Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Dita Nindiawati, Marianus Subandowo, Retno Danu Rusmawati

Abstract


Abstrak: Penelitian pengembangan bahan ajar Matematika bangun ruang dan pengolahan data dirancang lebih praktis, efektif, dan mudah dipahami bagi siswa Kelas V SD dengan metode pengembangan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah: validasi isi materi, validasi desain, angket respon siswa dan guru, dan tes tulis hasil belajar. Teknik analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kemudian data diolah dengan dikonversi menggunakan rumus yang telah ditentukan. Hasil validasi isi dari ahli setelah dikonversi dengan tabel tingkat pencapaian diperoleh 89,09%. Hasil validasi desain dari ahli setelah dikonversi dengan tabel tingkat pencapaian diperoleh 86,49%. Hasil uji coba lapangan setelah dikonversi dengan tabel tingkat pencapaian diperoleh 91,81%. Sedangkan tes tulis hasil belajar diperoleh ketuntasan sebanyak 29 anak tuntas dengan persentase sebesar 90,625% dari 32 anak. Dari data dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar Matematika kelas V Semester II Sekolah Dasar dapat digunakan sebagai bahan ajar.

Abstract: Research on the development of mathematics teaching materials in building space and data processing is designed to be more practical, effective, and easy to understand for Grade V students of SD with the ADDIE model development method. The types of data in this study are: content content validation, design validation, student and teacher response questionnaires, and written test of learning outcomes. The analysis technique uses descriptive analysis then the data is processed by being converted using a predetermined formula. The results of content validation from experts after being converted with a table of achievement levels were obtained 89.09%. The results of the design validation from the expert after being converted with a table of achievement levels were obtained 86.49%. Field trial results after being converted with a table of achievement levels obtained 91.81%. While the written test of learning outcomes was obtained as many as 29 children completed with a percentage of 90.625% of 32 children. From the data and analysis that has been done it can be concluded that the results of the development of mathematics teaching materials for Grade V Semester II Elementary Schools can be used as teaching materials

Keywords


Bahan Ajar; Matematika; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aldoobie, N. (2015). ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.

Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The Effect of a Computer Program Based on Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) in Improving Ninth Graders’ Listening and Reading Comprehension Skills in English in Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43–51.

Arfiliana, Rajagukguk, W., & Surya, E. (2018). Pengembangan Komik Dan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sd Negeri 060843. JURNAL TEMATIK, 8(3), 227–237.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Statistik. Jakarta: Salemba Medika.

Az-Zahroh, S. F., Thaariq, Z. Z. A., Surahman, E., Widyasari, C. M., Qolbi, M. S., & Diana, R. C. (2019). Developing Ethic Game (Ethnomathematics Game): The Instructional Media of Culture Mathematics with Tringo by Ki Hadjar Dewantara. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 26(2), 43–50.

Estuwardani, N. A., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Integratif Dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).

Fatimah, S. (2009). Matematika asyik dengan metode pemodelan. Bandung: PT Mizan.

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66–79.

Kemdikbud. (2013). Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta: Pusat Kurikulum.

Kurniasih, R., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Edmodo Untuk Meningkatkan Level Berpikir Probabilistik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(10), 961–972.

Kusnandar, A. (2008). Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Jakarta: Pustekkom Pendidikan.

Malawi, I., Kadarwati, A., & Dayu, D. P. K. (2019). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Cv. AE Media Grafika.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi kurikulum 2013 kelas 1 sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93–98.

Palennari, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Integrasi Problem Based Learning dan Kooperatif Jigsaw terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 36–45.

Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purnomo, P., Asy’ari, M., & Supratiknya, A. (2008). Menjadi Guru Yang Ilmuwan dan Ilmuwan Yang Guru. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102–112.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Soenarjo, R. J. (2008). Matematika 5. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer: Common Text Book Edisi Revisi. Bandung: FTMIPA UPI.

Sulianto, J. (2012). Keefektifan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open ended dalam pemecahan masalah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6).

Sumanto. (2008). Pendidikan Seni rupa Di PGSD (Tindakan Kelas Melalui Media Gambar). Malang: FIP UM.

Supatmo, S., & Ghufron, A. (2019). Developing Learning Multimedia to Improve Critical Thinking in Mathematics at Class V of Elementary School. KnE Social Sciences, 17-26-17–26.

Surahman, E., Sulthoni, S., Ulfa, S., Husna, A., Ramdiana, H., Thaariq, Z. Z. A., … Qolbi, M. S. (2020). Pelatihan Micro Learning Object Berbasis TPACK bagi Guru-Guru SMA di Garut. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–14.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thaariq, Z. Z. A. (2020). The Use of Social Media as Learning Resources to Support the New Normal. Teknodika, 18(2), 80–93.

van den Ham, A.-K., & Heinze, A. (2018). Does the textbook matter? Longitudinal effects of textbook choice on primary school students’ achievement in mathematics. Studies in Educational Evaluation, 59, 133–140.

Woo, W. H. (2018). Applying ADDIE model to ideate precision medicine in a polytechnic biomedical science programme. Journal of Biomedical Education, 1–5.

Zulkifli, H., Razak, K. A., & Mahmood, M. R. (2018). The Usage of ADDIE Model in the Development of a Philosophical Inquiry Approach in Moral Education Module for Secondary School Students. Creative Education, 9(14), 2111–2124.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 dita nindia wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI).

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Kota Malang Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats