PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MEDIA VIDEO ANIMASI PERISTIWA SOSIAL BERMUATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI

Yuni Dewi Shinta, Evi Chamalah, Meilan Arsanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan menyusun teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dan media video animasi peristiwa sosial bermuatan pendidikan multikultural pada peserta didik kelas VIII J SMP Negeri 3 Mranggen. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, maka diketahui bahwa peserta didik kelas VIII J SMP Negeri 3 Mranggen mengalami peningkatan dalam keterampilan menyusun teks eksplanasi pada siklus II.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharjono, dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Hanum, Farida dan Sisca Rahmadonna. 2010. “Implementasi Model Pembelajaran Multikultural di Sekolah Dasar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol. 3. No. 1. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Sisca%20Rahmadonna,%20S.Pd.,%20M.Pd./Artikel%20Multikultur%202009. Diuduh pada 8 Februari 2017.

Ibrahim. 2013. “Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Jurnal ADDIN, Vol. 7. No. 1. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/download/573/586. Diunduh pada 10 Februari2017.

Saleh, M. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Melalui Model STAD pada Siswa SMA”. BRILIANT-Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 1. No. 1. http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php. Diunduh pada 9 Februari 2017.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ting, Yvonne M. Campbellb, Lily Lawc and Hong-Hua Poh. 2013. Explanations Without a Purpose? Genre-Based Instructions and academic writing. Journal of Academica Language & Learning, Vol.7. No. 1.https://www.academia.edu/4035113/Explanations_without_a_purpose_Genre-based_instruction_and_academic_writing. Diunduh pada 8 Februari 2017.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widyastutik, Muslimin Ibrahim, dan Madewi Mulyanratna. 2014. Penerapan Model Problem Based Instructions (PBI) pada Tema Pencemaran Air untuk Melatih Keterampilan Penyelesaian Masalah. Jurnal Pendidikan Sains e- Press, Vol. 2 No. 1. http://ejournal.unesa.ac.id/article/9139/37/article. Diunduh pada 31 Januari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v1i22017p059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License