PERSUASIF IKLAN KECANTIKAN WARDAH PADA MEDIA CETAK DAN MEDIA TELEVISI

Kezia Grace Lumban Batu

Abstract


Penelitian ini mengkaji penggunaan persuasif pada iklan kecantikan Wardah, baik di media cetak maupun di media televisi yang mencakup gaya bahasa persuasif, teknik persuasif, dan komposisi iklan yang digunakan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa persuasif, teknik persuasif, dan komposisi iklan yang diterapkan di media cetak dan media televisi. Hal tersebut dilakukan karena kedua media memiliki daya persuasif yang berbeda dan eksistensi kekuatan bahasa dalam memengaruhi emosi dan tindakan calon konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Data berupa paparan verbal hasil transkrip dokumen dan tuturan rekaman yang memuat iklan kecantikan Wardah pada media cetak dan media televisi. Berdasarkan hal tersebut, gaya bahasa meliputi gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan perulangan; teknik yang digunakan meliputi teknik rasionalisasi, kompensasi, dan konfromitas; dan komposisi iklan, baik sesuai maupun melanggar teori komposisi.

Kata Kunci: gaya bahasa persuasif, teknik persuasif, komposisi iklan, iklan


Full Text:

PDF

References


Agustrijanto. (2001). Copywrting: Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Keraf, G. (2001). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, T. G. (2015). Buku Induk Bahasa Indonesia: Pantun, Puisi, Syair, Peribahasa, Gurindam dan Majas. Yogyakarta: Araska.

Nur, M. A. S. (2016). Bahasa Persuasif dan Teknik Persuasif pada Iklan Kosmetik di Televisi. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Pujiyanto. (2013). Dialektika Estetik Desain Periklanan. Malang: Surya Pena Gemilang.

Purwanto, D. (2006). Komunikasi Bisnis: Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rani, A., Bustanul A dan Martutik. (2013). Analisis Wacana: Tinjauan Deskriptif. Malang: Surya Pena Gemilang.

Suprakisno, S. (2015). Analisis Multimodal Iklan “Indomie”. Jurnal BAHAS, 26 (1): 25-34.

Sutherland, M dan Sylvester, A. K. (2005). Advertising and The Mind of The Consumer: Bagaimana Mendapatkan Untung Berlipat Lewat Iklan yang Tepat. Terjemahan Setia Bangun. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan Dilengkapi Sampel Iklan Terbaik Kelas Dunia. Yogyakarta: Andi.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Teti, D. S. R. (2015). Analisis Teknik Persuasi dan Gaya Bahasa Iklan Pepsodent di Media Televisi. Naskah Publikasi. Surakarta: Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tinarbuko, S. (2013). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Tri, S. R. (2015). Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa dalam Iklan Bisnis. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Ummah, F. (2018). Teknik Persuasif dan Bahasa Iklan dalam Iklan Gojek di Youtube. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Usman, H & Punomo S. A. (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Angkasa.

Wintala, S. A. (2015). Buku Induk Mahir Bahasa dan Sastra Indonesia: Pedoman Praktis Menulis dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i22019p195-210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License