KEMAMPUAN MENGINFERENSI DAN MENGEVALUASI DALAM PEMBELAJARAN LITERASI MEMBACA TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BULULAWANG

Maslakhatu Nurul Ummah, Titik Harsiati, Ridho Riski Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menginferensi dan kemampuan mengevaluasi dalam pembelajaran literasi membaca teks narasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bululawang. Penelitian berfokus pada kemampuan menginferensi dalam sub indikator: (1) kemampuan menginterpretasi, (2) kemampuan menyimpulkan, dan (3) kemampuan membandingkan teks narasi; serta kemampuan mengevaluasi dalam sub indikator: (1) kemampuan mengevaluasi dan (2) kemampuan merefleksi teks narasi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes menggunakan teks narasi. Validitas ditentukan dengan validitas isi, yaitu kisi-kisi instrumen uji reliabilitas dengan hasil signifikan sangat tinggi sebesar 0.936 untuk kemampuan menginferensi dan 0.922 untuk kemampuan mengevaluasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menginferensi dan kemampuan mengevaluasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bululawang tergolong rendah. Kemampuan menginferensi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bululawang diperoleh rata-rata 67.34, yaitu sub indikator kemampuan menginterpretasi rata-rata 72.12, kemampuan menyimpulkan rata-rata 71.53, dan kemampuan membandingkan rata-rata 58.45. Kemampuan mengevaluasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bululawang rata-rata 54.04, yaitu sub indikator kemampuan mengevaluasi rata-rata 46.02 dan kemampuan merefleksi rata-rata 62.42. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bululawang memiliki kemampuan menginferensi kategori rendah dengan nilai rata-rata 67.34 pada interval 60.00--69.00 dan kemampuan mengevaluasi kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 54.04 pada interval <60. Keduanya berada di bawah standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditentukan, yaitu 76.00.


References


Afriliyanti, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Fantasi) yang Dibaca dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading dan Composition (CIRC) (pp. 12–26). http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2885

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). PT Rineka Cipta.

Ariyani, A., Utami, F., & Irnawati. (2019). Analisis Kemampuan Inferensi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jember dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Pokok Bahasan Suhu dan Perubahannya. 4(1), 214–218.

Asdar. (2019). E-Learnig Quipper School dalam Pembelajaran Berbasis Teks. Uwais Inspirasi Indonesia.

Banat, S. M., Pierewan, & Cilik, A. (2019). Literasi Membaca dan Strategi Metakognitif untuk memprediksi Prestasi Akademik. (Studi tentang SMA rintisan kurikulum 2013 di Kulon Progo). https://eprints.uny.ac.id/66110/

Facione. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons and The California Press.

Fadilla, S. N. (2020). Kemampuan Inferensi dalam Pembelajaran Fisika bagi Peserta Didik SMA Negeri 22 Makassar.https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Cetakan IV). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamidah, Mudiono, A., & Sutansi. (2022). Pengaruh Kegiatan Sehari Sebuku Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Pada Siswa Kelas 1 SD NU Mutiara Insani Mojo Kabupaten Kediri. Wahana Sekolah Dasar, 30(2), 1–10. http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd

Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. Litera, 17(1), 90–106. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048

Hasanah, U., & Warjana. (2019). Pengembangan Pembelajaran Literasi Membaca untuk Meningkatkan Daya Baca Siswa. Mediia Pustakawan, 26(2), 129–139. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/184

Kemdikbud. (2021). Modul Literasi Baca Tulis di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Direktorat Sekolah Dasar.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Lailiyah, I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Literasi di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2019. Heritage, 2(1), 51–59. https://doi.org/10.35719/hrtg.v2i1.39

Lestari, I. I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Konsep Sistem Reproduksi Tingkat SMA.https://repository.uinjkt.ac.id//123456789/60568/1/Skripsi_Ika Indah Lestari_11160161000052.pdf

Makarimah, R. C. (2020). Pengembangan Bahan Bacaan Teks Narasi untuk Pengenalan Budaya bagi Pelajar BIPA Tingkat Madya.

Martono. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Pengantar Kajian Pembelajara Efektif). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2137–2145. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.22856

Munawaroh, B. (2017). Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Narasi Melalui Teknik Membaca Sekilas (Skimming) Kelas V SDN Ngreco Kabupaten Blitar.

Noprila, C. L. (2020). AnalisisKemampuan Menemukan Informasi Penting pada Teks Narasi Sejarah Siswa Kelas V SD Negeri 4 Pagak.

Nurbaya, S. (2019). Teori dan Taksonomi Membaca (Ismoyo (ed.)). Kanwa Publisher. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131884840/penelitian/TEORI DAN TAKSONOMI MEMBACA.pdf

Nurgiyantoro, B. (2009). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra (BPFE (ed.); Edisi Keti).

Nurhidayah, D., Jariyah, A., & Fitri, R. (2021). Pengadaan Taman Baca untuk Meningkatkan Semangat Membaca Siswa Mi Hidayatullah Desa Pringu Bululawang Kab. Malang. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (Prima), 1(1), 23–29.

Nurmalasari, W., Harsiati, T., & Sadi’jah, C. (2019). Kemampuan Kritis dalam Pemahaman Teks Narasi dan Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. http://journa

OECD. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What 15-year-old Student in Indonesia Know and Can Do. Indonesia-Country Note-PISA 2018 Result.

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/29

Priyatni, E. T. (2017). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 (Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.

Priyatni, E. T. (2021). Mengintegrasikan Pertanyaan Provokatif 3 T (Tersurat-Tersirat-Tersorot).

Purbonugroho, H., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Opwn Ended Matematika. MAJU: Jurnal IIlmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 53–62. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/489

Puspendik. (2020). Laporan Hasil Aksi 2019.

Rakhma, D. A. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Bertipe PISA melalui Pembelajaran berdasarkan Teori APOS.

Retnawati, H. (2016). Reliabilitas Instrumen Penelitian. http://staffnew.uny.ac.id

Rusnayanti, Harijaty, E., & La Yani Konisi. (2020). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Teks Narasi (Cerita Fantasi) Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal BASTRA (Bahasa Dan Sastra), 5(3), 237–251. http://ojs.uho.ac.id/index.php/BASTRA

Subandiyah, H. (2017). Pembelajaran Literasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v7i22023p256-278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License