KARAKTERISTIK TES LITERASI MEMBACA PADA PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASESSMENT (PISA)

Titik Harsiati, Endah Tri Priyatni

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik tes literasi membaca pada Programme for International Student Asessment (PISA), yang difokuskan pada karakteristik tingkat berpikir dan kompetensi membaca yang diukur, jenis stimulus yang digunakan, ragam tes, dan karakteristik pertanyaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi.  Sumber data penelitian adalah soal-soal literasi membaca PISA dari tahun 2000-2009. Hasil analisis menunjukkan bahwa   tes literasi membaca  PISA didominasi  keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berupa  kemampuan interpretasi, refleksi, dan evaluasi. Jenis  kompetensi membaca yang diukur adalah: kemampuan mengungkapkan kembali informasi, mengembangkan interpretasi dan mengintegrasikan,  dan merefleksikan dan mengevaluasi  teks.  Stimulus berupa teks panjang dengan jumlah kata berkisar 135-630, kalimat pertanyaan bersifat kompleks dan ragam tes  yang digunakan adalah pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, jawaban singkat, esai tertutup, dan esai terbuka.

Full Text:

PDF

References


Alderson, J. Charles. 2000. Assessing Reading. Cambridge: Cambridge University Press

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. 2011. Trend Kemampuan Literasi Membaca pada PISA 2000-2009. Balitbang: Pusat Penilaian Pendidikan

Hayat, Bahrul. 2006. Kemampuan Dasar Hidup: Prestasi Literasi Membaca Anak Indonesia Usia 15 Tahun di Dunia Internasional. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Hirai, Debra L. Cook, Irene Borrego dan Emilio Garza, dan Carl T. 2009. Klock. Literacy Strategies for Adolesents: How to Manual for Educator. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Kalantzis, Mary dan Cope, Bill. 2015. Literacies. Cmbridge: Cambridge University Press.

Krippendorff, Klaus. 1993. Analisis Isi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

OECD 2000. Frame Work rogramme International Students Assessment. Paris: OECD.

OECD 2003. Frame Work rogramme International Students Assessment. Paris: OECD.

OECD 2006. Frame Work rogramme International Students Assessment. Paris: OECD.

OECD 2009. Programme International Students Assessmen. Assessment Framework: Key Competencies in Reading, Mathematics, and Science. Paris: OECD.

Sevilla, Consuelo dan Gabriel G. Uriarte. 2001. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v1i22017p001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic