PRESEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN IKOMA (IKATAN KOMUNITAS ORANG TUA MAHASISWA) CORNER DI PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA

anisa zulfa nurfaizah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan IKOMA (Ikatan Orang Tua Mahasiswa) corner di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Dapat dilihat pada aspek 5 dimensi kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik atau tangible, kehandalan atau reliability, daya tanggap atau responsiveness, jaminan atau assurance dan empati atau empathy. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tertinggi pada tangible atau bukti fisik dengan nilai rata-rata 4,38, reliability atau kehandalan dengan nilai rata-rata 4,05, responsiveness atau daya tanggap dengan nilai rata-rata 4,00, assurance atau jaminan dengan nilai rata-rata 4,20, dan variabel empathy atau empati dengan nilai rata-rata 4,00.


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta

Buwana, Radiya Wira. 2015. “Sistem Pelayanan Close Access, Pemeliharaan dan

Perawatan Koleksi pada Layanan Koleksi Tandon di Perpustakaan STAIN

Kudus”. Jurnal artikel.

Manjunatha, Keralapura and Shivalingaiah, D., 2004. Customer's perception of service

quality in libraries. Annals of library and information studies, 51(4),

pp.145-151.

Nurlaila, Siti. 2016. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan

(Survei Di Universitas Muhammadiyah Metro)”. Jurnal skripsi online.

Republik Indonesia. 2007. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun

tentang Perpustakaan. Akses online http://ppid.perpusnas.go.id/. Soeatminah.

Perpustakaan, kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Sulistyo, Basuki. 1992. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama.

Jakarta.

Supriyono & Umar Sidik. 2008. “Persepsi Pemakai terhadap Kualitas Pelayanan

Terbitan Berkala di Perpustakaan Pascasarjana UGM”. Jurnal artikel. Suwarno, Wiji.

Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Parasuraman, A., et al. 1985. “A Conceptual Model of service Quality and Its Implications

for Future Research”, Journal of Marketing, Vol. 49 (Fall), p




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v4i22020p175-186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic