Keefektifan Aplikasi Sastra Cyber dalam Pembelajaran Ilmu Sastra
Basri Basri
Abstract
Tidak dipungkiri perkembangan teknologi telah menyentuh segala bidang, termasuk dalam perkembangan ilmu sastra. Hal ini menyebabkan terjadi beragam perubahan dalam kehidupan sastra. Perubahan ini dapat terlihat dalam genre sastra. Dalam hal kesusastraan, Sastra Indonesia turut menggunakan teknologi dan informasi dalam hal perkembangan dan pengajarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana keefektifan Aplikasi Sastra Cyber dalam proses Pembelajaran Ilmu Sastra. Penelitian ini menggunakan Mix Method yang dikembangkan oleh Crashwell. Responden penelitian adalah mahasiswa program studi Sastra Inggris yang sedang menempuh semester 3 dan memprogramkan Mata Kuliah Dasar-dasar Ilmu Sastra.
Suyitno, Imam. 2017. Reconstruction of Basic Knowledge on Learning BIPA for Developing Professionalism of BIPA Teachers, dalam IJRDO-Journal of Educational Research, Volume-2, Issue-2, February,2017, Paper- 17(Artikel dalam jurnal) Fitriani, Laily. 2011. Sastra Cyber di Indonesia. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra.
Septrianai, Hilda. 2016. Fenomena Sastra Cyber: Sebuah Kemajuan atau Kemunduran?. Prosiding Seminar Nasional Sosiologi Sastra. Universitas Indonesia.
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya Indonesian Language, Literature, and Learning Journal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN :2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017