Pengembangan Media Belajar Model-Model Boneka Dari Bahan Kain Flanel Berdasarkan Tema Kegiatan Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

Usep Kustiawan, Wuri Astuti, Munaisra Tri Tirtaningsih

Abstract


Abstrak: Pemanfaatan media pembelajaran yang tepat di TK  dapat mengembangkan berbagai kemampuan anak  dengan baik, tetapi sebaliknya apabila penggunaan media kurang menarik bagi anak, anak akan cepat bosan dan tidak tertarik lagi dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran model-model boneka yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak dalam bercerita sesuai dengan jenis tema kegiatan yang ada di TK.. Penelitian ini merupakan peneliitan pengembangan yang mengadopsi tahapan pengembangan dari Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media yang dikembangkan mudah digunakan siswa dan memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi.

Abstract: The use of appropriate learning media in kindergarten can develop a variety of children's abilities well, but conversely, if the use of media is less attractive to children, children will quickly get bored and are no longer interested in learning provided by the teacher. The purpose of this research is to develop learning media for doll models that can be used to develop children's expressive language skills in storytelling in accordance with the types of theme activities that exist in kindergarten. This research is a research development that adopts the development stages of Borg and Gall. The results showed that the developed media products were easy for students to use and had a high level of attractiveness.

 


Keywords


model boneka; tema kegiatan; pembelajaran bahasa AUD

Full Text:

PDF

References


AECT, T. F. (1977). The Definition of Educational. Terminology, Washington DC: AECT.

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardhana, W. (2002). Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Dunia Pendidikan dan Pembelajaran, Makalah Disajikan dalam Lokakarya Nasional Angkatan II Metodologi Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Hotel Asida Batu. Malang.

Arief, S. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ariyanti, A., & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1).

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36.

Bennett, N., Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational Research: An Introduction. British Journal of Educational Studies, 32(3), 274. https://doi.org/10.2307/3121583

Dini, D. P. P. A. U. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Ghafur, A. (1998). Sumber Belajar. Yogyakarta.

Haerani, B., Wiresanta, L., & Septami, B. L. (2019). Hubungan Durasi Bermain Gadged (Game Edukasi) Dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Dahlia Darmaji. Jurnal Surya Muda| Jurnal STIKES Muhammadiyah Kendal, 1(2), 61–69.

HS, N. R. A. K., Alfina, F. T., Sulaiman, S., & Sahara, M. (2018). Teaching Animal Vocabularies Using Doll As Media in TK Sakti Merisi. PROCEEDING International Conference Technopreneur and Education 2018, 1(1), 61–64.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Kustiawan, U. (2017). The Development of Diorama Learning Media Transportation Themes to Develop Language Skill Children’s Group B. Research on Education and Media, 9(2), 26–31.

Kustiawan, U., Tweet, B. P. D. H. S., Ilmiah, K., Psikologi, F. P., Penelitian, L., Masyarakat, P. K., … Elektronik, L. P. S. (2015). Media Pembelajaran Sekolah Inklusif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Musfiroh, T. (2008). Cerdas melalui bermain. Jakarta: Grasindo.

Musfiroh, T. (2014). Bermain dan Permainan Anak.

Mutiah, D. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Kencana.

Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.

Ramadhani, P. K., & Kustiawan, U. (2017). The Effect of the Big Book Media Usage to Simple Sentences’ Reading Ability for Third Grader with Intellectual Disability on Elementary School for Special Needs. Journal of ICSAR, 1(1), 42–45.

Sadiman, Arief S, Rahardjo, Haryono, Anung, & R. (1986). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. (2010). Media pendidikan. Rajawali Pers.

Satrianawati. (2018). Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster: Jurnal Kesehatan. Retrieved from http://jurnal.stikes-aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/297

Setyosari, P. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Sodik, M. A. (n.d.). Dampak Bermain Gadget Yang Berlebihan Pada Usia Dini.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudono, A. (1995). Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: PPTA Dirjen Dikti.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Suyadi. (2009). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Powerbook.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, mainan dan permainan. Grasindo.

Triharso, A. (2013). Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan Teknologi Bergerak Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1783

Wohlwend, K. E., & Medina, C. L. (2017). Monster High: Converging Imaginaries of Girlhood in Tweens’ Digital Doll Play. In Literacy Lives in Transcultural Times (pp. 75–88). Routledge.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i22020p137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Usep Kustiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats