Pengembangan Buku Pengayaan Digital Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi yang Bermuatan Dimensi Kebhinekaan Global Bagi Peserta Didik SMP

Ika Wulan Arvelia, Zuliyanti Zuliyanti

Abstract


Perubahan yang hadir atas berlakunya kurikulum merdeka memunculkan permasalahan dalam pembelajaran menulis cerita fantasi. Muatan materi pada buku teks kurikulum merdeka belum mampu meningkatkan kemampuan peserta didik, khususnya kemampuan menulis teks cerita fantasi. Adapun pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran sastra, belum memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk kegiatan pembelajaran maupun untuk menanamkan nilai dimensi kebhinekaan global. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar menulis teks cerita fantasi, yaitu buku pengayaan digital menulis teks cerita fantasi bermuatan dimensi kebhinekaan global. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang meliputi tahap (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data (3) penyusunan prototipe produk, (4) validasi prototipe, dan (5) revisi prototipe.  Hasil penelitian berupa  penjelasan terkait (1) hasil analisis kebutuhan; (2) prinsip pengembangan; (3) prototipe buku pengayaan; (4) validasi  prototipe; dan (5) perbaikan prototipe buku pengayaan. Berdasarkan hasil validasi, buku pengayaan dinilai dengan kategori sangat baik dari aspek materi, penyajian, kebahasaan, kegrafikaan, dan muatan dimensi kebhinekaan global.

 


References


Babu, R. K., & Vishnuvardhan, V. (2021). The Impact of Fantasy and Symbolism in C . S . Lewis ’ ‘ The Chronicles of Narnia .’ Journal of Language and Linguistic Studies, 17(2), 1210–1214. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=The+Impact+of+Fantasy+and+Symbolism+i+n+C+.+S+.+Lewis+’+‘+The+Chronicles+of+Narnia+’&btnG=

Bintarto, W. B. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Bermuatan Nilai Karakter Untuk Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 12–26. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.32773

Cahyaningrum, F. D., & Setyaningsih, N. H. (2019). Pengembangan Modul Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Konservasi Bagi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 56–63. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpbsi.v8i1.28780

Firmansyah, F., & Firmansyah, D. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Cerita Lucu Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(4), 585–590. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p.v1i4p585-590.956

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 100–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10378

Khaerunnisa, Mutiarani, Soviana Devi, W., & Irma Sarjani, A. (2019). Using 3D Media to Improve Short Stories Writing Skill on Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012064

Laila, I., & Sodiq, S. (2018). Pengembangan Media Buku Permainan Labirin Fantasi ( Buperlafa ) Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Berbasis Psychowriting. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/23561/21539

Muryani, A., & Mulyani, M. (2019). The Development of Enrichment Books of Writing Short Story Text which Contains Local Wisdom as an Alternative Learning Material in Short Story Text Writing …. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan …, 8(1), 81–87. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/seloka.v8i1.21672

Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2455

Nurgiyantoro, B. (2017). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. UGM Press.

Puskurbuk. (2008). Pedoman Penulisan Buku Nonteks. In Depdiknas.

Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306

Sufanti, M., Purwati, P. D., & Cahyati, J. N. (2022). Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid-19 Sebagai Bahan Edukasi Karakter Kebhinekaan Global. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/bahasa.v4i1.160

Suseno, & Zuliyanti. (2020). Moral value of holy stories in the kudus as teaching material in literature learning. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(4), 492–501.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Yusuf, Q., Jusoh, Z., & Yusuf, Y. Q. (2019). Cooperative learning strategies to enhance writing skills among second language learners. International Journal of Instruction, 12(1), 1399–1412. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12189a

Zuliyanti, Nuryatin, A., Supriyanto, T., & Doyin, M. (2022). Digitalization of Teaching Materials in Literature Learning As Reinforcement of Human Values. International Conference on Science, Education and Technology, 210–214. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/ISET/article/view/1753




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v8i22024p193-204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License