru dengan presenatse 84% berkategori baik. keefektifan buku suplemen dilihat dari aktivitas siswa 84% dengan kategori baik dan aktivitas guru dengan presentase 87% berkategori sangat baik, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 90% tuntas dengan kategori sangat baik. Dengan demikian buku suplemen teks cerita fantasi untuk penanaman nilai antiradikalisme siswa SMP Kelas VII mencapai kevalidan sangat  baik, praktis, dan sangat efektif sehingga dapat digunakan.


Full Text:

PDF

References


Daftar pustaka

Alwi, Hasan, Soenjono dardjowidjojo, Hans Lapoliwa, dan Anton M. Moeliono. 2003 (cetakan keenam). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Azra, Azyumardi. 1996. Pergolakan Politik Islam: Dari Fundamentalisme, Modernisme Hingga Post Modernisme. Jakarta: Paramadina.

Arif, Rahman. 2015. Tesis Pascasarjana UNESA dengan judul “Pengembangan Buku Suplemen Teks Cerpen Berorientasi Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Saintific Siswa SMP Kelas VII”.

Aderus, Andi. 2011. Karakteristik Pemikiran Salafi Di Tengah Aliran-Aliran Pemikiran Islam. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Akker, J. Van Den. 1999. Principle Aand Methode Of Development Rearch. Di unduh:http://projek.edt.unwente.nl/smaternet/vesion2/cabinet.ico.design.principle.pdf

BSNP. 2009. Instrumen Penilaian Tahap 1 Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah.(http:www.sibi.or.id. diakses 20 Nopember 2015).

Common, Ground. 1990. Book 1: In Introduction To Genre-Based Writing. Annandale: Common Ground

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gama Media.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Grafindo

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W dan Carey, L. 1990. The Sistematic Design Of Intruction: Third Edition. USA: Harper Collins Publisher.

Fikri Bariska, Hanif. 2015. Tesis Pascasarjana UNESA dengan judul “Pengembangan Buku Suplemen Komik dalam Pembelajaran Menulis Narasi dengan Menggunakan Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar”.

Finoza, Lamudin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia

Ibrahim, Abdul Syukur. 2009. Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismaun. 1991. Diktat mata kuliah MKDU pancasila. Bandung: IKIP Bandung

Jamhari, dan Jajang Jahrowi. 2004. Gerakan Salafi Radikal di Indonesia. Jakarta: PPIM-raja Wali Pers.

Kemendikbud. 2016. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/ SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbud.

Kartomihardjo, Soeseno. 1993. “Analisis Wacana dengan Penerapannya Pada Beberapa Wacana” dalam Pellba 6 (Penyunting Bambang Kaswanti Purwo). Jakarta: Raja wali Press.

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia

Manteri Pendidikan Nasional. 2014. Penilaian Buku Non Teks Pelajaran. (http://puskurbuk.net/web13/).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v2i22018p176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License