ANALISIS KONFLIK PARA TOKOH DALAM NASKAH DRAMA TOLONG! KARYA PUTU WIJAYA: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA

Qinthara Muftie Addina, Ade Lutfiana Barokah, Ghafariza Aqifa Hamzah, Wildan Nurul Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek surealisme dan psikologi sastra pembentuk identitas tokoh pada naskah tersebut berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Hubungan antara surealisme dalam naskah Tolong! yang berasal dari ketidakpercayaan pada kenyataan yang terjadi, lalu alam bawah sadar mengubah fokus pada hal tak realis. Pada dasarnya surealisme menggunakan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud untuk menyampaikan maksud dan mengeksplorasi alam bawah sadar, yakni alam sadar manusia sebagai sebuah ekspresi dari keinginan manusia tersebut. Struktur Mekanisme pertahanan dan konflik menjadi aspek pembangun dalam menganalisis aspek psikologi dari tokoh-tokoh dalam naskah Tolong! tersebut. Gambaran konflik yang dihadapi Isah sangat bertubi-tubi saat ia hidup kembali. Tak sadar dunia yang sebelumnya ia miliki dihempas begitu saja setelah kematian sebelumnya.


References


Andari, I. (2019). Kecemasan Tokoh Utama (Kajian Psikologi sastra Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari) (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surabaya). https://repository.um-surabaya.ac.id/8089/3/BAB%20II.pdf

Anggraini, N., dkk. (2022). Konflik Batin Tokoh Jumena dalam Naskah Drama Sumur Tanpa Dasar Karya Arifin C, Moer: Tinjauan Psikologi Sastra. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 7(1). 83-94.

Arianto, Febri. (2021). Tinjauan Psikologi Tokoh Pada Naskah Drama Bulan Bujur Sangkar Karya Iwan Simatupang. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 5(2), 195-203.

Dini, A., Sumarsilah, S. & Ahmad H. (2021). Kajian Surealisme dalam Novel Cara Berbahagia Tanpa Kepala Karya Triskaidekaman (Pendekatan Psikoanalitik Lancanian). Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingia, Dan Pembelajarannya (Salinga). 609-622. Habsy, B. A., Mufidha, N., Shelomita, C., Rahayu, I., & Muckorobin, M. I. (2023). Filsafat Dasar dalam Konseling Psikoanalisis: Studi Literatur. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 189-199.

Halifah, Nur. (2015). Mekanisme Pertahanan dan Konflik dalam Novel Lentera Mustika Karya Nisan Haron. E-Jurnal Bahasantodea. 3(1). 1-11. Hikmah, A., Solihati, N., & Hidayatullah, S. (2016). Teori Satra: Pengantar Kesusastraan Indonesia. Jakarta: Uhamka Press.

Kresna, Sigit B. (2001). Mengenal lebih dekat: “Putu Wijaya Sang Teroris-Mental” Dan Pertanggungjawaban Proses Kreatifnya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kusumawardhani, M. I. (2021). Studi Literatur Surealisme di Indonesia. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual. 14(1). 78-88.

Lucky E. Anjas. (2018). Surealisme Dalam Teks Drama Les Mamelles Des Tirésias Karya Guillanume Apollinaire. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta) https://core.ac.uk/download/pdf/185260042.pdf

Makaf, Akhyar. (2020). Dramaturgi Dan Transformasi Realita Dalam Naskah Drama: Analisis Unsur Dramatik Perspektif Sosiologi Dan Psikologi. Nuansa Journal od Arts dan Design. 4(2). 27-39.

Minderop, Albertine. (2011). Psikologi Sastra Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurulngaeny, Zizin. (2016) Analisis Psikologis Tokoh Utama Dalam Naskah Drama Roberto Zucco Karya Benard- Koltès. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta). https://eprints.uny.ac.id/37015/1/SKRIPSI_Zizin%20Nurulngaeny_10204244008.pdf

Nuryanti, M., & Sobari, T. (2019). Analisis Kajian Psikologi Sastra Pada Novel “Pulang” Karya Leila S. Chudori. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(4). 501-506.

Solihah, I. F., & Ahmadi, A. (2022). Mekanisme Pertahanan Ego Tokoh Utama dalam Kumcer Sambal & Ranjang Karya Tenni Purwanti (Tinjauan Psikoanalisis Sigmund Freud). Bapala. 9(2). 14-27.

Sulastianto, Harry. (2009). Surealisme: Dunia Khayal dan Otomatisme. Stiliasi Jurusan Pendidikan Seni Rupa FPBS UPI. http://file.upi.edu/Direktori/FPSD/JUR._PEND._SENI_RUPA/196605251992021-HARRY_SULASTIANTO/ARTIKEL/SUREALISME_(STILASI).pdf

Sumatno, Rano. (2009). Penciptaan Naskah Drama Pemberontakan Sisifus. Resital, 10(1), 60-71.

Tiwow, A., & Siswanto, W. (2011). Adaptasi Surealisme dalam Rancangan Arsitektur. Media Matrasain. 8(3). 63-78. Windasari, W. (2018). Analisis Tokoh Utama dalam Novel Dua Tanda Kurung KaryaHandoko F Zainsam: KajianPsikoanalisis Sigmund Freud (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Yohana, T., Sulastri, T. & Nugroho, R. A. (2023). Konflik Batin Tokoh Koyal dalam Naskah Drama Mega-mega Karya Arifin C. Noer: Tinjauan Psikologi Sastra. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 7(2). 153-166.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v8i12024p111-128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License