Pengaruh Metode Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Gaya Kognitif Terhadap Keterampilan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Siswa

Yeti Yuni Perohmatin, Rufii Rufii, Hartono Hartono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh perolehan Keterampilan K3 siswa dengan menggunakan metode konvensional dan  metode Pelatihan berbasis kompetensi, Pengaruh Keterampilan K3 siswa dengan gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent, dan hubungan antara metode dan gaya kognitif terhadap keterampilan K3 siswa. peneliti menggunakan metode quasi experiment dan dengan menggunakan desain non-equivalent control group design dengan menerapkan desain faktorial 2x2 dalam rancangan eksperimennya. penelitian diambil secara sampling kelas acak. Penelitian tesis ini diuji dengan uji statistika Analysis of variance (ANOVA).Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh perolehan Keterampilan K3 siswa yang belajar menggunakan metode konvensional dan  metode Pelatihan berbasis kompetensi (F=104,942; p=0,000), (2) ada pengaruh Keterampilan K3 siswa yang belajar dengan gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent (F=75,865; p=0,000) dan tidak ada hubungan antara metode dan gaya kognitif terhadap keterampilan K3 siswa (F= 3,283; p=0,073)

Abstract: This study aims to determine: The influence of the acquisition of K3 skills of students using conventional methods and competency-based training methods, The effect of K3 skills of students with field dependent cognitive styles and independent field cognitive styles, the relationship between methods and styles cognitive ability of students' K3 skills. The procedure used by researchers is a quasi experiment and using a non-equivalent control group design by applying a 2x2 faktorial design in the experimental design. The technique was taken by random class sampling. This thesis analysis was tested with a statistical analysis of Analysis of variance (ANOVA). The results showed (1) there was an influence on the acquisition of K3 skills of students who learner using conventional methods and competency-based training methods (F = 104,942; p = 0,000), (2) there were the influence of K3 Skills of students learning with field dependent cognitive style and independent field cognitive style (F = 75.865; p = 0.000) and there is no correlation between methods and cognitive style on students' K3 skills (F = 3.283; p = 0.073)


Keywords


Pelatihan berbasis kompetensi; kognitif; keterampilan

Full Text:

PDF

References


Aldarmono, A. (2012). Identifikasi gaya kognitif (cognitive style) peserta didik dalam belajar. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 63–69.

Amalia, L., & Suwatno, S. (2016). Peningkatan kompetensi siswa melalui efektivitas competency based training. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 30–37.

Fauzi, M. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Swa-Atur Dengan Discovery Learning dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Kimia. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 56–66.

Hidayat, A. I., & Sa’ud, U. S. (2015). Model Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi Widyaiswara Muda. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(2), 23–38.

Kemdikbud. (2017). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMK. Jakarta: Direktorat PSMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuswandi, D., Surahman, E., Thaariq, Z. Z. A., & Muthmainnah, M. (2018). K-Means Clustering of Student Perceptions on Project-Based Learning Model Application. 2018 4th International Conference on Education and Technology (ICET), 9–12. Malang, Indonesia: IEEE. doi: 10.1109/ICEAT.2018.8693932

Murtafiah, M. (2017). Deskrkipsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 48–52.

Mustafid, M. F., Wedi, A., & Adi, E. P. (2020). Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Berdasarkan Gaya Belajar pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 119–128.

Ningrum, T. W. A., Degeng, I. N. S., & Ulfa, S. (2019). Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Keterampilan Batik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bantur Kabupaten Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 245–251.

Ningsih, R., & Sudira, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Memahami Sifat Dasar Sinyal Audio Kelas X Audio Video di SMK Negeri 1 Saptosari. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(3), 37–41.

Nurhajati, W. A., & Bachri, B. S. (2018). Pengembangan Kurikulum Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Berbasis Kompetensi dalam Membangun Profesionalisme dan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS). JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(2), 156–164.

Paryanto, P., Soemawidagdo, A. L., & Sunarso, S. (2013). Model Model Pembelajaran Competence Based Training (Cbt) Berbasis Karakter Untuk Pembelajaran Praktik. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(2), 124–133.

Prayogo, D., Arifin, M. Z., Erliyani, D., & Yuntoro, K. (2018). Evaluasi Diklat Program Pelatihan Keselamatan Dasar bagi calon Pelaut. Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global, 29–33.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122.

Reni, Y. M., & Kuswandi, D. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 47–55.

Riding, R., & Rayner, S. (2013). Cognitive styles and learning strategies: Understanding style differences in learning and behavior. Routledge.

Sanjaya, N. M. S. (2018). Pengaruh Metode Problem Solving dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Analisis Siswa. Indonesian Journal of Economic Education (IJEE), 1(1), 65–71.

Santosa, P. S. (2018). Pengelolaan Kecelakaan Pada Kapal. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 16(1), 54–64.

Setyowati, L., Suroto, S., & Kurniawan, B. (2016). Analisis Implementasi Rencana Tanggap Darurat (Emergency Response Plan) Pada Kapal Penumpang X. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(3), 478–486.

Surachim, A. (2013). Dual education system (PSG) effectiveness to improving SMK graduates quality. International Journal of Science and Research (IJSR), 2(6), 421–425.

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Deepublish.

Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2), 107353.

Wedi, A. (2017). Konsep dan masalah penerapan metode pembelajaran: Upaya peningkatan mutu pembelajaran melalui konsistensi teoritis-praktis penggunaan metode pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 21–28.

Yamin, M. (2020). Perilaku keselamatan dan kesehatan kerja siswa dalam pembelajaran praktikum di SMKN 2 Sidenreng. Jurnal of Admiration, 1(3), 207–214.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um039v6i12021p151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 yeti yuni perohmatin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan published by Department of Educational Technology, Faculty of Education, State University of Malang in Collaboration with Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS TPI) and Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI) with MoU.

Publisher Address:
Lab. Teknologi Pendidikan, Gd.E2, Lt.1
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
Jalan Semarang No 5, Kota Malang Kode Pos 65145
Email: edcomtech.fip@um.ac.id

 

========================================================================================================

INDEXED BYTOOLSPLAGIARISM CHECKARTICLE TEMPLATE


Creative Commons License
Edcomtech is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Edcomtech Statistics (Since July 13th, 2020)

View My Stats