STUDI LITERATUR: PENYIMPANGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Sincia Anggaraini, Naqqiyah Nurrosyadah, Itoh Nur Sari, Mochammad Syahrul Azhar, Ayu Listiyana Wahyuni, Zulkardi Zulkardi, Zuli Nuraeni, Novika Sukmaningthias

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penyimpangan yang dilakukan siswa dalam menggunakan media sosial selama pembelajaran matematika di pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pendekatan analisis studi literatur. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak penyimpangan yang dilakukan siswa, seperti membuka media sosial saat dalam proses pembelajaran, rendahnya minat belajar siswa karena kecanduan media sosial, dan lain-lain.

 


Keywords


Literature study; deviations in using social media; mathematics learning; distance learning

Full Text:

PDF

References


Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 33–48. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Arista, N. M. (2015). Studi Komparasi Perbandingan Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Remaja. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 2(2), 26. https://doi.org/10.21009/jkkp.022.05

Azka, R. (2019). Media Sosial dan Pembelajaran Matematika. Prosiding Sendika, 5(1), 221-228.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Habsy, Bakhrudin All. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa. Vol. 1. No. 2. Pp: 90-100.

Hanifah, Fina Rahma Putri. PERMASALAHAN SISWA DITINJAU DARI BIMBINGAN KONSELING DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA, vol. 17, 2018, pp. 8-9.

Mahrani, N., Ritonga, A., Hasibuan, M. K., & Harahap, S. E. (2020). ANALISIS SISI NEGATIF MORALITAS SISWA PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 56-63.

Mandiberg, Michael. (2012). The Social Media Reader. New York: New York University Press.

Miller, dan Lu. (2013). “Serving NonTraditional Students in ELearning Environments: Building Successful Communities in the Virtual Campus.” Educational Media International 40 (1): 163–69.

Poore, Megan. (2014). Using Social Media in The Classroom. a best practice guide. Singapore: SAGE Publication.

Rahman, J., & Kom, S. (2017). Pengaruh Media Sosial Bagi Proses Belajar Siswa. Journal https://kalsel. kemenag. go. id/files/file/artikelprakom/15162891659956. pdf.

Ritonga, S., & Andhika, W. (2012). Pengaruh media komunikasi internet terhadap pola perilaku anak di bawah 17 tahun. Jurnal Ilmu Sosial, 5(2), 95. https://web.archive.org/web/20180415031415id_/http://ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/viewFile/113/75

Rosyidah, R. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penyimpangan Perilaku Pada Siswa. Millah, XIV(2), 47–66. https://doi.org/10.20885/millah.volxiv.iss2.art3

Sinuhaji, Virgini Verby., Siregar, Nina Siti Salmaniah., & Jamil, Bahrum. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM). Vol. 1. No. 2. Pp: 105-118.

Suherman, Ayi. (2014). Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani (Studi Deskriptif Kualitatif pada SDN Cilengkrang). Jurnal UPI; Mimbar Sekolah Dasar. Vol. 1. No. 1. Pp: 71-76.

Wibisono, Faizin Wahid. (2013). Analisis dan Implementasikan Accses Point pada PT. SELARAS CITRA Terlibat Menggunakan Software The Dude. Skripsi. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan komputer, Amikom. Yogyakarta.

Wisky, I. A., & Saputra, D. (2018). Fuzzy Logic Menganalisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat Adat Kenagarian Kinari. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 2(3), 639–645. https://doi.org/10.29207/resti.v2i3.557

Wulandari, R., & Netrawati, N. (2020). Analisis tingkat kecanduan media sosial pada remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 41–46.

Yeni, Afrita., & Hartati, Sri. (2020). Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata di Taman Kanak-Kanak Alwidjar Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4. No. 1. Pp: 608-616

Yuliani, Wiwin. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Jurnal Quanta STKIP Siliwangi. Vol. 2. No. 2. Pp: 83-91.

Zubir, Z., & Yuhafliza. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Anak Dan Remaja. Pendidikan Almuslim, VII(1), 10–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v6i12022p11-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic