PERLINDUNGAN KOLEKSI DI MUSEUM GEOLOGI MELALUI TINDAKAN PRESERVASI PREVENTIF

Alya Zahra Tiaranisa, Ute Lies Siti Khadijah, Samson CMS, Lutfi Khoerunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan preservasi preventif untuk melindungi koleksi yang dilakukan di Museum Geologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan data hasil dari wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa telah dilakukan tindakan preservasi preventif seperti melalui pemantauan kebersihan koleksi, pengawasan pengaturan suhu, penanganan koleksi, serta perlindungan koleksi. Meski begitu dibutuhkan preservasi yang lebih intensif sehingga dapat mengurangi potensi adanya faktor penyebab kerusakan koleksi di Museum Geologi.


Keywords


Preservasi, Preventif, Museum

Full Text:

PDF

References


Bertolin, C. (2019). Preservation of cultural heritage and resources threatened by climate change. Geosciences, 9(6), 250.

Brata, K. C., Brata, A. H., & Pramana, Y. A. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Mendukung Pengenalan Koleksi Museum. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(3), 348.

Gomes, D. D. C. (2020). MUSEUM TRANSPORTASI KLASIK TEMA: ARSITEKTUR POST MODERN (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).

Kusuma, H. B. (2018). KENYAMANAN TERMAL PADA RUANG PAMERAN TETAP DI MUSEUM NASIONAL INDONESIA–JAKARTA. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 501.

MAULIDA, Y. R. (2021). PRESERVASI PREVENTIF DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MADIUN: DIGITISASI ARSIP FOTO (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Pemerintah Indonesia. (2015). Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2015 tentang Museum. Jakarta

Putri, A. F., & Fitriyanti, D. (2022). Kegiatan preservasi di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta sebagai salah satu upaya pelestarian pengetahuan masa lampau. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(1), 79-90.

Sutaarga, M. A. (1998). Pedoman penyelenggaraan dan pengelolaan museum. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Harimukti, R. W., & Emdrawati, S. (2019, November 21). Ada Apa dengan Konservasi, Preservasi, dan Restorasi ? Retrieved October 31, 2022, from https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ada-apa-dengan-konservasi-preservasi-dan-restorasi-seri-konservasi-bagian-1/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v6i22022p213-221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic