PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran bahasa dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis, mendeskripsikan strategi yang dapat dilakukan guna meningkatkan keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis pada peserta didik SMA, serta mendeskripsikan faktor penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis bagi peserta didik di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dengan metode wawancara mendalam kepada narasumber. Sumber data yakni transkrip hasil wawancara dengan seorang guru bahasa Indonesia dan peserta didik SMA di Surakarta. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menemukan bahwa bahasa memiliki peran yang sangat esensial dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis karena bahasa sebagai patokan dalam berbahasa, sebagai alat pengembangan kosakata, alat pengembangan keterampilan gramatikal, sebagai pembentuk karakter dalam berbahasa dan sebagai pengembangan alat kreativitas. Strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis yaitu menerapkan kegiatan berpidato, berdebat, bermain peran, dan berdiskusi. Selain itu, peserta didik juga perlu banyak berlatih, membaca, dan mencari referensi. Faktor penghambat yang terjadi dalam meningkatkan keterampilan tersebut yaitu kesulitan mencari referensi, tidak ada pembimbing dan tempat praktek serta kurangnya motivasi peserta didik dalam berupaya meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, L., Kusmiyati, K., & Silver, S. T. E. (2022). Peranan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMKN 2 Bangkalan. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.25217/jtep.v0i0.1894.
Bafadal, I., Juharyanto, J., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2020). Debat Moral sebagai Upaya Meningkatkan Integritas Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 272–282. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p272.
Barman, B. (2014). The Linguistic Philosophy of Noam Chomsky. Philosophy and Progress, 51(52), 103–122. https://doi.org/10.3329/pp.v51i1-2.17681.
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118.
Dewi, L. L., & Supardi, S. (2023). Penggunaan Lembar Analisis Materi Pada Metode Diskusi Presentasi dalam Upaya Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. PANDITA: Interdisciplinary Journal of Public Affairs, 6(2), 79–88. https://doi.org/10.61332/ijpa.v6i2.71.
Dhari, P. W., Anggraini, H., & Nasution, M. K. (2022). Peran Guru Kelas dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas Rendah. TA’DIB: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(1), 43–51. https://doi.org/10.54604/tdb.v12i1.121.
Diani, W. R., Wijayanti, A., & Meilina, M. (2022). Peran Pengajar dalam Wacana Kelas Pembelajaran Bipa Daring. Kajian Linguistik dan Sastra, 7(1), 37–53. https://doi.org/10.23917/kls.v7i1.16023.
Durdas, A., Harbuza, T., Radchenko, Y., Starosta, H., & Kostenko, O. (2022). Development of Creativity of Future Specialists at Foreign Language Classes: Conditions and Opportunities. Subjective Well-Being. Continuing Professional Education: Theory and Practice, 2(71), 52–59. https://doi.org/10.28925/1609-8595.2022.2.6.
Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685.
Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia: Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar. Edu Publisher.
Harianto, E. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56.
Hidayat, D. F. (2022). Desain Metode Ceramah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 8(2), 141–156. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.300.
Hoerudin, C. W. (2022). The Role of Indonesian Language Learning in Shaping the Character of Students. International Journal of Science and Society, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v4i1.412.
Huda, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara sebagai Upaya Kaderisasi Khatib pada Remaja Masjid. Jurnal Warta LPM, 24(3), 380–390. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.13019.
Khalid, Gul, S., & Ullah, I. (2023). Exploration of Language Functions as an Ideological State Apparatus in the Novel Lord of the Flies. Journal of Social Sciences Review, 3(2), 427–434. https://doi.org/10.54183/jssr.v3i2.279.
Lukman, M. J. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 19 Makassar melalui Strategi REACH Communication. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 2(1), 94–108. https://doi.org/10.26858/.v2i1.46621.
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 243–252.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Markhamah, M., & Sabardila, A. (2009). Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. MUP: Muhammadiyah University Press.
Markhamah, & Sabardila, A. (2014). Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. MUP: Muhammadiyah University Press.
Mulia, A., Deli, A. U., & Lubis, E. I. (2021). Model Pengembangan Kemampuan Bahasa dan Sosialisasi Anak di Paud Aliifah Medan Marelan Selama Masa Pandemi Covid-19. AUD Cendekia: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 18–29.
Nabila, U., & Hasanah, M. (2021). Metafora dalam Kumpulan Puisi Sajak-Sajak Lengkap 1961-2001 Karya Goenawan Mohamad. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 5(2), 239. https://doi.org/10.17977/um007v5i22021p239-249.
Nasucha, Y. (2022). Modul Keterampilan Berbicara: Pembelajaran Teori dan Praktik. Yuma Pustaka.
Nurdiana, I. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Informasi pada Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 2 PB 1 Semester 2 SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Jurnal Dimensi Pendidikan, 19(2), 82–97. https://doi.org/10.26877/dm.v19i2.16817.
Saragi, M. P. D., Tasmara, L., Berutu, R., & Ihsan, M. (2022). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok (Role Playing) dalam Mengatasi Bullying di Yayasan Penyantunan Anak Yatim Piatu. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 270–274. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.9055.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81.
Tarigan, H. G. (2015). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.
Waruwu, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Readning and Compotition (CIRC). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 300–306. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.46.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v8i12024p97-110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License