KARAKTERISTIK STIMULUS DAN RAGAM TES ASESMEN APRESIASI SASTRA DALAM BUKU AJAR BIPA SAHABATKU INDONESIA

Aswan Aswan, Titik Harsiati, Imam Agus Basuki

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik stimulus dan ragam soal asesmen apresiasi sastra yang digunakan dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia. Penelitian ini penting untuk dilakukan untuk memberi gambaran karakteristik asesmen dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia. Buku ajar tersebut merupakan buku ajar BIPA yang paling populer dan telah dikaji dalam berbagai perpektif. Meskipun demikian, aspek yang belum dikaji adalah asesmen sehingga penelitian ini memiliki urgensi dan kebaruan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik dokumentasi. Adapun tahapn pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan buku, membaca, mencatat, dan mereviu. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis model analisis interaktif. Data penelitian ini adalah buku Sahabatku Indonesia yang bersumber dari laman Badan Bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulus soal yang digunakan antara lain audio, gambar, video, dan narasi teks. Stimulus soal tersebut diintegrasikan dengan batang kode (barcode) beserta transkripnya. Adapun ragam soal yang digunakan juga memunculkan karakteristik tersendiri, yaitu tes uraian, pilihan ganda, dan performansi-produk yang dilakukan dengan mengacu pada keterampilan berbahasa dan dikemas melalui unit-unit sastra. Penggunaan asesmen apresiasi sastra dalam buku Sahabatku Indonesia merepresentasikan aktivitas prakegiatan, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.


References


Adhi, M. K. (2015). Asesmen Otentik dalam Pembelajaran Sastra: Suatu Kajian Pustaka. Aksara, 27(2), 217-227.

Aswan, A. (2021). Pembelajaran Berbicara Berbantuan Komik Strip untuk Pembelajar BIPA Korea Selatan. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 17(1), 19-33. https://doi.org/10.33633/lite.v17i1.4483

Aswan, A. (2023). Permainan Truth or Dare Berbantuan Spin The Wheel: Strategi Pembelajaran Berbicara untuk Pemelajar BIPA Korea Selatan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 1-14.

Brown, H, Douglas and Priyanvada Abeywickrama. 2010. Language Assessment Principles and Classroom Practices (Second Edition). Pearson Education, Inc.

Cahyono, B. E. H., & Mulyaningsih, I. (2022). Learning Model Based on Creativity Development In Improving Literature Appreciation Ability (Model Pembelajaran Berbasis Pengembangan Kreativitas dalam Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Sastra). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 13-21.

Fadliyatis, K., Harsiati, T., & Hasanah, M. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Keterampilan Menulis Teks Cerpen dan Teks Fabel untuk Siswa SMP/MTs yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 421-427.

Ghabanchi, Z., & Doost, H. A. (2012). The relationship between emotional intelligence and literary appreciation. Journal of International Education Research (JIER), 8(1), 41-48. https://doi.org/10.19030/jier.v8i1.6694

Handayani, L., & Isnaniah, S. (2020). Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Sahabatku Indonesia dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 25-35. http://dx.doi.org/10.30659/j.8.1.25-35

Harsiati, T. (2013). Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. UM Press.

Harsiati, T. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cakrawala Indonesia.

Harsiati, T. (2020). Asesmen Literasi. Universitas Negeri Malang.

Hidayatullah, A., Mulyati, Y., Saputra, D., Lixian, X., & Waeno, M. (2023). Language Attitudes of BIPA Students (Indonesian for Foreign Speakers) Towards Indonesian. BAHASTRA, 43(1). https://doi.org/10.26555/bs.v43i1.320

Ilmiah, H. (2021). Critical-thinking Perspective in the Level C2 Sahabatku Indonesia Books. KnE Social Sciences, 117-129. https://doi.org/10.18502/kss.v5i3.8533

Khudari, A. (2022). A Suggested Art-Based Model for Developing English Majors’ Literary Appreciation Skills. Buhūth, 2(5), 1-37.

Kurniasih, D. (2021). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar. Madah: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(1), 25-45. https://doi.org/10.31503/madah.v12i1.305

Kurniasih, D., Andayani, A., & Setiawan, B. (2021). Indonesian Cultural Form in the Basic Level Teaching Indonesian to Speakers of Other Languages (TISOL) Textbook" Sahabatku Indonesia". International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 317-327. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i6.2723

Kurniawan, K., Fahmi, R. N., & Mulyaningsih, I. (2022). Kesesuaian Isi Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” untuk Penutur Bahasa Inggris Level 1 (Conformity of BIPA Textbook Contents “Sahabatku Indonesia” for Level 1 English Speakers). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 279-293. DOI:10.24235/ileal.v7i2.10052

Laksono, P. T., & Ismiatun, F. (2023). Adapting to a Hard Situation: BIPA Teachers' Successful Strategies for Teaching Local Culture During the COVID-19 Pandemic. REiLA: Journal of Research and Innovation in Language, 5(1). https://doi.org/10.31849/reila.v5i1.11199

Latupono, R.M & Susanto, G. 2019. Representasi Gender dalam Buku Ajar BIPA S batku Indonesia Tingkat Mahir. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 3(1).

Lubis, R. H., & Nurelide, N. (2019). Kemampuan Apresiasi Sastra Siswa SMA di Kota Medan. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 17(2), 171-179. https://doi.org/10.26499/mm.v17i2.2139

Lutfianti, K. D. (2021). Analisis Kelayakan Isi Materi pada Buku Teks Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 1. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(1), 24-31.

Magulod Jr, G. C. (2018a). Innovative Learning Tasks in Enhancing The Literary Appreciation Skills of Students. Sage Open, 8(4), 2158244018820382.

Magulod Jr, G. C. (2018b). Literary Appreciation Skills and Reading Performance of University Students. The Normal Lights, 12(2).

Miles, M. B., Huberman, A., M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods. Sage.

Neina, Q. A., & Wagiran, W. (2023, February). Penilaian Multiliterasi Dalam Pembelajaran Sastra Berbasis Authenthic Assesment. In Prosiding Seminar Nasional PIBSI ke-44 Yogyakarta (Vol. 44, No. 1).

Nilsen, A., & Donnellson, K. (2009). Understanding The Stages Of Literary Appreciation. Literature For Today’s Young Adult, 8th Ed, Boston. Shirley Santiago.

Nirmalasari, Y. (2023). Problematik Pembelajaran BIPA Jarak Jauh (Daring) Berdasarkan Sudut Pandang Pengajar BIPA. Klausa (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra), 7(1), 48-59.

Prasrihamni, M., & Intika, T. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Apresiasi Sastra (Pantun) Berbasis Pendekatan SAVI di Kelas IV Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 80-89. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.144

Pratiwi, Y., Andajani, K., Suyitno, I., Ismail, A., & Prastio, B. (2023). Representing and Implementing Moral Values to Foreign Students in Indonesian Textbooks for Learners Other Than Indonesians. International Journal of Language Education, 7(1), 58-76. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i1.36256

Pratiwi, Y., Andajani, K., Suyitno, I., Ismail, A., & Prastio, B. (2023). Representing and Implementing Moral Values to Foreign Students in Indonesian Textbooks for Learners Other Than Indonesians. International Journal of Language Education, 7(1), 58-76. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i1.36256

Pratiwi, Y., Andayani, K., Roekhan, & Prastio, B. (2022). Environmental Themes in BIPA Textbook: Ecolinguistics Perspective. Proceedings of the International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2021), 612(ISoLEC), 323–333. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211212.061

Primasari, T. W., & Ningsih, H. K. (2023). Analisis Teks Visual pada Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Mahir. Jurnal Basicedu, 7(1), 1032-1040.

Purnomo, M. E., Nurhayati, N., Saripudin, A., & Sari, A. (2023). Pengembangan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sastra: Pendampingan bagi Guru Bahasa Indonesia SMP, SMA, dan SMK di Kota Pagaralam. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat.

Putri, N. A., Tiawati, R. L., & Dwinitia, S. (2023). Exploring Mistake of Language Discourse That Arises When Learners of Indonesian for Foreign Speakers (BIPA) Fatoni University. Journal of Pragmatics and Discourse Research, 3(1), 59-69. https://doi.org/10.51817/jpdr.v3i1.342

Rahma, S. S., & Suwandi, S. (2021). Analisis Kelayakan Isi dan Muatan Budaya dalam Buku Ajar BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1), 13-24. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v21i1.36654

Salsabilla, A., Shohihuzzihni, S., & Farida, H. (2022). An Evaluation on Two Sahabatku Indonesia Coursebooks in Littlejohn’s Textbook Analysis Framework. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 14(2), 279-298. https://doi.org/10.21274/ls.2022.14.2.279-298

Sari, D. A., & Andayani, S. S. (2022). Ecological Literacy to Improve Students Awareness in Maintaining Nature Contained in Indonesian Language Books for Foreign Speakers. Journal of Positive School Psychology, 4119-4126.

Saryono, D. (2009). Dasar apresiasi sastra. Elmatera Publishing

Silaswati, D., Bulan, D. R., SS, M., & Hermawan, D. (2019). Model Pembelajaran Apresiasi Kajian Sastra Terpadu Untuk Penguasaan Empat Aspek Keterampilan Berbahasa. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(2), 26-39.

Siwi, A. A., Leksono, R. P., & Nugraheni, A. S. (2021). Siapa dan Bagaimana: Budaya di dalam Buku Sahabatku Indonesia untuk Penutur Thai. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 206-217. 10.24235/ileal.v7i1.8871

Wahyuni, D., Maulina, Y., Mulia, A., & Sunardi. (2021). Cultural Discourse in Reading Texts of Indonesian Language Proficiency Test. International Journal of Language Education, 5(4), 356–371. https://doi.org/10.26858/ijole.v5i4.23590

Wahyuni, D., Maulina, Y., Mulia, A., & Sunardi. (2021). Cultural Discourse in Reading Texts of Indonesian Language Proficiency Test. International Journal of Language Education, 5(4), 356–371. https://doi.org/10.26858/ijole.v5i4.23590

Wahyuni, S., Ambarwati, A., Junaidi, N. F. N., Ghony, J., & Osman, Z. (2022). Model Authentic Assessment dalam Pembelajaran Sastra Terintegrasi Karakter Multikultural. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 11(1), 134-150.

Yudono, K. D. A. (2022). Autentisitas Bacaan Dalam Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” untuk Tingkat BIPA 4. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.44666

Zebua, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Indonesia dan Perangkat Penilaian Autentik. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v7i22023p180-198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License