PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MIND MAPPING DI MAN 1 ACEH TIMUR

Rusmiati Rusmiati

Abstract


Menulis teks eksposisi belum memperoleh nilai yang maksimal sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal sekolah. Sehingga diperlukan suatu metode untuk memudahkan siswa yaitu dengan mind mapping. Memperoleh hasil peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi melalui mind mapping merupakan tujuan dari penelitian. MAN 1 Aceh Timur menjadi tempat penelitian. Sebanyak 18 siswa kelas X MIA 1 pada tahun ajaran 2021/2022 menjadi subjek dalam penelitian. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan desain penelitian melalui empat langkah penelitian yaitu perencanaan (plan), Tindakan (action), pengamatan (observasi) dan refleksi melalui dua siklus. Tes dan observasi menjadi instrument dalam penelitian. Analisis data dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menghitung nilai rata-rata kelas menggunakan persentase ketuntasan secara klasikal. Siswa yang mendapatkan nilai KKM ≥75 dinyatakan tuntas. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks eksposisi melalului mind mapping di MAN 1 Aceh Timur pada siklus I sebesar 55,55%% atau 10 siswa dengan kategori kurang. Sedangkan setelah diberikan siklus II menunjukkan hasil sebesar 100% atau 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan  kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi melalui mind mapping dapat meningkat.

References


Aminah, S., & Aminah, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN 1 Sarolangun. Jurnal Pendidikan Guru, 2(4), 33–42. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/view/192

Andhika, M. R. (2020). Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Min 8 Aceh Barat. JURNAL EDUSCIENCE, 7(1), 28–33. https://doi.org/10.36987/jes.v7i1.1771

Anggraini, B. L. S., Wendra, W., & Putrayasa, I. B. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Murder Menulis Teks Eksposisi Kelas X IPB Di Madrasah Aliyah Negeri Patas Tahun Ajaran 2016-2017. Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Undiksha, 7(2), 1–11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/12037

Bahri, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Metode Mani Mapping. Jurnal Ilmiah SARASVATI, 3(1), 33–45. https://doi.org/10.26618/jk.v3i2.391

Ernawati, S. D., Kurniawan, P. Y., & Ubaedillah. (2019). Keefektifan Metode Time Token Arends Dan Mind. Jurnal SEMANTIKA, 1(01), 55–62. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika

Irna, Tone, K., & Andriani. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Synergetic Teaching Siswa Kelas X SMAN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju. Journal Peqguruang Conference Series, 1(September), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35329/jp.v2i2.1646

Marisya, S. (2020). Korelasi Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Ekasakti Padang. Jurnal JIPS, 4(3), 165–170. http://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JIPS/article/view/434

Mascita, D. E. (2021). Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN Cirebon dan Upaya Kuratif Pembelajaran Menggunakan Whatsapp. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 127–139. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i2.4302

Miranda, M., Sobari, T., & Abdurrokhman, D. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII Di SMP. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan …, 3(6), 929–938. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/5590

Resmi, & Tansliova, L. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Di SMK Prama Arta Kabupaten Simalungun. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(2), 49–62. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/680

Rosmaya, E. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok di SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 111. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.999

Ruslan, H. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa kelas X TESHA SMK Negeri 3 Makassar Hasnur Ruslan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 7(1), 144–156. https://www.e-journal.my.id/onoma/article/view/613

Suhendi, U., Gunawan, R., & Sobari, T. (2019). Upaya Peningkatkan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Metode Discovery Pada Kelas VIII SMP. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 203–208. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2669

Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus : Upaya-Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 19(1), 113–130. https://doi.org/10.15408/kordinat.v19i1.17178




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v6i22022p268-280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License