PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP APLIKASI LET’S READ DIGITAL LIBRARY

Firda Farhani, Adi Prasetyawan, Didin Widyartono

Abstract


Terbatasnya akses di masa pandemi menyebabkan penggunaan gadget oleh anak-anak meningkat. Penggunaan gadget oleh anak-anak banyak dimanfaatkan untuk mengakses media sosial dan hiburan. Untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan gadget maka diperlukan peranan orang tua untuk mengarahkan, mendampingi, dan mengawasi anak untuk mengakses konten edukatif sehingga penggunaan gadget pada anak dapat memberikan manfaat. Konten edukatif yang dapat diberikan pada anak salah satunya yaitu aplikasi Let’s Read Digital Library. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) persepsi orang tua terhadap koleksi pada aplikasi Let’s Read Digital Library yaitu koleksi yang disediakan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan informasi pemustaka; b) persepsi orang tua terhadap pemustaka pada aplikasi Let’s Read Digital Library yaitu koleksi dapat dimanfaatkan sebagai media literasi, edukasi, dan hiburan; c) persepsi orang tua terhadap fasilitas pada aplikasi Let’s Read Digital Library yaitu fitur-fitur yang disediakan dapat memudahkan pemustaka untuk mengakses aplikasi.


Keywords


Persepsi Orang Tua; Let’s Read Digital Library; Gadget

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020.

Budi, M. E. P. (2021). Pelaksanaan kelas digital parenting bertema cara mencegah kecanduan gadget di masa golden age. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 1(1).

Dianputra, Y. (2021). Dampak Penggunaan Gadget dalam Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Retrieved May 17, 2022, from http://yd.blog.um.ac.id/dampak-penggunaan-gadget-dalam-perkembangan-bahasa-pada-anak-usia-dini/#:~:text=Dampak%20penggunaan%20gadget%20yaitu%20bisa%20memudahkan%20anak%20mengenal,sehingga%20mempengaruhi%20kemampuan%20bahasa%20pada%20anak%20usia%20dini.

Eka, M., Budi, P., Bimbingan, J., Islam, P., & Ponorogo, I. (2020). PELAKSANAAN KELAS DIGITAL PARENTING BERTEMA CARA MENCEGAH KECANDUAN GADGET DI MASA GOLDEN AGE. Retrieved from https://www.suara.com/yoursay/

Fadhilah, A. N., & Rahmawati, L. E. (2020). Penggunaan Bahasa Daerah pada Buku Bacaan Siswa Terbitan Kemdikbud. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(1), 43. https://doi.org/10.25273/linguista.v4i1.6457

KBBI. (2008). Arti kata gadget - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved May 16, 2022, from https://kbbi.web.id/gadget

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved December 2, 2020, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/orang tua

King, L. A. (2017). Psikologi Umum (sebuah pandangan apresiasi) (Edisi 3). Jakarta: Penerbit salemba Humanika.

KPAI. (2021). PENGASUHAN ANAK DI ERA DIGITAL PADA MASA PANDEMI.

Kurniawan Heru, U. K. M. H. S. (2018). Literasi Parenting.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (n.d.). Permenkes_No_9_Tahun_2020_tentang_Pedoman_PSBB_dalam_Rangka_Percepatan_Penanganan_COVID_19. 2020.

Mulyaningtyas, R., & Bagus Wahyu Setyawan. (2021). APLIKASI LET’S READ SEBAGAI MEDIA MEMBACA NYARING UNTUK ANAK USIA DINI .

Nyono, N. (2021). Pandemi Covid-19 Memberi Arah Pengembangan Perpustakaan. Dulu, Kini, Dan Akan Datang., 179–187.

Paramita, V. D. (2020). Montessori: Keajaiban Membaca Tanpa Mengeja (R. Affandi & N. Roslina, Eds.). Yogyakarta: Bentang.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Retrieved February 23, 2021, from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf

Rahayu, L. dkk. (2014). PUST4104 – Layanan Perpustakaan – Perpustakaan UT (edisi 1). Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka.

Ramadhani, E. D., & Tiffanie Tjendrani. (2021). Pentingnya Membaca Sejak Usia Dini. Retrieved May 17, 2022, from https://lipipress.lipi.go.id/detailpost/pentingnya-membaca-sejak-usia-dini

Rohana, R., & Adryawin, I. (2019). FIVE LAWS OF LIBRARY SCIENCE: SEBUAH PEMIKIRAN YANG DINAMIS DARI RANGANATHAN. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER), 1(1). https://doi.org/10.31764/JIPER.V1I1.1498

Sammona, P. P., & Maeni, P. (2019). PERANCANGAN BUKU DONGENG INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MORAL DENGAN TEMA DONGENG SI PAHIT LIDAH. PRETTY PUTRI SAMMONA: 146010031.

Samsiyah, N., v. Teguh S, & Endang Sri Martuti. (2020). LITERACYLITERATURE LEARNING WITHLET’S READAPPLICATIONSIN THE PANDEMIC ERA.

Sarahaswati, H., & Kusumahwati, S. (2016). MODUL GURU PEMBELAJAR TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK KOMPETENSI D. Retrieved December 24, 2021, from http://repositori.kemdikbud.go.id/9562/1/Modul TK-D_edited by MUT_16Mei2016.pdf

Sayekti, R., & Mardianto. (2019). Perpustakaan Digital: Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi. Medan: Perdana Publishing.

Shofaussamawati. (2016). Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Perpustakaan pada Anak Sejak Dini.

Solichuddin, R. B., & Wahyuni, E. G. (2021). Perancangan User Interface dan User Experience dengan Metode User Centered Design pada Situs Web Kalografi.

Undang Undang No. 43 Tahun 2007. (2007). UNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN. Retrieved December 24, 2021, from https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/3




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v6i12022p108-123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic