METAFUNGSI PADA BAHASA INDONESIA KEILMUAN BIDANG KETEKNIKKAN: PENERAPAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL DALAM BUKU TEKS PEMBELAJARAN

yustina fitriani, Mega Pratiwi

Abstract


This study aims to identify metafunctions in engineering using systemic functional linguistics in scientific Indonesian language learning textbooks. Metafunctions in SFL include ideational, interpersonal, and textual. This research applies literature study to identify and understand the metafunctions used. The results of this research show that the application of the third metafunction in textbooks is very effective in conveying technical information, building interaction between readers and writers, and maintaining text cohesion and coherence.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metafungsi dalam buku teks pembelajaran Bahasa Indonesia Keilmuan bidang keteknikan menggunakan pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. Metafungsi dalam LSF meliputi ideasional, interpersonal, dan tekstual. Penelitian ini menerapkan studi literatur untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi metafungsi yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ketiga metafungsi dalam buku teks sangat efektif dalam menyampaikan informasi teknis, membangun interaksi antara pembaca dan penulis, serta menjaga kohesi dan koherensi teks.

References


Agung, R. D., Gusnawaty, G., Maknun, T., & Hasyim, M. H. N. (2022). Pemaparan Pengalaman melalui Sistem Transivitas dalam Teks Pidato Presiden Joko Widodo: Kajian Linguistik Sistemik Fungsional. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:258499301

Andini, N. Q., Nansilianti, & Amir, J. (2023). Literasi Kebijakan Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Terkait Pembelajaran Pada Masa Pandemi: Kajian Linguistik Sistemik Fungsional. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:259049250

Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). Pentingnya bahasa Indonesia di perguruan tinggi. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(1), 114–119.

Fitriani, Y., & Kadri, M. (2024). Development of Indonesian Language Module Guideline Based on Project-based Learning: Need Analysis Approach. https://doi.org/10.4108/eai.21-9-2023.2342984

Pratiwi, M., Harsiati, T., & Ghazali, A. S. (2021). Tes Diagnostik Pelajar BIPA Tingkat Pemula: Rancangan Pengembangan Spesifikasi Uji, Stimulus tes, dan Kisi-Kisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(8), 1278. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i8.14960

Purwianti, D., Rukiyah, S., & Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, P. (2023). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah: Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 398(9), 398–403. https://doi.org/10.5281/zenodo.10051349

Siregar, J. (2022). PKM Pentingnya Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:256660805

Wulansari, A. (2016). Analisis Wacana “What’s Up with Monas?” dengan Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. Transformatika, 12(September), 29–45.

Yaqin, M. Z. N. (2011). Bahasa Indonesia Keilmuan (1st ed.). UIN-Maliki Press. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:134626404




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v8i22024p322-337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License