PERAN PUSTAKAWAN SMAN 1 CIANJUR SEBAGAI PENGELOLA LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA (LITERASI) PADA SISWA SMAN 1 CIANJUR DI MASA PANDEMI

M Azis Nazar

Abstract


Tujuan dibuatnya kajian literatur ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pustakawan sebagai pengelola layanan informasi memberikan kontribusi untuk meningkatkan kembali minat baca dan minat literasi yang sedang dalam ambang degradasi. Menggunakan penelitian kualitatif dengan wawancara dan observasi secara langsung sebagai indikator jawaban yang diharapkan, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar dan jawaban bagi mereka yang akan melakukan pengembangan kajian dan pemutakhiran kajian.

The purpose of this literature review is to find out how’s the librarian role as an information manager to contributes to increasing reading interest and literacy interest which is on the verge of a degradation. By using a qualitative research with an interviews and direct observations as the indicators of the expected answers and result, the final results of this research are expected to be the basis and the answers for those who will carry out this study development and updated studies.


Keywords


Pandemic, Literacy, Information Manager.

Full Text:

PDF

References


Agustine, Yvonne. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Dian Rakyat.

Akhadiah, S. dkk (1991). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Burns, dkk. (1996). Teaching Reading in Today’s Elementary Schools. Chicago: Rand Mc. Nally College Publishing Company.

Feather, J. & Sturges, P. (1997). The International Encyclopedia of Information and Library Science. Canada: Routledge.

Harris. A, & Sipay, E. (1980). How to Increase Reading Ability. New York: Longman, Inc.

Husein, Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Gaung Persada (GP Press).

Irawan, H. (2020). Inovasi Pendidikan Sebagai Antisipasi Penyebaran COVID-19. Diakses Pada 09 April 2022 dari https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--inovasi-pendidikan- sebagai-antisipasi-penyebaran-covid-19.

Masrul, Abdillah, L. A., & Tasnim. (2020). Pandemik COVID-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Mulyati, Yeti. (2007). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Poerwandari, E. K. (1998). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Psikologi. Jakarta : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Rahadian, Gallint., Rohanda., dan Anwar, Rully Khairul. “Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca”. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, Vol 2:1, 27-36. (Juni, 2014).

Supriadi (2017). Peranan Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Perpustakaan Madrasah Aliyah Muhammadiyah Songing Kabupaten Sinjai. Undergraduate (S1) Thesis: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Supriyati. (2015). Metodologi Penelitian. Bandung: Labkat Press.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijaya, Toni. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v6i22022p191-203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic